8 Makanan dan Minuman Perusak Pita Suara



Seperti yang kita tahu, makanan dan minuman yang kita konsumsi dari rongga mulut nantinya akan masuk ke lambung melalui saluran yang bernama kerongkongan. Sedangkan pita suara berada di saluran pernafasan yang bernama trakea atau tenggorokan.

Jelas sekali, kedua saluran ini berada di dalam leher kita dan keduanya tidak saling menyatu. Lantas makanan dan minuman apa yang bisa mempengaruhi sebuah 'benda' di tenggorokan?

Begini, sebenarnya makanan dan minuman tersebut tidak menyentuh pita suara sama sekali. Makanan dan minuman yang masuk akan diolah oleh tubuh. Nah, hasil olahan inilah yang nantinya akan memengaruhi tenggorokan dan pita suara.

Pada artikel kali ini saya akan membahas jenis makanan dan minuman apa saja yang mungkin akan membahayakan bagi kesehatan pita suara Anda. Oke langsung saja, check it out:

1. Air Panas

Minuman jenis apapun itu, jika suhunya tinggi maka berpotensi merusak pita suara. Minuman panas yang masuk ke rongga mulut akan masuk ke kerongkongan. Namun sebelum ke kerongkongan, minuman panas tersebut akan melalui sebuah pertigaan antara saluran menuju rongga hidung, kerongkongan, dan tenggorokan yang bernama faring. Nah, disinilah kemungkinan besar terjadi perpindahan suhu dari minuman ke ketiga saluran tersebut. Jika suhu tenggorokan naik, maka akan memicu peradangan yang menyebabkan disfungsi pita suara (Biasanya seperti suara menjadi serak atau hilang). Oleh karena itu, saya sarankan minumlah air dengan suhu yang wajar saja.

2. Air Dingin

Poin ini adalah kebalikan dari poin pertama. Minum-minuman yang suhunya terlalu rendah juga ternyata berpotensi merusak pita suara. Sama halnya dengan poin pertama, di faring akan terjadi perpindahan suhu antara minuman dan ketiga saluran yang telah disebutkan di poin pertama. Apabila suhu tenggorokan menurun, maka kemungkinan besar pita suara akan mengeras dan kehilangan elastisitasnya. Jika ini dibiarkan, maka suara Anda akan cenderung fals pada saat bernyanyi.

3. Makanan Berminyak

Makanan berminyak semacam gorengan dan semacamnya dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Sama seperti poin pertama, meningkatnya suhu tenggorokan dapat memicu terjadinya disfungsi pita suara.

4. Makanan dan Minuman yang Mengandung Susu

Faktanya, susu dapat memicu produksi lendir secara berlebih di tenggorokan. Hal ini tentunya akan mengganggu pita suara Anda. Tidak hanya susu, tetapi produk-produk lain yang mengandung susu seperti yogurt, keju, dan semacamnya harus Anda hindari.

5. Makanan Pedas

Sama seperti poin nomor 3, makan-makanan pedas juga dapat meningkatkan suhu tenggorokan. Dan seperti yang kita tahu, meningkatnya suhu tenggorokan akan memicu terjadinya disfungsi pita suara.

6. Makanan dan Minuman yang Mengandung Kafein

Minuman semacam kopi yang mengandung kafein harus Anda hindari. Pada pasalnya, salah satu penyebab kurang elastisnya pita suara adalah karena tubuh Anda kurang terhidrasi atau kekurangan cairan tubuh. Sedangkan kafein yang masuk ke dalam tubuh nantinya akan menyerap cairan yang berada di tubuh Anda.

7. Alkohol

Sama seperti poin nomor 6, alkohol yang kita konsumsi akan menyebabkan tubuh sering mengeluarkan cairan. Akibatnya tubuh akan kekurangan cairan. Kembali, tidak terhidrasinya tubuh akan berakibat pada elastisitas pita suara.

8. Makanan yang Terlalu Asin

Makanan semacam snack yang rasanya terlalu gurih atau terlalu asin juga sebaiknya Anda hindari karena garam akan menyerap cairan dalam tubuh Anda. Sama seperti poin sebelumnya, tidak terhidrasinya tubuh mengakibatkan berkurangnya elastisitas pita suara.

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai minuman dan makanan yang dapat merusak / mengurangi elastisitas pita suara. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar

  1. Bagaimana cara menangani untuk makanan pedas , minum air putih yang banyak , lalu ?
    terima kasih :)

    BalasHapus
  2. @CLTK! : Bukan minum yang banyak sebenarnya, tapi konsumsi kasein. Kasein terdapat pada susu, keju, dan produk-produk olahan susu lainnya :)

    BalasHapus
  3. memang fakta bahwa gara2 kafein suara saya jd tidak merdu lagi

    BalasHapus
  4. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  5. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  6. Bagaiman cara mengatasi suara saya agar kembali seperti dulu

    BalasHapus
  7. bnr bro suara aku g bisa di atur klo nyanyi gara2 si pedas

    BalasHapus
  8. Bang saya aktif minum Susu,ada cara gk supaya suara sy ttp bogus smbil aktif minum susu?

    BalasHapus
  9. jika tidak selalu makan makanan pedas boleh ? contoh sebulan menyanyi hanya sekali saja makan pedas ?boleh?

    BalasHapus
  10. @maliala pohan: dilatih saja mbak karna pita suara itu seperti otot otot kita ... semakin sering dilatih semakin baik :)

    @muhammad rifaldi: sebaiknya dikurangi saja konsumsinya, atau at least jangan konsumsi bila memang jadwal nyanyi lagi padat padatnya ya :)

    @unknown: kalau sesekali tentu tidak apa apa ... tetapi lebih baik kalau nggak konsumsi sama sekali :)

    untuk sisanya maaf ya saya tdk bisa balas satu persatu karna keterbatasan waktu, but trims :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagaimana cara mengatasi suara serak bngt sedangkan besok ada acara sprti qori/nyanyi dll

      Hapus
    2. Bagaimana cara mengatasi suara serak bngt sedangkan besok ada acara sprti qori/nyanyi dll

      Hapus
    3. bisa pake permen kayak hexos atau strepsil ... untuk kondisi darurat, pakai bahan kimia sebagai obat nggak apa apa :)

      Hapus
  11. sebelumnya Thanks atas penjelasannya, saya mau share ni, suara saya berubah ngesrek dan ngebass sejak kelas 2 SMp, apakah saat bisa disembuhkan kembali,karena suara saya yg segguhnya merdu seperti Aril (Noah),,hmmm, bercanda bah, mohon pencerahannya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu kan hal yang wajar karena waktu remaja hormon berubah ... justru bagus karena laki laki jadi terlihat lebih dewasa kalo suaranya ngebass..

      BTW, ada kok orang yang suaranya ngebass tapi merdu ... jadi jangan nganggep kalau suara ngebass pasti jelek ya :)

      Hapus
  12. Bang bagaimana cara mengatasi suara seraka akibat makan santen

    BalasHapus
  13. Bagaimana cara mengatasi suara serak banget sedangkan besok ada acara qori/nyanyi dll??

    BalasHapus
    Balasan
    1. bisa pake permen kayak hexos atau strepsil ... untuk kondisi darurat, pakai bahan kimia sebagai obat nggak apa apa :)

      Hapus
  14. Bang, kan saya nyanyi rock, Alhamdulillah ada suara serak2 entah dr mana yang menghiasi suara saya kwkw, tp kadang2 kalau badan gak fit, suara saya seraknya hancur bahkan sakit banget buat nyanyi tadi, dua lagu udah nyerah saya

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)