Tips Melakukan Olahraga Sit Up



Anda pasti tahu olahraga jenis sit up kan? Ya, olahraga yang satu ini adalah olahraga yang lebih ditujukan untuk membentuk otot – otot perut. Biasanya para lelaki melakukan sit up sesering mungkin untuk mencegah datangnya penyakit hernia atau mungkin karena ingin memiliki perut yang sixpack. Apakah anda juga suka melakukan sit up? Saya rasa anda harus berhati – hati karena ternyata sit up juga bisa jadi olahraga yang berbahaya bagi kesehatan anda jika anda tidak tahu prosedurnya.

Awalnya saya tidak percaya dengan fakta ini. Namun setelah saya telaah secara ilmiah, ternyata sit up memang memiliki dampak negatif terhadap kesehatan jika tidak dilakukan dengan benar.

Apakah anda melakukan sit up setiap hari? Atau bahkan setiap jam? Saya rasa anda harus mengatur ulang waktu untuk sit up.

Sit up yang benar adalah dilakukan secara rutin. Namun tetap saja otot perut ini perlu istirahat. Setidaknya untuk mengembalikan sel – sel otot yang hilang setelah beberapa hari dilatih. Saya sarankan dalam waktu satu minggu otot perut anda harus mendapatkan istirahat selama satu hari, dan berhentilah melakukan sit up jika perut anda terasa sakit. Ingat, olahraga apapun itu jika dilakukan terlalu berlebihan bisa berdampak buruk pada kesehatan anda.

Sudah berapa tahun anda rutin melakukan sit up? Apakah anda merasakan perubahan yang signifikan pada otot perut anda?

Banyak orang mengeluh otot perutnya tidak kunjung 'sixpack' padahal ia rutin melakukan sit up di pagi hari. Jika anda merasakan hal yang sama, maka anda jangan khawatir. Ribuan bahkan jutaan orang di dunia pun banyak yang mengeluh seperti itu.

Nah pertanyaannya, mengapa itu bisa terjadi? Padahal banyak juga orang yang berhasil membentuk otot perut mereka dengan cara yang sama?

Kemungkinan besar hal tersebut terjadi karena lemak di perut anda masih menumpuk. Penumpukan lemak menyebabkan otot anda sulit membesar meskipun dilatih secara rutin. Salah satu cara agar otot perut anda bisa terbentuk adalah dengan cara menghilangkan penumpukan lemak yang ada di perut anda terlebih dahulu. Bagaimana caranya? Olahraga yang bisa menghilangkan penumpukan lemak adalah berlari atau bersepeda. Cobalah hilangkan penumpukan lemak dengan olahraga tersebut. Setelah itu baru anda sit up untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

Lantas bagaimanakah posisi kaki yang benar saat sit up? Ada yang bilang katanya diluruskan saja, ada yang bilang harus ditekuk ... mana yang benar?

Pada saat sit up kaki anda harus dalam posisi tertekuk. Mengapa? Jika saat sit up kaki anda diluruskan, maka akan terjadi penumpukan beban pada kelangka dan tulang ekor. Tentu saja hal itu bisa merusak tulang belakang. Nah, maka dari itu pada saat sit up posisi kaki anda harus tertekuk agar tulang kelangka dan tulang ekor tidak menerima beban terlalu berat.

Lalu bagaimana posisi leher yang benar? Lurus atau ditekuk 'menunduk'? Posisi leher yang benar adalah diluruskan. Jika di tekuk tentunya bisa memperburuk keadaan tulang leher anda.

Baik, saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini tentang tips melakukan sit up. Mudah – mudahan bermanfaat, salam sahabat inspiratif!

2 komentar:

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...