8 Makanan dan Minuman Perusak Pita Suara



Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dari rongga mulut nantinya akan masuk ke lambung melalui saluran yang bernama kerongkongan. Sedangkan pita suara berada di saluran pernafasan yang bernama trakea atau tenggorokan.

Jelas sekali, kedua saluran ini berada di dalam leher kita dan keduanya tidak saling menyatu. Lantas makanan dan minuman apa yang bisa mempengaruhi sebuah 'benda' di tenggorokan?

Begini, sebenarnya makanan dan minuman tersebut tidak menyentuh pita suara sama sekali. Makanan dan minuman yang masuk akan diolah oleh tubuh. Nah, hasil olahan inilah yang nantinya akan memengaruhi tenggorokan dan pita suara.

Pada artikel kali ini saya akan membahas jenis makanan dan minuman apa saja yang mungkin akan membahayakan bagi kesehatan pita suara Anda. Oke langsung saja, check it out:

1. Air Panas

Minuman jenis apapun itu, jika suhunya tinggi maka berpotensi merusak pita suara. Minuman panas yang masuk ke rongga mulut akan masuk ke kerongkongan. Namun sebelum ke kerongkongan, minuman panas tersebut akan melalui sebuah pertigaan antara saluran menuju rongga hidung, kerongkongan, dan tenggorokan yang bernama faring. Nah, disinilah kemungkinan besar terjadi perpindahan suhu dari minuman ke ketiga saluran tersebut. Jika suhu tenggorokan naik, maka akan memicu peradangan yang menyebabkan disfungsi pita suara (Biasanya seperti suara menjadi serak atau hilang). Oleh karena itu, saya sarankan minumlah air dengan suhu yang wajar saja.

2. Air Dingin

Poin ini adalah kebalikan dari poin pertama. Minum-minuman yang suhunya terlalu rendah juga ternyata berpotensi merusak pita suara. Sama halnya dengan poin pertama, di faring akan terjadi perpindahan suhu antara minuman dan ketiga saluran yang telah disebutkan di poin pertama. Apabila suhu tenggorokan menurun, maka kemungkinan besar pita suara akan mengeras dan kehilangan elastisitasnya. Jika ini dibiarkan, maka suara Anda akan cenderung fals pada saat bernyanyi.

3. Makanan Berminyak

Makanan berminyak semacam gorengan dan semacamnya dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Sama seperti poin pertama, meningkatnya suhu tenggorokan dapat memicu terjadinya disfungsi pita suara.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Susu

Faktanya, susu dapat memicu produksi lendir secara berlebih di tenggorokan. Hal ini tentunya akan mengganggu pita suara Anda. Tidak hanya susu, tetapi produk-produk lain yang mengandung susu seperti yogurt, keju, dan semacamnya harus Anda hindari.

5. Makanan Pedas

Sama seperti poin nomor 3, makan-makanan pedas juga dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Dan seperti yang kita tahu, meningkatnya suhu tenggorokan akan memicu terjadinya disfungsi pita suara.

6. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman semacam kopi yang mengandung kafein harus Anda hindari. Pada pasalnya, salah satu penyebab kurang elastisnya pita suara adalah karena tubuh Anda kurang terhidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sedangkan kafein yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan menyerap cairan yang berada di tubuh Anda.

7. Alkohol

Sama seperti poin nomor 6, alkohol yang kita konsumsi akan menyebabkan tubuh sering mengeluarkan cairan. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Kembali, tidak terhidrasinya tubuh akan berakibat pada elastisitas pita suara.

8. Makanan yang Terlalu Asin

Makanan semacam snack yang rasanya terlalu gurih atau terlalu asin juga sebaiknya Anda hindari karena garam akan menyerap cairan dalam tubuh Anda. Sama seperti poin sebelumnya, tidak terhidrasinya tubuh mengakibatkan berkurangnya elastisitas pita suara.

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai minuman dan makanan yang dapat merusak / mengurangi elastisitas pita suara. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

9 komentar:

  1. Bagaimana cara menangani untuk makanan pedas , minum air putih yang banyak , lalu ?
    terima kasih :)

    ReplyDelete
  2. @CLTK! : Bukan minum yang banyak sebenarnya, tapi konsumsi kasein. Kasein terdapat pada susu, keju, dan produk-produk olahan susu lainnya :)

    ReplyDelete
  3. memang fakta bahwa gara2 kafein suara saya jd tidak merdu lagi

    ReplyDelete
  4. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  5. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  6. Bagaiman cara mengatasi suara saya agar kembali seperti dulu

    ReplyDelete
  7. bnr bro suara aku g bisa di atur klo nyanyi gara2 si pedas

    ReplyDelete
  8. Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
    http://grosirsponmandi.klikspo.com/

    ReplyDelete
  9. Bang saya aktif minum Susu,ada cara gk supaya suara sy ttp bogus smbil aktif minum susu?

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.