Bahaya Menggunakan Cat Rambut



Memiliki penampilan yang menarik adalah impian semua orang. Berbagai cara pun dilakukan. Salah satunya dengan cara mengubah warna rambut.

Banyak orang beranggapan bahwa mengecat rambut adalah sebuah keharusan bagi orang-orang dewasa yang tidak ingin terlihat tua. Namun sayangnya, mengecat rambut memiliki dampak negatif terhadap kesehatan Anda sendiri. Dampak negatif apa sajakah itu?

1. Ruam pada Kulit Kepala

Salah satu penyakit yang akan muncul di daerah kepala Anda adalah ruam alias kulit kemerahan yang terjadi pada kulit kepala dan sekitarnya. Hal ini bisa saja disebabkan karena Anda alergi pada suatu zat yang kebetulan terkandung pada merk cat rambut yang Anda gunakan.

2. Kulit Kepala Gatal

Sama seperti poin nomor 1, kulit kepala yang mengalami alergi dapat menyebabkan rasa gatal yang tak henti-hentinya. Akibatnya, Anda akan cenderung untuk terus menggaruk dan merusak sel-sel kulit kepala.

3. Rambut Rusak

Proses pengecatan rambut yang dilakukan secara berulang-ulang dan tanpa pantauan dokter juga berisiko menimbulkan kerusakan pada rambut. Beberapa kerusakan tersebut antara lain: rambut bercabang, rontok, rapuh, kasar, dan kusam.

4. Mengganggu Pembentukan Sel Darah

Ini adalah dampak terparah dari semua dampak negatif yang ditimbulkan oleh cat rambut. Cat rambut ternyata dapat mengganggu pembentukan sel darah sehingga dapat menimbulkan penyakit leukimia, multiply myeloma, kanker getah bening, dll.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa dampak negatif dari penggunaan cat rambut. Yang terpenting, bijaksanalah dalam merias penampilan. Dan jika terpaksa harus mengecat rambut secara berkala, konsultasikan hal tersebut kepada dokter agar risiko dapat diminimalkan.

Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.