6 Alasan Mengapa Anda Harus Memiliki Pekerjaan Sampingan



Pekerjaan sampingan?

Untuk apa? Apa prospeknya?

Bukankah sebaiknya saya fokus pada satu pekerjaan saja?

Pertanyaan diatas sering saya temui dalam beberapa forum diskusi online yang saya ikuti. Ya ... menurut saya alangkah baiknya Anda memiliki pekerjaan sampingan. Mengapa?

Di era modern ini, Anda harus pintar-pintar mengelola pendapatan dan pengeluaran Anda agar masa depan sukses Anda semakin jelas tergambar. Tentu saja karena zaman sekarang pesaing Anda (terutama di dunia bisnis) semakin banyak dan persaingannya sangat ketat. Jika Anda lalai sedikit, terinjak.

Nah, mengapa saya sarankan Anda untuk memiliki pekerjaan sampingan? Ya, tentunya karena ada beberapa keuntungan yang akan Anda dapat ketika Anda memiliki pekerjaan sampingan.

1. Persiapan Menghadapi Inflasi

Inflasi, inflasi, dan inflasi. Saya ingat ketika saya kecil (Sekitar tahun 99-an), saya doyan membeli jajanan anak. Dan saya masih ingat rata-rata jajanan anak saat itu adalah 300 rupiah. Paling mahal pun 500 rupiah. Dan untuk saat ini, harga jajanan anak sudah mencapai 2000 rupiah. Inflasi semacam ini bisa terjadi kapan saja, dan Anda dituntut untuk siap menghadapinya. Ya ... bersyukurlah jika gaji Anda disesuaikan dengan harga-harga barang di pasar. Lha jika tidak? Anda akan membutuhkan pekerjaan sampingan untuk menambah kesejahteraan.

2. Menyalurkan Hobi / Bakat

Pekerjaan sampingan rata-rata dilakukan oleh orang yang ingin menyalurkan hobinya. Tidak sedikit orang-orang yang melakukan pekerjaan sampingan mau dibayar serelanya saja. Toh, rata-rata mereka hanya ingin menyalurkan hasrat rasa senang mereka saja. Jika Anda memiliki hobi, mengapa tidak Anda ubah menjadi pekerjaan sampingan saja? Selain menghasilkan uang juga bisa membuat Anda senang, bukan?

3. Mengisi Waktu Luang

Hampir semua orang memiliki waktu luang, hanya saja tidak semua orang mampu memanfaatkan waktu luang mereka masing-masing. Mayoritas malah lebih memilih menonton televisi dan mencari hiburan ketimbang mencari uang. Dengan alasan 'sudah penat bekerja' katanya. Ya ya ... beristirahat dan mencari hiburan di waktu luang memang bermanfaat, tetapi alangkah baiknya jangan dijadikan kebiasaan. Cobalah untuk memikirkan sebuah pekerjaan sampingan yang sekiranya bisa sekalian mengisi waktu luang Anda. Ada banyak peluang bisnis yang dapat Anda coba.

4. Persiapan Menghadapi Risiko Bangkrut

Jika Anda adalah seorang pemilik bisnis, sesekali mungkin pernah terpikir oleh Anda, "Jika bisnis saya bangkrut, apa yang harus saya lakukan? Apakah saya harus investasi ulang? Tapi dana darimana?" Nah, di sinilah peran pekerjaan sampingan dibutuhkan. Jika Anda sibuk mengurus bisnis sesiangan, Anda bisa coba melamar pekerjaan di kafe atau restoran yang hanya buka pada malam hari.

Terdengar konyol? Ya, memang. Tapi ternyata bekerja dengan sistem seperti ini mendatangkan keuntungan plus-plus bagi Anda. Anda akan mendapatkan uang untuk simpanan jika suatu saat bisnis Anda bangkrut, dan pengalaman Anda bekerja di restoran tersebut akan menginspirasi Anda untuk membuka bisnis serupa jika bisnis Anda bangkrut. Tidak hanya di restoran saja. Anda bisa coba bengkel, salon, dan lain-lain. Nantinya setumpuk pengalaman kerja itu akan menginspirasi Anda membuka bisnis baru jika bisnis Anda yang sebelumnya ada di ambang kebangkrutan.

5. Meningkatkan Kualitas Hidup

Tentu saja, rata-rata poin ini menjadi tujuan utama seseorang untuk mencari pekerjaan sampingan. Jika Anda juga ingin meningkatkan kualitas hidup Anda, maka carilah pekerjaan sampingan!

6. Uang Dadakan

Mungkin saja terjadi sebuah bencana yang menghancurkan tempat tinggal Anda, atau mungkin saja seseorang di keluarga Anda mengalami kecelakaan dan butuh biaya untuk operasi. Anda harus memiliki uang cadangan untuk dipakai di situasi semacam ini. Nah, uang hasil pekerjaan sampingan bisa untuk dijadikan tambahan uang cadangan.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai alasan mengapa Anda harus memiliki pekerjaan sampingan. Semoga bermanfaat dan memotivasi!

Komentar