cara menggunakan virtual memory


Dengan munculnya rival baru windows 8 dan ditutupnya update service pack untuk windows xp membuat para user bermigrasi ke windows 7. Tetapi ada beberapa masalah di windows 7, yaitu penggunaan yang lumayan membingungkan untuk pemula dan resource yang cukup berat untuk komponen-komponen komputer yang sudah tua.

Nah, pada kesempatan kali ini saya akan memberitahu cara meningkatkan kemampuan RAM anda dalam mengatasi  windows 7 agar anda tetap bisa merasakan windows 7 tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam untuk membeli RAM baru. Sebenarnya ada beberapa cara untuk meningkatkan kemampuan RAM seperti menggunakan software RAM saver, RAM booster, dan virtual memory. Tetapi pada kesempatan kali ini saya ingin anda menggunakan cara yang paling mudah dan tanpa software tambahan dulu. Ya, manfaatkan dulu kemampuan windows anda untuk merubah memory harddisk menjadi memory RAM. Berikut caranya:


1.Klik kanan pada “my computer” di desktop. Apabila tidak ada coba lihat di start menu. Klik kanan lalu klik “properties”

2.Setelah itu akan muncul jendela seperti gambar di bawah ini. Lihat sidebar di sebelah kiri dan pilih “advanced system settings”.

3.Lalu jendela baru bernama “system properties” akan muncul. Pilih tab “advanced” . Pada kolom performance,klik “settings...”

4.Akan muncul jendela baru dengan nama “Performance options”. Pilih tab “advanced”. Pada kolom virtual memory,klik “change...”.

5.Maka akan muncul lagi jendela baru  bernama “virtual memory”. Hilangkan tanda centang pada “Automatically manage paging file size for all drive.
6.Pilih drive yang akan di donorkan memorynya kepada RAM.
7.Klik “custom size”
8.Pada “initial size” , masukkan input berupa banyaknya memory harddisk yang akan didonorkan dalam satuan megabyte. Saya sarankan angka paling besar yaitu 2 kali lipat dari RAM asli anda.
9.Pada “maximum size”, masukkan input berupa memory paling maksimal yang akan di donorkan harddisk ke RAM.

10.Jika penginputan sudah benar, klik tombol “set” lalu Ok.
11. restart komputer anda

Note:  Penjelasan RAM anda yang terdapat pada computer properties besarnya tidak akan berubah. Tetapi kecepatan komputer anda yang meningkat dan komputer anda akan terasa lebih “semangat” daripada sebelumnya. Apabila komputer anda masih terasa lambat saya kira itu bukan masalah RAM, tetapi processor atau ada virus yang bersarang di komputer anda.

Semoga bermanfaat ^^

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.