Bahaya Menahan Kencing

 



Ketika sedang berada di tengah pesta atau mungkin ketika tengah berkendara di jalan tol, Anda dituntut untuk menahan kencing. Menahan kencing memang bukan merupakan aktivitas yang menyenangkan. Namun banyak orang doyan menahan kencing karena tengah berada pada acara-acara penting seperti pesta atau rapat.
 
Sebenarnya, menahan kencing dalam keadaan apapun tidak dianjurkan karena dapat membahayakan kondisi ginjal Anda. Jika Anda ingin tubuh Anda sehat, singkirkan rasa gengsi atau rasa malu meninggalkan acara penting untuk bergegas ke toilet sebentar saja.
 
Apa sajakah dampak negatif yang akan kita terima jika kita menahan kencing?
 
1. Penyumbatan Saluran Ureter
 
Ketika menahan kencing, urin akan mengendap di kandung kemih. Lama kelamaan, urin tersebut akan membentuk benda-benda solid. Benda solid tersebut adalah kalsium yang terkristalisasi karena terlalu lama mengendap. Alhasil, kalsium-kalsium itu akan menyumbat saluran pembuangan urin sehingga membuat Anda sulit kencing.
 
2. Infeksi Kandung Kemih
 
Urin merupakan cairan sisa metabolisme tubuh manusia. Itu artinya, urin mengandung berbagai bakteri dan kuman yang berbahaya. Jika urin terlalu lama mengendap di kandung kemih, kuman-kuman dan bakteri tersebut akan bergerak menempel ke kandung kemih dan menginfeksinya.
 
3. Infeksi Ginjal
 
Syukur apabila kuman dan bakteri tersebut hanya menyerang kandung kemih. Namun ternyata kuman tersebut juga bisa bergerak naik ke ginjal dan menginfeksinya juga.
 

Demikianlah artikel singkat saya kali ini mengenai beberapa bahaya menahan kencing. Bagi Anda yang doyan menahan kencing, mulai sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Toh ini semua demi kesehatan Anda di masa depan. Semoga bermanfaat, Salam Sahabat Inspiratif!

2 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Terimakasih banyak atas ilmu pengetahuannya.
    Sangat bermanfaat buat saya.

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.