7 Tips Mengurangi Pengeluaran




Pengeluaran perbulan Anda cukup besar?

Pemasukan Anda pas-pasan?

Kini saatnya Anda menjaga pengeluaran Anda agar tidak terlalu besar dan "mencekik" dompet.

Sebenarnya salah satu hal yang menyebabkan pengeluaran Anda lebih besar daripada pendapatan adalah karena Anda merubah keinginan menjadi kebutuhan demi meningkatkan kualitas dan gaya hidup.

Memang, dengan cara seperti itu kualitas hidup Anda akan meningkat. Tapi sayangnya kualitas hidup Anda itu hanya meningkat secara perlahan saja. Malah menurut saya gaya hidup semacam itu adalah pemborosan. Sebaiknya Anda menekan pengeluaran.

Lantas bagaimana caranya agar dana pengeluaran dapat tertekan?

1. Kurangi Jadwal Makan di Luar Rumah

Membeli makanan berat di luar rumah tentunya akan menambah pengeluaran Anda. Bagaimana tidak, ketika membeli makanan berat di luar rumah, maka Anda tidak hanya membayar makanannya saja, tetapi juga pelayanan dan tempatnya. Alhasil harga makanan di luar rumah akan jauh lebih mahal ketimbang masak sendiri di rumah.

2. Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi untuk Jarak Dekat

Jika Anda ingin berpergian keluar rumah dengan radius < 1 km, saya sarankan Anda untuk berjalan kaki saja. Kenapa? Karena secara tidak sadar penggunaan kendaraan pribadi untuk jarak dekat ternyata bisa jadi pemborosan jika sering dilakukan. Tidak percaya? Cobalah!

3. Kurangi Jadwal Nonton ke Bioskop

Seperti yang Anda tahu, harga tiket bioskop cukup mahal. Jika kepala Anda tidak terlalu penat, saya sarankan untuk mencari hiburan lain yang harganya jauh lebih murah saja. Tapi ingat, saya tidak melarang Anda untuk menonton film ke bioskop. Karena sebenarnya salah satu cara meningkatkan kualitas berpikir Anda adalah dengan cara mendapatkan hiburan yang berkualitas pula. Jadi pada poin ini saya hanya menyarankan Anda untuk mengurangi frekuensi aktivitas menonton ke bioskop agar tidak jadi pemborosan.

4. Perawatan Berlebih

Memang, setiap orang memiliki hak untuk merawat diri mereka agar tampil lebih muda dari usianya. Tetapi kembali saya ingatkan, jangan lakukan hal ini secara berlebih. Saya rasa adalah suatu hal yang tidak bijak jika Anda menginvestasikan banyak uang Anda hanya untuk perawatan tubuh yang ujung-ujungnya akan menjadi tua dan keriput juga.

5. Kurangi Konsumsi Rokok

Tembakau pada rokok memang mengandung zat aditif yang akan menimbulkan kecanduan pada penggunanya. Nah, kecanduan ini nantinya akan menuntut seseorang untuk membeli dan mengkonsumsi rokok lagi, lagi, dan lagi. Bayangkan, uang Anda diinvest terus menerus tanpa ada profit yang masuk ke kantung Anda. Apakah menurut Anda hal ini bukanlah pemborosan?

6. Kurangi Konsumsi Kopi

Saya rasa kopi tidak begitu jauh efeknya dengan rokok. Para pengkonsumsi kopi banyak yang menjadi kecanduan minum kopi. Mereka ingin mengkonsumsi kopi lagi, lagi, dan lagi, meskipun mereka tidak punya rencana begadang dan melakukan sesuatu. Saya sarankan Anda untuk mencoba menghilangkan rasa candu Anda pada kopi untuk mengurangi pemborosan.

7. Abaikan Diskon

Kebanyakan orang ketika sedang berjalan-jalan di mall lalu melihat ada label diskon, mereka akan langsung menyerbu barang yang sedang diskon tersebut (Meskipun barang diskon tersebut bukan sebuah kebutuhan.). Apalagi jika diskon besar-besaran dengan jangka waktu sekian jam saja. Nah, jika Anda ingin menjadi orang yang pandai mengatur pengeluaran, jangan mudah tergiur dengan embel-embel diskon tersebut. Belilah barang yang memang Anda butuhkan. Saya yakin dengan cara seperti ini maka pengeluaran Anda akan lebih terkompres.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips-tips mengurangi pengeluaran. Ingatlah, manajemen keuangan yang baik akan menjadi salah satu jalan Anda menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.