7 Tips Membangun Ruang Kerja di Rumah




Membangun ruang kerja di dalam rumah memang bukanlah hal yang mudah. Anda harus pintar – pintar memilih ruangan mana yang hening dan nyaman. Yah, setidaknya ruangan tersebut dapat meningkatkan produktivitas Anda.

Dalam membangun ruangan kerja dalam rumah, gunakanlah feeling Anda. Sesuaikan tata letak ruangan dengan seberapa berat pekerjaan Anda. Jika pekerjaan Anda berkutat di atas kertas gambar, saya sarankan gunakan ruangan yang luas agar otak Anda tidak cepat kehabisan ide dan inspirasi. Namun jika pekerjaan Anda berkutat di dunia perkomputeran, saya rasa ruangan berukuran 3x2 meter saja sudah cukup.

Nah, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tips membangun ruang kerja di dalam rumah untuk para pekerja kantoran yang tak lepas dari komputer dan tumpukan dokumen.

1. Banyak Ventilasi Udara

Usahakan ruang kerja yang akan Anda bangun itu tidak membuat Anda sesak. Pastikan ada banyak ventilasi agar ruangan menjadi segar. Namun ventilasinya jangan terlalu besar juga. Jika Anda memasang ventilasi yang berukuran besar, maka masalah akan datang ketika ada angin kencang dari luar. Saya sarankan ventilasi berukuran biasa saja. Atau jika Anda ingin sirkulasi udara yang lebih efisien lagi Anda dapat menggunakan pendingin ruangan. Namun jika Anda menggunakan pendingin ruangan maka bersiap – siaplah menerima tagihan listrik yang cukup menguras kantong disetiap bulannya.

2. Buat Berbeda

Ruangan kerja yang Anda bangun itu harus memiliki nuansa yang berbeda dengan ruangan lain. Mengapa? Karena faktanya, rasa stress saat bekerja dapat langsung hilang ketika meninggalkan ruangan kerja. Jika Anda seorang pegawai kantoran pasti mengalami hal ini. Hal ini disebabkan oleh nuansa yang dipancarkan suatu ruangan. Ketika berada di kantor, otak Anda akan merespon dan bersiap untuk bekerja. Tetapi ketika berada di kamar tidur, otak Anda akan merileks dan bersiap untuk tidur. Sekali lagi, hal ini disebabkan oleh nuansa yang dipancarkan ruangan tersebut.

Lantas apa hubungannya dengan ruang kerja dalam rumah?

Bayangkan saja jika desain dan warna cat kamar tidur Anda sama dengan ruang kerja Anda. Ketika Anda tengah bekerja di ruang kerja, Anda malah mengantuk. Ketika Anda hendak terlelap di kamar tidur, Anda malah insomnia karena terpikir pekerjaan yang belum selesai. Apa penyebab masalah itu? Ya, karena nuansa ruang kerja dan nuansa kamar tidur Anda sama. Sekarang apa Anda mengerti? Maka dari itu saya sarankan gunakan desain ruangan yang berbeda dengan ruangan lain. Minimalnya ruang tersebut memiliki warna cat yang berbeda dengan ruangan – ruangan yang lain.

3. Luas

Sebisa mungkin ruang kerja harus luas. Ya, untuk memperluas pergerakan Anda kesana kemari. Hal ini juga menjadi penangkal stress saat bekerja.

4. Jauh dari Jalan Raya

Agar bisa konsentrasi dengan pekerjaan yang ada di depan mata Anda, maka ruangan tempat Anda bekerja haruslah nyaman dan tentram. Usahakan ruang kerja yang Anda bangun itu jauh dari jalan raya dan kebisingan. Jangan sampai ketika Anda sedang bekerja tiba – tiba terdengar suara ribut anak – anak yang sedang bermain petasan atau apalah ...

5. Jauhkan Benda Tidak Penting

Jauhkan benda – benda yang tidak akan menunjang produktivitas Anda semacam televisi, radio, kulkas, konsol game, dan lain – lain. Dengan begitu saya jamin produktivitas Anda akan terus meningkat.

6. Simpan Tanaman

Ingin menggunakan ventilasi kecil dan tanpa pendingin ruangan tapi ingin ruangan segar? Simpan tanaman sebagai penyegar ruangan sekaligus ornamen natural dalam ruang kerja. Namun konsekuensinya Anda harus menyiraminya secara teratur dan membawanya keluar ruangan pada malam hari.

7. Bersihkan

Bersihkan ruangan jika Anda punya waktu luang. Jangan biarkan sampah – sampah kertas dan debu menyatu hingga tidak sedap dipandang mata. Ruangan yang bersih dapat memunculkan rasa nyaman.

 

Baiklah saya rasa cukup sekian artikel saya kali ini. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.