Cara Membuat Hyperlink di PowerPoint



Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu hyperlink. Hiperlink adalah acuan untuk menghubungkan file yang satu dengan yang lainnya. Pada Microsoft Office PowerPoint, fitur ini berguna untuk memudahkan kita menghubungkan sebuah slide ke file presentasi lain. Masih belum jelas? Baik, alangkah baiknya kita langsung praktekkan agar Anda paham apa itu hyperlink:

 1. Hal utama yang harus kita siapkan adalah tombol hyperlink. Tidak hanya teks saja, tombol hyperlink dapat berupa "shape" ataupun foto. Semua terserah Anda, hanya saja pada artikel kali ini saya menggunakan teks saja.


2. Sebagai contoh, saya ingin mengubah teks "Selanjutnya>>" menjadi tombol yang menghubungkan saya ke slide berikutnya.


3. Mudah saja. Sorot teks "Selanjutnya>>" tersebut, lalu klik kanan dan pilih hyperlink.



4. Akan keluar jendela baru bernama "Hyperlink". Cari direktori yang dituju dan pilih file yang ingin Anda hubungkan dengan slide di file presentasi pertama Anda.

 

5. Jika sudah, klik OK.

 

6. Selesai. Anda bisa coba slide show presentasi pertama Anda. Perhatikan, teks "Selanjutnya>>" telah berubah menjadi berwarna biru dan bergaris bawah.


7. Klik teks tersebut. Anda akan berpindah ke file presentasi berikutnya.

 

Akan tetapi, masalah baru akan muncul. Bagaimana jika kita ingin menghubungan sebuah slide di presentasi pertama ke slide ke-3 di file presentasi kedua? Mudah saja ...

 

1. Kembali, saya ambil contoh teks "Selanjutnya>>".

 

2. Sorot teks tersebut. Lalu pilih tab "Insert", kemudian klik "Action".


3. Akan muncul jendela baru dengan nama "Action Setting". Pilih "Hyperlink to", lalu pada combo boxnya pilih "Other PowerPoint Presentation"


4. Akan muncul jendela baru bernama "Hyperlink to Other PowerPoint Presentation". Pilih File presentasi yang Anda tuju, lalu klik OK.

5. Akan muncul jendela baru lagi bernama "Hyperlink to slide". Pilih slide yang ingin Anda hubungkan dengan file presentasi pertama tersebut. Sebagai contoh saya menghubungkannya dengan slide ke-3. Klik OK.

6. Klik OK lagi.

7. Selesai. Kini Anda telah berhasil membuat sebuah tombol yang menghubungkan sebuah slide di file presentasi pertama dengan slide ke-3 dari file presentasi kedua.


 

Demikian artikel saya kali ini. Mohon maaf jika screenshotnya kurang banyak dikarenakan file gambar di server saya sudah cukup penuh :)

O ya, jika ada pertanyaan atau kritikan Anda dapat mengutarakannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menghilangkan Ketombe


Saya rasa ketombe adalah masalah yang sama beratnya dengan jerawat. Ya, tidak begitu berpengaruh terhadap penampilan Anda, tetapi bisa membuat Anda tidak percaya diri. Jadi jika Anda ingin meningkatkan kepercayaan diri Anda, maka Anda harus mencari cara untuk menghilangkan ketombe Anda.

Namun masalahnya adalah bagaimana cara menghilangkan ketombe tersebut? Saya beri tahu, sebenarnya ketombe yang ada di kepala seseorang penyebabnya berbeda-beda. Dan tentunya, penyebab yang berbeda maka berbeda pula cara mengatasinya. Baiklah, berikut beberapa penyebab munculnya ketombe dan solusinya:

1. Stress

Stress dapat merusak sel-sel kulit kepala secara perlahan-lahan. Sel yang rusak tersebut nantinya akan mati dan berubah menjadi ketombe.

Solusi: Hindari stress. Sesibuk apapun Anda, dalam waktu satu minggu usahakan ada waktu minimal 2 jam untuk refreshing. Entah itu berjalan-jalan sembari menikmati udara segar ataupun menonton film. O ya, beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang tips-tips menyegarkan otak, silakan klik disini.

2. Cuaca

Faktor lain yang dapat memicu munculnya ketombe adalah cuaca panas. Cuaca panas yang menyengat dapat menyebabkan kulit kepala Anda cepat kering. Kulit kepala yang kering akan memicu rusaknya sel-sel kulit kepala. Sama seperti poin pertama, sel-sel kulit kepala yang rusak ini nantinya akan mati dan berubah menjadi ketombe.

Solusi: Saya sarankan hindari cuaca panas. Jika terpaksa harus berpanas-panasan Anda tidak perlu khawatir, Anda bisa saja meminimalisir munculnya ketombe. Caranya gunakan pelindung semacam topi atau payung agar kepala Anda tidak mengalami kontak langsung dengan cahaya matahari, selesai.

3. Alergi

Faktor ketiga sekaligus faktor terakhir dari munculnya ketombe adalah alergi. Ya, bisa saja kulit kepala Anda ternyata alergi pada produk sampo yang Anda gunakan sehingga ketika kulit kepala Anda melakukan kontak dengan sampo tersebut maka sel-sel kulit kepala Anda akan rusak. Kembali, ujung-ujungnya hal ini menyebabkan ketombe di kepala Anda.

Solusi:
  • Ketahui zat apa yang memicu alergi dan membuat kulit kepala Anda rusak
  • Ketika membeli sebuah merek sampo tertentu, lihat komposisinya. Jika ternyata sampo tersebut mengandung zat yang memicu alergi Anda, maka jangan pernah gunakan produk tersebut.
  • Anda tidak tahu zat apa yang memicu alergi pada kulit kepala Anda? Tenang, Anda bisa mencoba cara manual: Coba berbagai merek sampo satu persatu. Ya, tentunya jika sudah tidak ada jalan lain. O ya, sebelumnya saya ingatkan, bergonta-ganti merek sampo dalam waktu singkat dapat memicu rusaknya rambut Anda. Jadi berhati-hatilah.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menghilangkan ketombe. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

7 Tips Menghilangkan Bau Mulut



Bau mulut seringkali menjadi salah satu alasan mengapa orang lain tidak menyukai Anda. Anda harus berhati-hati, karena sekecil apapun keganjilan pada penampilan Anda bisa memperburuk pandangan seseorang pada Anda.

Nah, yang jadi masalah adalah banyak orang berkata bahwa menghilangkan bau mulut itu sulit karena bau mulut adalah penyakit genetik alias bawaan. Saya rasa ini hanyalah mitos saja. Sebenarnya bau mulut bisa dihilangkan dengan berbagai cara. Jika satu solusi tidak begitu manjur, Anda dapat mencoba solusi yang lainnya.

1. Sering-seringlah Menggosok Gigi

Menggosok gigi dapat meminimalisir kuman penyebab bau mulut yang ada di mulut Anda. Jika Anda terbiasa menggosok gigi 2 kali sehari, maka cobalah untuk menambah frekuensinya, semisal 3 atau 4 kali sehari. Niscaya bau mulut pun akan berkurang.

2. Sering-seringlah Berkumur

Berkumur juga bisa meminimalisir kuman penyebab bau mulut yang ada di mulut Anda. Itu artinya semakin sering Anda berkumur, maka semakin sedikit juga kuman penyebab bau mulut yang bersarang di mulut Anda.

3. Gunakan Obat Kumur

Berkumur-kumur saja masih belum manjur? Coba gunakan obat kumur yang mampu membunuh kuman dalam mulut lebih baik ketimbang air biasa.

4. Konsumsi Jeruk Nipis

Jeruk nipis mengandung vitamin C yang dapat membantu tubuh menghasilkan antibodi. Nah, nantinya antibodi ini akan membantu membunuh kuman-kuman yang ada di mulut Anda, termasuk kuman-kuman penyebab bau mulut. Maka dari itu, konsumsilah jeruk nipis.

5. Hindari Rokok

Bau mulut tidak hanya disebabkan oleh kuman dan produksi air liur berlebih saja, tetapi juga faktor eksternal semacam rokok dan alkohol. Saya sarankan kurangi mengkonsumsi alkohol ataupun rokok karena keduanya memiliki 'bau khas' yang dapat menempel di dalam mulut Anda.

6. Konsumsi Permen Mint

Sering-seringlah mengkonsumsi permen yang dapat menghilangkan bau mulut dan membuat nafas segar (Terutama yang mengandung mint). Niscaya bau mulut Anda akan lebih cepat hilang.

7. Konsultasikan ke Dokter

Sudah melaksanakan ke-6 tips di atas tetapi mulut Anda masih mengeluarkan bau juga? Segera konsultasikan ke dokter, siapa tahu ada penyebab lain.

 

Demikianlah artikel saya mengenai tips menghilangkan bau mulut. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Manis Manja - Bete




Aku butuh perhatian
Tapi tak kau hiraukan
Aku butuh kasih sayang
Tapi tak kau berikan

Aku mau di manja manja (manja manja)
Tapi kamu cuek cuek aja

Aku bete sama kamu
Aku sebel sama kamu
Aku kegi sama kamu
Aku bete bete bete!

Aku bete dicuekin
Aku sebel dibiarin
Aku kegi dianggurin
Aku bete bete bete! aaahhh bete
baca selengkapnya...

Lirik Lagu Uje - Bidadari Surga




Setiap manusia punya rasa cinta
Yang mesti dijaga kesuciannya
Namun ada kala insan tak berdaya
Saat dusta mampir bertahta

Ku inginkan dia
Yang punya setia
Yang mampu menjaga kemurniannya
Saat ku tak ada
Ku Jauh darinya
Amanah pun jadi penjaganya

Hatimu tempat berlindungku
Dari kejahatan syahwatku
Tuhanku merestui itu
Dijadikan engkau istriku

Engkaulah…
Bidadari surgaku

Tiada yang memahami
Sgala kekuranganku
Kecuali kamu, bidadariku

Maafkanlah aku
Dengan kebodohanku
Yang tak bisa membimbing dirimu

Hatimu tempat berlindungku
Dari kejahatan syahwatku
Tuhanku merestui itu
Dijadikan engkau istriku

Engkaulah...
Bidadari Surgaku

Rabbana hablana
Min azwajina
Wa dzurriyatina qurrata a’yun
Waja’alna lilmuttaqina imama, imama, imama

Bidadari surgaku
baca selengkapnya...

Aktivitas yang Bisa Dilakukan saat Macet



Kemacetan kini sudah menjadi pemandangan yang sangat biasa. Ya, volume kendaraan yang meningkat pesat membuat lingkungan perkotaan kini jadi dihiasi kemacetan pada jam-jam tertentu.

Saya yakin, Anda pasti pernah mengalami kemacetan. Lantas biasanya apa yang Anda lakukan pada saat macet? Saya yakin mayoritas dari kalian akan menjawab: Menggerutu.

Padahal jika Anda telaah lagi, sebenarnya pada saat macet ada beberapa aktivitas yang dapat Anda lakukan untuk menghilangkan rasa kesal dan bosan, diantaranya:

1. Bernyanyi / Bersenandung

Bernyanyi atau bersenandung adalah salah satu aktivitas sederhana yang cukup menghibur jika dilakukan saat macet. Selain menghibur diri, bernyanyi atau bersenandung juga bermanfaat untuk melatih kemampuan vokal Anda. Tapi ingat, jika Anda berkendara menggunakan sepeda motor, jangan mengeluarkan suara terlalu keras. Bisa-bisa Anda menjadi pusat perhatian orang sekitar.

2. Mendengarkan Lagu

Anda tidak suka menyanyi? Tetapi Anda ingin tetap menghibur diri Anda sendiri? Tenang, masih ada aktivitas yang bisa menghibur Anda, yaitu: Mendengarkan musik. Saya yakin hampir semua pembaca blog sayogand sudah memiliki device untuk mendengarkan lagu atau radio secara portable. Manfaatkanlah device itu pada saat macet, setidaknya agar Anda terhibur dan tidak mudah stress.

3. Mengobrol

Jika Anda tengah membonceng seseorang, Anda bisa saja mengajak bicara orang yang Anda bonceng tersebut. Anda boleh bersenda gurau dengan orang tersebut ataupun membicarakan hal-hal lainnya. Setidaknya bercakap-cakap dengan seseorang akan membantu Anda menghilangkan rasa stress.

4. Tatap Sekitar

Jika Anda enggan melaksanakan ketiga poin di atas, Anda boleh menggunakan tips yang terakhir: Tatap sekitar. Anda hanya butuh mata dan imajinasi. Anda boleh memperhatikan seseorang yang tengah menyebrang jalan, para pengamen yang sedang bernyanyi, dan masih banyak lagi. Jika Anda perhatikan, pemandangan semacam itu bisa menjadi hiburan tersendiri.

 

Baik, demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa aktivitas yang dapat dilakukan saat macet. Semoga bermanfaat dan menginspirasi!
baca selengkapnya...

Tips Menghadapi Orang yang Suka Menghina



Orang-orang yang berada di sekitar kita memiliki tempramen yang berbeda-beda. Ada yang mudah tertawa, ada yang cengeng, ada yang pemarah, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menjadi sosok yang bijaksana, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk menghadapi orang-orang dengan tempramen yang berbeda tersebut.

Memang, Anda sendiri pun sebenarnya punya tempramen yang harus Anda kendalikan. Tetapi pada artikel kali ini saya tidak ingin terfokus pada hal itu. Untuk kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menghadapi sifat orang yang suka memancing kemarahan orang lain dengan cara menghina.

Hinaan memang acapkali menjadi "sumbu" kemarahan pada diri Anda. Apalagi kalau hinaannya sudah melebihi batas wajar. Mungkin saja Anda akan memainkan kekerasan pada orang yang menghina Anda tersebut.

Tetapi sebenarnya ada beberapa cara menghadapi orang-orang yang suka menghina tanpa harus melakukan kekerasan. Berikut beberapa tips menghadapi orang yang suka menghina.

1. Tersenyum

Jika Anda dihina tersenyumlah. Tapi ingat, bukan senyuman berlebih yang membuat orang lain jijik. Tetapi senyuman sederhana yang menggambarkan ketulusan hati Anda menerima hinaan tersebut.

2. Diam

Cara yang kedua yaitu dengan diam. Ya, saya rasa ini adalah cara paling sederhana untuk menghadapi orang-orang yang suka menghina Anda. Diamlah, lalu pergi menjauhi si penghina. Dan ingat, Anda harus memasang wajah tenang seolah tidak terjadi apa-apa. Dengan cara seperti ini orang yang menghina Anda akan merasa bersalah secara perlahan.

3. Introspeksi Diri

Hinaan bisa jadi sebuah kritikan kasar yang membangun. Silakan introspeksi diri Anda sendiri. Jika ada orang yang menghina Anda egois, berarti orang tersebut sebenarnya mengkritik Anda agar tidak egois. Maka kedepannya Anda harus jadi orang yang tidak egois lagi. Jangan selalu menyalahkan orang lain, terkadang Anda harus memeriksa diri sendiri dulu, siapa tahu ternyata Anda lah yang salah.

4. Nasihati

Jika Anda sudah melempar senyum, diam, dan introspeksi diri tetapi ternyata orang tersebut masih menghina Anda, maka ajak orang itu bicara. Katakan saja bahwa Anda tidak nyaman jika dihina terus-terusan. Siapa tahu orang tersebut akan sadar bahwa ia telah melakukan sebuah kesalahan.

5. Berdoa

Sesudah melaksanakan keempat poin diatas, alangkah baiknya Anda berdoa agar orang tersebut diampuni dosanya dan mau berhenti menghina orang lain lagi.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menghadapi orang yang suka menghina. Mudah-mudahan bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Menghadapi Orang yang Egois



Terkadang menyebalkan harus berada di dekat orang yang ingin menang sendiri alias egois. Rata-rata mereka ingin aspirasinya di dengar dan disetujui orang lain tapi tidak mau mendengarkan orang lain. Saya rasa orang semacam ini akan sulit maju.

Tapi ingat, egois bukanlah sifat yang harus selalu disalahkan. Ada juga orang cerdas yang egois, ingin ide-ide briliannya direalisasikan. Egois, tapi positif bukan? Kalau egoisnya negatif, barulah sepatutnya kita kesal.

Sebenarnya sulit menghadapi orang-orang egois. Sangat sulit malah. Hanya ada 3 cara yang dapat Anda coba:

1. Jadi Egois

Memang, saya rasa poin ini tidak begitu bijaksana. Tetapi Anda boleh mencobanya. Salah satu alasan mengapa seseorang menjadi egois adalah karena orang tersebut tidak merasakan bagaimana rasanya berhadapan dengan orang egois. Jika Anda menjadi egois juga, kemungkinan besar orang tersebut akan sadar betapa tidak enaknya berhadapan dengan orang egois, dan tingkat keegoisannya akan menurun.

2. Nasihati

Jika Anda dan orang tersebut sedang bersantai bersama, ajaklah ia bicara baik-baik tentang keegoisannya. Katakanlah bahwa keegoisannya itu akan membuat orang-orang di sekitarnya menjadi tidak nyaman. Dengan cara ini barangkali orang tersebut akan sadar diri dan mencoba mengurangi tingkat keegoisannya.

3. Berdoa

Jika Anda sudah berusaha, tahap terakhir tentunya berdoa. Berdoalah agar orang egois tersebut diberikan kesadaran tentang keegoisannya. Berdoalah agar orang-orang di sekitarnya mau memaafkan keegoisannya.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menghadapi orang yang egois. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Menghadapi Orang yang Membenci Anda



Jika ada orang yang menyukai Anda, pasti akan ada orang yang membenci Anda. Meskipun sedikit. Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana caranya berhadapan dengan orang yang kita tahu bahwa orang tersebut membenci kita? Apakah kita harus memaksanya untuk berhenti membenci kita? Tidak bisa..

Baik, jika Anda tidak tahu, saya akan berikan langkah-langkah jitu menghadapi orang yang membenci Anda.

Langkah pertama:

Jauhi orang tersebut. Ada orang yang berkata bahwa salah satu cara menghadapi orang yang membenci kita adalah dengan cara mendekati orang tersebut secara terus menerus. Sesungguhnya itu SALAH.

Anggap saja Anda membenci si A. Kebencian tersebut ternyata tertanam di otak Anda sehingga ketika si A mendekati Anda, otak Anda akan menolaknya. Efeknya, Anda akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman. Jika si A semakin mendekati Anda, maka semakin besar pula rasa tidak nyaman yang muncul pada Anda. Nah, hal tersebut akan terjadi pula pada orang yang membenci Anda. Mereka justru akan semakin membenci Anda jika Anda terus berusaha mendekatinya. Maka langkah pertama yang saya sarankan pada Anda adalah jauhi dulu orang tersebut.

Langkah kedua:


Pada tahap ini usahakan agar Anda tidak menjumpai orang yang membenci Anda itu. Mengapa? Begini penjelasannya..

Masih sama dengan langkah pertama. Anggap Anda membenci si A. Ketika Anda tidak berjumpa / melihat si A, maka secara otomatis otak Anda akan menganggap memori kebencian itu sudah tidak dipakai lagi dan mulai dihapus. Semakin lama Anda tidak berjumpa dengan si A, maka otak Anda akan menganggap bahwa memori kebencian tersebut sudah tidak dibutuhkan sama sekali sehingga otak akan menghapusnya secara total. Nah, hal ini juga berlaku pada orang yang membenci Anda itu.

Langkah ketiga:

Introspeksi diri Anda. Cari tahu apa penyebab orang tersebut membenci Anda. Apakah ada yang salah dengan penampilan Anda? Apa karena kepribadian Anda dinilai buruk olehnya? Jika memang ada yang salah dengan Anda maka cobalah untuk perbaiki.

Langkah keempat:

Inilah tahap dimana Anda mulai mendekati orang itu lagi. Masalah waktu yang tepat ... Anda bisa kira-kira sendiri. Terlalu cepat salah, terlalu lama juga salah. Dekatilah orang tersebut dengan pribadi Anda yang baru, pribadi Anda yang menyenangkan dan sesuai dengan kriteria yang orang itu inginkan.

 

Hanya sekian tips yang bisa saya berikan untuk menghadapi orang yang membenci diri kita. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

6 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Pekerjaan Sampingan



Pekerjaan sampingan?

Untuk apa? Apa prospeknya?

Bukankah sebaiknya saya fokus pada satu pekerjaan saja?

Pertanyaan diatas sering saya temui dalam beberapa forum diskusi online yang saya ikuti. Ya ... menurut saya alangkah baiknya Anda memiliki pekerjaan sampingan. Mengapa?

Di era modern ini, Anda harus pintar-pintar mengelola pendapatan dan pengeluaran Anda agar masa depan sukses Anda semakin jelas tergambar. Tentu saja karena zaman sekarang pesaing Anda (terutama di dunia bisnis) semakin banyak dan persaingannya sangat ketat. Jika Anda lalai sedikit, terinjak.

Nah, mengapa saya sarankan Anda untuk memiliki pekerjaan sampingan? Ya, tentunya karena ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapat ketika Anda memiliki pekerjaan sampingan.

1. Persiapan Menghadapi Inflasi

Inflasi, inflasi, dan inflasi. Saya ingat ketika saya kecil (Sekitar tahun 99-an), saya doyan membeli jajanan anak. Dan saya masih ingat rata-rata jajanan anak saat itu adalah 300 rupiah. Paling mahal pun 500 rupiah. Dan untuk saat ini, harga jajanan anak sudah mencapai 2000 rupiah. Inflasi semacam ini bisa terjadi kapan saja, dan Anda dituntut untuk siap menghadapinya. Ya ... bersyukurlah jika gaji Anda disesuaikan dengan harga-harga barang di pasar. Lha jika tidak? Anda akan membutuhkan pekerjaan sampingan untuk menambah kesejahteraan.

2. Menyalurkan Hobi / Bakat

Pekerjaan sampingan rata-rata dilakukan oleh orang yang ingin menyalurkan hobinya. Tidak sedikit orang-orang yang melakukan pekerjaan sampingan mau dibayar serelanya saja. Toh, rata-rata mereka hanya ingin menyalurkan hasrat rasa senang mereka saja. Jika Anda memiliki hobi, mengapa tidak Anda ubah menjadi pekerjaan sampingan saja? Selain menghasilkan uang juga bisa membuat Anda senang, bukan?

3. Mengisi Waktu Luang

Hampir semua orang memiliki waktu luang, hanya saja tidak semua orang mampu memanfaatkan waktu luang mereka masing-masing. Mayoritas malah lebih memilih menonton televisi dan mencari hiburan ketimbang mencari uang. Dengan alasan 'sudah penat bekerja' katanya. Ya ya ... beristirahat dan mencari hiburan di waktu luang memang bermanfaat, tetapi alangkah baiknya jangan dijadikan kebiasaan. Cobalah untuk memikirkan sebuah pekerjaan sampingan yang sekiranya bisa sekalian mengisi waktu luang Anda. Ada banyak peluang bisnis yang dapat Anda coba.

4. Persiapan Menghadapi Risiko Bangkrut

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, sesekali mungkin pernah terpikir oleh Anda, "Jika bisnis saya bangkrut, apa yang harus saya lakukan? Apakah saya harus investasi ulang? Tapi dana darimana?" Nah, di sinilah peran pekerjaan sampingan dibutuhkan. Jika Anda sibuk mengurus bisnis sesiangan, Anda bisa coba melamar pekerjaan di kafe atau restoran yang hanya buka pada malam hari.

Terdengar konyol? Ya, memang. Tapi ternyata bekerja dengan sistem seperti ini mendatangkan keuntungan plus-plus bagi Anda. Anda akan mendapatkan uang untuk simpanan jika suatu saat bisnis Anda bangkrut, dan pengalaman Anda bekerja di restoran tersebut akan menginspirasi Anda untuk membuka bisnis serupa jika bisnis Anda bangkrut. Tidak hanya di restoran saja. Anda bisa coba bengkel, salon, dan lain-lain. Nantinya setumpuk pengalaman kerja itu akan menginspirasi Anda membuka bisnis baru jika bisnis Anda yang sebelumnya ada di ambang kebangkrutan.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tentu saja, rata-rata poin ini menjadi tujuan utama seseorang untuk mencari pekerjaan sampingan. Jika Anda juga ingin meningkatkan kualitas hidup Anda, maka carilah pekerjaan sampingan!

6. Uang Dadakan

Mungkin saja terjadi sebuah bencana yang menghancurkan tempat tinggal Anda, atau mungkin saja seseorang di keluarga Anda mengalami kecelakaan dan butuh biaya untuk operasi. Anda harus memiliki uang cadangan untuk dipakai di situasi semacam ini. Nah, uang hasil pekerjaan sampingan bisa untuk dijadikan tambahan uang cadangan.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai alasan mengapa Anda harus memiliki pekerjaan sampingan. Semoga bermanfaat dan memotivasi!
baca selengkapnya...

7 Tips Mengurangi Pengeluaran




Pengeluaran perbulan Anda cukup besar?

Pemasukan Anda pas-pasan?

Kini saatnya Anda menjaga pengeluaran Anda agar tidak terlalu besar dan "mencekik" dompet.

Sebenarnya salah satu hal yang menyebabkan pengeluaran Anda lebih besar daripada pendapatan adalah karena Anda merubah keinginan menjadi kebutuhan demi meningkatkan kualitas dan gaya hidup.

Memang, dengan cara seperti itu kualitas hidup Anda akan meningkat. Tapi sayangnya kualitas hidup Anda itu hanya meningkat secara perlahan saja. Malah menurut saya gaya hidup semacam itu adalah pemborosan. Sebaiknya Anda menekan pengeluaran.

Lantas bagaimana caranya agar dana pengeluaran dapat tertekan?

1. Kurangi Jadwal Makan di Luar Rumah

Membeli makanan berat di luar rumah tentunya akan menambah pengeluaran Anda. Bagaimana tidak, ketika membeli makanan berat di luar rumah, maka Anda tidak hanya membayar makanannya saja, tetapi juga pelayanan dan tempatnya. Alhasil harga makanan di luar rumah akan jauh lebih mahal ketimbang masak sendiri di rumah.

2. Kurangi Penggunaan Kendaraan Pribadi untuk Jarak Dekat

Jika Anda ingin berpergian keluar rumah dengan radius < 1 km, saya sarankan Anda untuk berjalan kaki saja. Kenapa? Karena secara tidak sadar penggunaan kendaraan pribadi untuk jarak dekat ternyata bisa jadi pemborosan jika sering dilakukan. Tidak percaya? Cobalah!

3. Kurangi Jadwal Nonton ke Bioskop

Seperti yang Anda tahu, harga tiket bioskop cukup mahal. Jika kepala Anda tidak terlalu penat, saya sarankan untuk mencari hiburan lain yang harganya jauh lebih murah saja. Tapi ingat, saya tidak melarang Anda untuk menonton film ke bioskop. Karena sebenarnya salah satu cara meningkatkan kualitas berpikir Anda adalah dengan cara mendapatkan hiburan yang berkualitas pula. Jadi pada poin ini saya hanya menyarankan Anda untuk mengurangi frekuensi aktivitas menonton ke bioskop agar tidak jadi pemborosan.

4. Perawatan Berlebih

Memang, setiap orang memiliki hak untuk merawat diri mereka agar tampil lebih muda dari usianya. Tetapi kembali saya ingatkan, jangan lakukan hal ini secara berlebih. Saya rasa adalah suatu hal yang tidak bijak jika Anda menginvestasikan banyak uang Anda hanya untuk perawatan tubuh yang ujung-ujungnya akan menjadi tua dan keriput juga.

5. Kurangi Konsumsi Rokok

Tembakau pada rokok memang mengandung zat aditif yang akan menimbulkan kecanduan pada penggunanya. Nah, kecanduan ini nantinya akan menuntut seseorang untuk membeli dan mengkonsumsi rokok lagi, lagi, dan lagi. Bayangkan, uang Anda diinvest terus menerus tanpa ada profit yang masuk ke kantung Anda. Apakah menurut Anda hal ini bukanlah pemborosan?

6. Kurangi Konsumsi Kopi

Saya rasa kopi tidak begitu jauh efeknya dengan rokok. Para pengkonsumsi kopi banyak yang menjadi kecanduan minum kopi. Mereka ingin mengkonsumsi kopi lagi, lagi, dan lagi, meskipun mereka tidak punya rencana begadang dan melakukan sesuatu. Saya sarankan Anda untuk mencoba menghilangkan rasa candu Anda pada kopi untuk mengurangi pemborosan.

7. Abaikan Diskon

Kebanyakan orang ketika sedang berjalan-jalan di mall lalu melihat ada label diskon, mereka akan langsung menyerbu barang yang sedang diskon tersebut (Meskipun barang diskon tersebut bukan sebuah kebutuhan.). Apalagi jika diskon besar-besaran dengan jangka waktu sekian jam saja. Nah, jika Anda ingin menjadi orang yang pandai mengatur pengeluaran, jangan mudah tergiur dengan embel-embel diskon tersebut. Belilah barang yang memang Anda butuhkan. Saya yakin dengan cara seperti ini maka pengeluaran Anda akan lebih terkompres.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips-tips mengurangi pengeluaran. Ingatlah, manajemen keuangan yang baik akan menjadi salah satu jalan Anda menuju kesuksesan. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

10 Efek Samping dari Kurang Tidur




Beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang dampak negatif begadang. Ya, pada post kali ini topiknya tidak begitu jauh dari artikel tersebut, hanya saja pembahasannya lebih mendalam.

Ahli kesehatan berkata bahwa manusia butuh istirahat selama 8 jam. Kurang dari itu, maka seseorang dapat dikatakan kurang tidur.

Seolah terdengar biasa saja, padahal kurang tidur ini dapat berakibat fatal pada kesehatan Anda. Berbagai penyakit akan mengintai Anda jika Anda kurang istirahat, diantaranya:

1. Depresi

Orang yang kurang tidur maka konsentrasinya akan menurun. Hal ini menyebabkan otak seseorang menjadi lebih mudah penat dan kesulitan menyelesaikan masalah. Berhati-hatilah..

2. Diabetes

Saya juga baru tahu, ternyata ketika kita tertidur terjadi penurunan kadar gula dalam darah. Maka ketika kita kurang tidur kadar gula dalam darah kita akan meningkat. Kadar gula dalam darah yang tinggi akan memicu timbulnya penyakit diabetes melitus.

3. Pelupa

Tidak hanya menyerang konsentrasi Anda, ternyata kurang tidur juga menyerang kemampuan daya ingat Anda. Para ahli tidur mengatakan kurang tidur dapat menurunkan daya ingat seseorang hingga kurang lebih 15 %

4. Kanker Payudara

Tentunya poin yang satu ini berlaku pada wanita. Wanita yang tidur kurang dari 6 jam akan meningkatkan risiko terserang kanker payudara.

5. Mengurangi Fungsi Pembuluh Darah

Terdengar sepele? Baik, akan saya jelaskan.

Pembuluh darah memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen ke organ-organ tubuh dan mengangkut karbondioksida (berupa HCO3) ke paru-paru.

Ketika kita kurang tidur, maka detak jantung akan cenderung lambat, ini artinya pengangkutan oksigen dan karbondioksida ini juga akan menjadi lebih lambat. Padahal, tubuh sangat membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja dengan optimal.

Tidak hanya organ tubuh saja, otak pun membutuhkan asupan oksigen agar bisa konsentrasi. Jika pengangkutan oksigen dari paru-paru ke otak berlangsung lambat, maka otak akan kekurangan oksigen.

Kekurangan oksigen pada otak menyebabkan Anda menguap, tujuannya untuk mengambil oksigen dari udara sebanyak mungkin. Tapi jika otak masih saja kekurangan oksigen, maka otak akan memerintahkan seluruh organ tubuh untuk mengurangi kinerjanya. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mudah lelah dan mengantuk. Ujung-ujungnya Anda akan banyak tidur dan tidak fokus bekerja.

6. Stroke

Tidur malam kurang dari 6 jam dapat menaikkan tekanan darah Anda. Itu artinya, semakin sering Anda begadang dan kurang tidur, maka semakin besar pula kemungkinan Anda terkena stroke.

7.Kulit Kusam

Tadinya saya kurang percaya poin yang satu ini. Tetapi setelah mendengar kepastian dari ahli kesehatan, kini saya percaya. Kurang tidur juga ternyata dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kusam.

8. Menurunkan Kekebalan Tubuh

Pada saat tidur, tubuh membentuk antibodi (kekebalan tubuh) sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika Anda kurang tidur, maka otomatis kadar antibodi dalam tubuh Anda pun sedikit. Hal ini menyebabkan Anda mudah terserang berbagai penyakit.

9. Obesitas

Seperti yang sudah saya jelaskan di poin nomor 5, ketika seseorang kurang tidur, maka metabolisme orang tersebut pun akan menurun. Akibatnya, orang tersebut akan cepat gemuk.

10. Sakit Jantung

Ternyata selain berpengaruh pada tekanan darah, kurang tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung Anda. Penyakit jantung semakin terpicu apabila Anda tidur kurang dari 7 jam dalam sehari.

 

Demikianlah artikel saya kali ini, agak panjang tapi ya mudah-mudahan penjelasan saya kali ini tidak sia-sia ... hehe semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda ... Salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

7 Tips Meredakan Stress a la Sayogand



Stress itu manusiawi. Maksudnya hampir setiap manusia pernah merasakan stress, Anda tidak perlu takut dengan yang namanya stress. Semua orang merasakan hal yang sama dengan Anda kok.

Hanya saja terkadang stress datang di saat yang tidak tepat. Misalkan pada saat Anda sedang bekerja keras mengerjakan suatu proyek besar, ketika Anda hendak menghadapi tes akademis, dan masih banyak lagi. Nah, jika stress datang di waktu-waktu sakral seperti itu, Anda harus mencari cara agar rasa stress di kepala Anda segera hilang dan Anda bisa kembali fokus ke pekerjaan Anda.

Masalahnya? Bagaimana cara cepat mengusir rasa stress tersebut?

1. Bermain Video Games

Mainkan video game yang bisa menimbulkan rasa senang dari dalam diri Anda. Selain itu, bermain video game juga dapat membantu menghilangkan beban pikiran Anda sejenak sehingga secara tidak sadar hal ini membantu Anda menghilangkan stress di kepala.

2. Cari Solusinya

Biasanya stress disebabkan oleh datangnya suatu masalah yang sulit dihadapi. Satu-satunya saran yang bisa saya berikan adalah: hadapi! Ingatlah bahwa Tuhan tidak akan pernah memberikan cobaan diluar batas kemampuan manusia itu sendiri. Saya yakin, jika Anda memiliki keberanian untuk menghadapi masalah, maka masalah tersebut akan cepat terselesaikan. Percayalah!

3. Ceritakan!

Jika Anda merasa ada sesuatu hal yang terasa berat di kepala Anda, jangan sungkan-sungkan ceritakan kepada kerabat Anda. Atau jika Anda mau mengeluarkan uang, Anda boleh datang ke psikolog. Faktanya, menceritakan masalah pada orang lain dapat mengurangi rasa stress yang ada di kepala. Di samping itu, kemungkinan besar Anda akan mendapatkan solusi dari kerabat Anda tersebut.

4. Dengarkan Lagu

Jika Anda ingin cara yang lebih simple, Anda boleh gunakan lagu untuk mengurangi rasa penat di kepala Anda. Dengarkanlah lagu-lagu yang Anda sukai, baik itu lagu yang beatnya cepat maupun yang temponya lambat dan mendayu-dayu. Cobalah!

5. Tonton Televisi

Mungkin ini terdengar sedikit aneh. Memang pasalnya acara di televisi belum tentu bisa menghilangkan rasa penat Anda. Tapi setidaknya acara di televisi membantu Anda melupakan sejenak masalah yang sedang berkecamuk di kepala Anda. Saya sarankan Anda menonton acara motivasi atau acara humor yang sekiranya bisa memperbaiki mood Anda.

6. Olahraga

Olahraga yang saya maksud di sini adalah olahraga outdoor, dimana Anda memiliki kesempatan menggerakkan tubuh sembari mendapatkan pemandangan yang mampu me-refresh otak Anda. Setidaknya hal ini mampu mengurangi beban pikiran Anda.

7. Senyum

Ingin cara yang lebih simple dari keenam tips di atas? Tersenyumlah. Senyum adalah salah satu cara termudah untuk mengurangi rasa stress di kepala Anda. Lemparkan senyum pada siapa saja yang Anda temui. Jangan perlihatkan wajah orang yang sedang stress, Anda justru harus tetap terlihat "segar" meski sedang dilanda masalah. Percayalah, tersenyum akan membawa manfaat bagi siapa saja yang melakukannya.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips meredakan stress, mudah-mudahan bermanfaat!
baca selengkapnya...

De`Radeons - November



Mungkin kalian bingung karena akhir-akhir ini saya agak jarang posting di blog Sumber Inspirasi. Maklum, sudah dari beberapa hari lalu saya sibuk rekaman lagu instrumental baru dan setelah itu saya sibuk mempromosikannya di dunia maya ... hehe

Oke langsung saja, pada lagu instrumental yang satu ini saya mencoba untuk memainkan genre slow rock tapi masih dengan nuansa musik de`Radeons seperti biasanya. Tadinya saya hendak memasukkan suara gitar akustik, tapi ternyata gitar akustik saudara saya yang biasa saya pinjam untuk produksi musik sudah dijual :(

Judul lagunya terinspirasi dari pengalaman pribadi saya, dimana saya merasa bahwa bulan November adalah bulan yang spesial dan penuh kejutan. Hampir di setiap tahunnya ada kenangan tersendiri yang sulit untuk terlupakan, tepat di bulan November. Mungkin ada salah satu dari kalian yang merasakannya juga :)

Baiklah tanpa harus berlama-lama, ini dia lagu terbaru saya, "November". Download, dengarkan, dan share ke teman-teman kalian ya :)


baca selengkapnya...

De`Radeons – Friendship



Sebenarnya saya sudah menciptakan lagu instrumental yang satu ini sejak beberapa bulan lalu, tapi entah mengapa baru kali ini saya buatkan artikelnya di Sayogand :)

Baik, seperti biasa, lagu ini masih bergenre instrumental hanya saja dengan nuansa yang berbeda dari lagu-lagu sebelumnya. Kali ini saya tidak menggunakan gitar akustik lagi, melainkan improvisasi gitar elektrik.

Judul lagunya terinspirasi dari anak-anak TK yang berada di lingkungan sekitar saya. Waktu itu saya melihat 2 orang anak sedang berbincang-bincang. Anak yang satu sedang duduk di ayunan, dan anak yang satu lagi sedang berdiri di belakang anak pertama sembari mengayunkan ayunan itu untuk sahabatnya.

"Nanti kalo udah SD, kita ga bakal main ayunan lagi kan? Kan nanti kita SD-nya beda.."
"Iya, tapi kita bakal terus jadi sahabat dan main bareng tiap hari pas pulang sekolah."

Simple, but I get something from that. Anak kecil pun tahu bahwa persahabatan tidak akan pernah ada akhirnya. Seorang sahabat akan berusaha membuat kita menjadi lebih baik. Dan sahabat tidak akan pernah meninggalkan kita, mereka akan terus berada di hati kita masa lalu akan mengemasnya menjadi sesuatu yang indah untuk diingat..


baca selengkapnya...

Risiko Menjadi Blogger



Menjadi blogger bisa jadi cita-cita bagi sebagian orang. Terutama bagi orang-orang yang sudah mendengar kesuksesan para blogger meraup sukses hanya dari sebuah blog yang dikelola perorangan. Ya, menjadi blogger memang menyenangkan. Anda boleh menulis apapun sesuka hati Anda, jika Anda tidak ingin diprotes maka Anda tinggal menonaktifkan fitur komentar pada blog Anda. It`s so easy and fun!


Yap, dunia blogging memang sesederhana itu. Kerjanya sederhana, sesuka hati kita, tapi gajinya bersaing dengan para pekerja kantoran bahkan bersaing dengan para pebisnis. Anda boleh mengatakan hal itu. Tapi jangan langsung tertarik begitu saja.

Sebaiknya Anda tahu bahwa sebenarnya di balik itu semua ada banyak risiko yang akan Anda tanggung ketika Anda menjadi blogger. Apa sajakah risiko itu?

1. "Teori tidak mendasar!"

Celaan tersebut mungkin akan Anda dapatkan ketika Anda tidak bisa menjawab pertanyaan dari para komentator blog. Ya, komentator memang sangat beragam. Ada yang santai, ada yang senang berpromosi, ada juga yang kritis.

Sebagai blogger, Anda dituntut untuk menyajikan tulisan yang bermanfaat bagi para pembacanya. Tapi selain itu, Anda juga dituntut untuk melayani pertanyaan dari para komentator sebagai bentuk tanggung jawab atas apa yang telah Anda tulis di blog Anda. Jika ternyata sang komentator adalah seorang pakar / ahli yang lebih cerdas daripada Anda, bersiap-siaplah untuk kalah debat dan menerima kritikan yang pedas atas tulisan Anda.

2. Sulit Mendapat Perhatian Wanita

"Kamu blogger ya? Ih keren banget.."

Sangat jarang saya mendengar wanita melontarkan perkataan di atas. Malah tidak pernah.

Ya, beberapa waktu lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang profesi-profesi laki-laki yang digemari para wanita, dan kenyataannya blogger bukanlah profesi pria idaman wanita. Wanita jelas lebih tertarik pada lelaki yang senang berpetualang, berolahraga, dan bersosialisasi. Bukan pada blogger yang aktivitas sehari-harinya hanya menulis dalam kamar.

3. Sukses Butuh Keberuntungan

Mayoritas blogger mengatakan hal ini. Jangan terlalu bermimpi bisa jadi kaya raya hanya dengan blogging. Karena ternyata untuk sukses dari sebuah blog sangatlah sulit. Mengapa? Tentunya karena jumlah blog yang ada di seluruh dunia sangatlah banyak dengan genre yang beragam. Persaingan untuk mendapatkan popularitas dan kesuksesan semakin ketat. Anda butuh kreativitas dan sebuah keberuntungan agar bisa sukses dan meraup untung dari sebuah blog.

4. Dijiplak

Risiko berikutnya yang akan Anda terima jika Anda menjadi seorang blogger adalah dijiplak. Ya, tulisan Anda akan dijiplak oleh para blogger lain. Beruntunglah jika blogger tersebut mau bertanggung jawab mau mencantumkan sumber tulisannya. Tapi kalau tidak, saya jamin Anda akan merasa kesal karena tulisan Anda sudah di copy-paste tanpa seizin Anda.

5. Malas

Ketika menjadi blogger, Anda akan bekerja di rumah. Mengapa? Ya, beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menuliskan artikel tentang dampak negatif bekerja di rumah. Di sana sudah dijelaskan bahwa ketika Anda bekerja tanpa seorang bos, maka Anda akan bekerja seenaknya dan kedisiplinan Anda tidak akan terlatih. Anda akan cenderung bermalas-malasan. Saya sarankan meskipun Anda adalah seorang blogger, tidak ada salahnya untuk bangun dan beraktivitas pada pagi hari seperti orang lain.

 

Saya menulis ini bukan untuk menakut-nakuti Anda. Saya tetap berani mengatakan bahwa menjadi blogger adalah pekerjaan yang mengasyikkan. Tetapi, saya harus kembali mengingatkan bahwa menjadi kaya raya dari blog itu adalah sesuatu yang sulit dicapai jika tanpa kreativitas dan kemampuan menulis yang baik.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.