Manfaat Cahaya Matahari bagi Kesehatan Kulit



Mungkin banyak orang mengatakan bahwa paparan cahaya matahari hanya akan membuat kulit kusam dan memicu terjadinya kanker kulit. Memang, fakta tersebut ada benarnya. Tetapi sebenarnya pada waktu-waktu tertentu, cahaya matahari dapat memberikan dampak positif kepada kulit kita.

Lantas apa sajakah dampak positif tersebut?

1. Merangsang Pembentukan Vitamin D

Sinar matahari mengandung sinar ultraviolet A yang dapat merangsang tubuh membentuk vitamin D. Vitamin D ini dibutuhkan tubuh untuk pertumbuhan tubuh, membuat struktur tulang menjadi lebih kuat dan tebal, memperbaiki  komposisi tulang, dan memperbaiki jaringan-jaringan tulang.

2. Merangsang Pembentukan Hormon Melanin

Tidak hanya merangsang pembentukan vitamin D, UVA juga berfungsi untuk merangsang kelenjar melanosit untuk memproduksi hormon melanin. Hormon melanin ini berfungsi sebagai pigmen pewarna kulit dan sebagai hormon pengatur siklus tidur.

3. Mencegah Kanker

Anda berpikir bahwa paparan sinar ultraviolet dari matahari dapat memicu berkembangnya sel-sel kanker? Mulai sekarang, ubah pandangan Anda. Sinar UVB yang diproduksi matahari pada pukul 10.00 - 16.00 memang dapat memicu sel-sel kanker. Namun, diluar waktu tersebut, matahari lebih banyak memproduksi UVA yang ternyata dapat mencegah berkembangnya beberapa jenis sel kanker, seperti kanker prostat, kanker payudara, dan kanker usus.

4. Mempertebal Kulit

Manfaat yang terakhir adalah mempertebal kulit bagian atas. Hal ini menyebabkan kulit Anda tidak mudah sobek dan tidak mudah terluka.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa manfaat cahaya matahari bagi kesehatan kulit kita. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.