Darimanakah Datangnya Virus Komputer?



Kemarin saya sempat membongkar email, dan pertanyaan – pertanyaan baru mulai muncul. Mohon maaf bagi beberapa sahabat inspiratif yang pertanyaannya tidak saya jawab. Saya hanya sempat membalas email yang sekiranya bisa saya jawab. Bagi pertanyaan yang aneh – aneh atau terlampau rumit untuk saya mungkin butuh waktu untuk menjawabnya :)

" Gan Sayoga, ane mau tanya sebenernya virus kompie itu sumbernya dari mana aja? Thx b4 "

Hmm ... sudah cukup lama saya tidak menulis artikel tentang teknologi :)

Siapa yang tidak tahu virus komputer? Rasanya hampir semua pengguna komputer tahu apa itu virus komputer. Virus komputer adalah aplikasi komputer yang memiliki kemampuan untuk mereplikasi dirinya sendiri dan merusak data – data yang ada dalam perangkat penyimpanan data.

Sebenarnya darimanakah virus itu datang?

1. Internet

Sumber utama penyebaran virus komputer adalah internet. Melalui internet, para virus maker dapat dengan mudah menyebarkan virus ciptaannya. Ada banyak cara yang dilakukan para virus maker untuk menyebarkan virus ciptaannya, diataranya dengan media :

Torrent

Anda tahu torrent? Torrent tidak berbeda jauh dengan download, hanya saja pada torrent diterapkan sistem P2P ( Peer to peer ) dimana file dibagi – bagi menjadi beberapa bagian sehingga proses download berlangsung lebih cepat. Lumayan banyak juga orang yang mendownload dokumen atau aplikasi melalui torrent. Tetapi survey mengatakan bahwa ternyata mendonwload melalui torrent lebih besar risiko terserang virus daripada mendownload seperti biasa.

Website

Jangan kunjungi website yang mencurigakan. Jika sudah terlanjur mengunjungi website yang kelihatannya mencurigakan, maka segera tutup browser Anda, disconnect komputer Anda dari jaringan internet, dan scan system sistem operasi Anda menggunakan antivirus yang Anda gunakan.

Chat Messenger

Ternyata aplikasi chat messenger juga bisa jadi sumber munculnya virus komputer. Jangan mengklik link – link yang tidak jelas. 

2. Koneksi dengan Perangkat Lain

Bukan berarti komputer Anda tidak boleh terkoneksi dengan perangkat lain, hanya saja Anda harus berhati – hati dengan berbagai perangkat yang terkoneksi dengan komputer Anda. Siapa tahu perangkat – perangkat itu sudah terinfeksi virus. Ternyata virus memang bisa menyebar melalui :

Flashdisk

Tentu saja, flashdisk menjadi perangkat yang patut diwaspadai. Karena perangkat ini cukup sering terkoneksi dengan komputer – komputer lain yang kemungkinan sudah terinfeksi virus. Salah satu cara agar virus tidak bisa menyerang melalui perangkat flashdisk adalah dengan cara mematikan fungsi autorun. Mungkin nanti kalau ada waktu saya akan membuatkan artikel tentang bagaimana caranya mematikan fungsi autorun flashdisk di windows.

Jaringan Lokal

Pada suatu komputer biasanya terdapat beberapa dokumen yang statusnya 'shared' atau dapat diakses oleh seluruh perangkat yang terhubung ke komputer tersebut. Nah, berhati – hatilah siapa tahu salah satu perangkat yang terhubung ke komputer Anda sudah terinfeksi virus.

Bluetooth

Terkadang kita tidak mau repot ketika hendak mentransfer data dari perangkat semacam smartphone, tablet pc, atau mungkin ponsel sehingga kita menggunakan fitur bluetooth agar tidak repot. Tetapi berhati – hatilah karena ternyata virus bisa menyebar melalui media bluetooth.

 

Intinya Anda harus berhati – hati pada virus yang mungkin menyerang komputer Anda. Gunakan antivirus yang Anda percaya keamanannya, dan jangan lupa untuk selalu membackup data – data penting agar ketika data tersebut rusak karena terserang virus, Anda masih bisa bernafas lega karena ada dokumen cadangannya. Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. saya mahasiswa dari Jurusan Informatika
    Artikel yang sangat menarik, bisa buat referensi ini ..
    terimakasih ya infonya :)

    ReplyDelete
  2. @mahasiswa teladan : Wah, sama sama :) Salam kenal ya :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.