Tips Mempertahankan Karyawan



Bagi para pengusaha, karyawan adalah komponen penting dalam bisnis. Orang yang punya bisnis tapi tidak ada karyawan, itu sama saja dengan orang yang menunggangi kuda tapi kudanya tak berkaki. Jika usaha Anda semakin besar, alangkah baiknya Anda mulai memikirkan perekrutan karyawan. Jika Anda memiliki kemampuan pengelolaan yang baik, saya yakin bisnis Anda akan tumbuh lebih cepat dengan adanya karyawan.

Tapi dibalik semua itu, ternyata ada banyak masalah pula yang akan Anda dapatkan. Diantaranya adalah:

  1. Akan ada karyawan yang tergiur dengan tawaran di perusahaan lain. Alhasil karyawan itu mengundurkan diri dari perusahaan Anda. 
  2. Jika terjadi inflasi maka karyawan Anda akan menuntut kenaikan gaji. Sementara pendapatan Anda saat itu tidak mengalami kenaikan yang begitu besar.
Dan pada artikel kali ini saya akan terfokus pada poin nomor 1.

Bayangkan saja jika Anda mendapatkan karyawan yang tidak hanya pintar namun juga ulet. Anda pasti tidak ingin karyawan itu direbut oleh perusahaan lain bukan? Nah, oleh karena itu, Anda harus mengetahui bagaimana caranya mempertahaankan karyawan yang menguntungkan semacam itu.

1. Ajak Bicara

Sering-seringlah berkomunikasi dengan karyawan yang berkinerja tinggi. Jaga silahturahmi antara Anda dan orang tersebut. Semakin dekat Anda dengannya, maka orang tersebut akan semakin nyaman bekerja dengan Anda. Semakin nyaman orang tersebut, maka semakin kecil peluang orang tersebut berpindah ke perusahaan lain.

2. Berikan Fasilitas yang Layak

Jikalau Anda menuntut karyawan Anda mengirim barang sepanjang hari, maka berikan ia kendaraan yang nyaman. Jika Anda menuntut karyawan Anda membuat database penjualan sepanjang hari, maka berikanlah ia komputer yang nyaman digunakan beserta ruangan yang kondusif. Intinya berikanlah fasilitas yang dapat menunjang pekerjaannya dan dapat membuatnya nyaman bekerja dengan Anda.

3. Beri Pendidikan

Karyawan yang memiliki kinerja yang baik tentu akan lebih menguntungkan jika ditambah dengan ilmu yang tinggi. Sesekali suruh karyawan Anda itu mengikuti training, seminar, atau kursus yang akan menambah ilmunya dan menunjang pekerjaannya. Dan jangan lupa, berikan biaya untuk ongkos dan keperluan lainnya.

4. Beri Kesempatan untuk Bicara

Sesekali, berilah kesempatan pada karyawan Anda itu untuk bicara seputar bisnis yang Anda kelola. Dengan begitu Anda akan tahu apa saja yang membuatnya nyaman dan tidak nyaman bekerja dengan Anda. Disamping itu, hal ini juga berguna sebagai masukan yang akan memotivasi Anda untuk mengembangkan sayap bisnis Anda.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips mempertahankan karyawan, semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.