Memulai Bermain Musik


Halo sahabat inspiratif! Kali ini saya akan share tentang dunia musik. Rata-rata orang begitu kebingungan harus memulai darimana. Entah dari drum, gitar, biola, piano, atau keyboard. Entah mengapa orang-orang lebih suka belajar gitar. Yah, mungkin dikarenakan harga gitar yang murah meriah dan sangat mudah dijangkau karena dijual dimana-mana.

Namun tahukah anda bahwa sebenarnya belajar musik bukan diawali dengan gitar? Sebenarnya belajar musik yang diawali dengan mempelajari gitar memang tidak salah. Namun alangkah baiknya anda memulai dari piano. Mengapa? Karena piano mencakup semua alat musik.

Dengan mempelajari piano, anda akan lebih mudah dalam belajar drum karena piano mempelajari tempo. Dan anda juga akan semakin mudah dalam belajar bermain gitar karena piano mempelajari berbagai notasi. Begitupun alat musik lainnya. Dengan mempelajari piano anda akan  mudah dalam mempelajari alat musik apapun. Ya...bisa diibaratkan piano itu adalah rangkuman dari semua alat musik. Dengan mempelajari rangkumannya maka secara otomatis anda akan menguasai semuanya.

Nah, tetapi ada satu permasalahan baru : harga piano sangatlah mahal. Ya, setidaknya anda harus merogoh kocek sebesar 10 juta rupiah untuk membeli sebuah piano kecil. Dan itupun belum menjamin anda akan menjadi seorang musisi hebat. Ingatlah, belajar piano itu rumit karena anda harus mempelajari tempo, notasi, penghayatan, belum lagi kaki anda harus menginjak-injak pedal dalam arti konsentrasi anda harus benar-benar tinggi. Anda harus bisa memecah antara jari-jemari di tangan kanan, jari-jemari di tangan kiri, kaki kanan, dan kaki kiri. Terdengar begitu rumit dan membuat pusing bukan? Ya, pada kenyataannya bermain piano itu memang rumit.

Namun ingatkah anda dengan pepatah “bersakit-sakit dahulu bersenang-senang kemudian”? pepatah itu benar-benar pas diterapkan dalam belajar bermain piano. Memang, bermain piano pada awalnya sangat sulit. Apalagi menabung untuk membelinya. Butuh waktu bertahun-tahun. 
Namun apabila anda terus berusaha dan bekerja keras, maka saya yakin anda akan berhasil. Setelah berhasil mempelajari piano maka anda akan merasa sangat mudah dalam mempelajari alat musik apapun.

Tertarik?

Atau anda masih bimbang dikarenakan harganya yang “luar biasa”?

Saran saya : mulailah menabung. Sedikit demi sedikit lama-lama menjadi bukit. Namun masalah baru akan muncul apabila anda tidak sabar menabung, “Saya ingin belajar piano sekarang! Kalau menabung ya bisa-bisa 3 tahun lagi baru bisa beli piano. Ah...nanti saya sudah tua dan keburu sudah malas mempelajari piano”

Baik, itu adalah suatu permasalahan yang sudah sering saya jumpai. Anda punya komputer? Tahukah anda bahwa komputer anda bisa dijadikan piano? Bila anda belum tahu silahkan baca tutorialnya di sini.

kesimpulannya, menurut saya apabila anda ingin memulai bermain musik, silahkan anda bermain piano.

Nah, sampai sini saja pembahasan tentang bagaimana cara memulai belajar bermain musik. 

Apabila masih ada pertanyaan, silahkan kontak saya dengan cara mengklik tab “request” di sebelah kanan atas.

Semoga bermanfaat  :)

2 komentar:

  1. Kalau beli keyboard, bisa gak? kan jauh lebih murah dari piano. :D

    ReplyDelete
  2. Boleh - boleh aja, toh nggak beda jauh sama piano :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.