10 Tips Meningkatkan Konsentrasi



Konsentrasi atau fokus menjadi salah satu hal penting yang menjadi acuan keberhasilan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan. Pekerjaan yang dilakukan tanpa fokus yang baik maka hasil akhir yang didapatkan tidak akan pernah maksimal.

Tidak hanya tentang pekerjaan. Tanpa fokus yang baik, seseorang juga tidak akan mampu untuk memahami berbagai materi pembelajaran penting. Akibatnya, proses studi seseorang akan terganggu.

Dengan dilatarbelakangi oleh berbagai dampak negatif tersebut, sekarang saya akan memberikan beberapa tips bagaimana caranya meningkatkan konsentrasi Anda.

1. Istirahat

Anda sudah mulai merasakan penat? Anda sudah mulai merasakan kinerja Anda melambat? Beristirahatlah sejenak. Berhenti selama 10 menit di tempat kerja untuk sekedar mengambil air minum atau mengajak bicara rekan kerja adalah cara terbaik. Cobalah menikmati lingkungan sekitar Anda, pandanglah hiruk pikuk keadaan di luar ruangan melalui kaca, hal ini akan membantu otak Anda mengembalikan tenaganya.

2. Buat Batas Waktu

Apakah Anda tahu mengapa setiap perusahaan memberikan batas waktu kepada seluruh staf-stafnya? Ya, batas waktu atau deadline akan membuang sifat malas pada seseorang dan menyebabkan terjadinya peningkatan fokus pada orang tersebut. Hal ini tentu akan menjadi salah satu sarana efektif untuk melatih fokus seseorang, sekaligus memberikan keuntungan kepada perusahaan.

3. Ganti Tugas

Batas maksimum fokus pada manusia adalah 45 menit. Apabila Anda masih mengerjakan hal yang sama selama lebih dari 45 menit, maka hal tersebut akan mengakibatkan terjadinya penurunan konsentrasi. Jika Anda ingin senantiasa fokus, lakukan pekerjaan lain setelah 45 menit. Setelah itu, Anda boleh kembali ke pekerjaan awal.

4. Lakukan Permainan

Siapa bilang bermain permainan tidak ada gunanya? Bermain catur, sudoku, puzzel, dan sejenisnya terbukti mampu mengembalikan fokus seseorang yang sedang hilang. Tetapi, bermain permainan terlalu lama juga tidak baik karena dapat menghabiskan energi Anda. Jadi, bermainlah dengan durasi yang wajar.

5. Hindari Stres

Stres dapat menjadi salah satu pemicu menurunnya kemampuan fokus seseorang. Mengapa? Karena orang yang sedang stres cenderung melamun dan memikirkan masalahnya ketimbang memikirkan apa yang sedang ia kerjakan. Hal ini menyebabkan  tugas-tugas yang ada di hadapannya tidak bisa diselesaikan sesuai dengan waktu yang sudah ditetapkan.

6. Tidur

Tidur singkat menjadi solusi berikutnya apabila berhenti bekerja sejenak tidak bisa mengembalikan fokus Anda. Tubuh yang berada dalam kondisi rileks dapat membantu otak dan tubuh mengembalikan fokus dan energinya seperti semula.

7. Kurangi Konsumsi Karbohidrat

Mengonsumsi makanan yang banyak mengandung karbohidrat dapat menyebabkan kadar gula dalam darah meningkat. Kadar gula darah yang meningkat dapat menyebabkan terjadinya pengentalan darah sehingga aliran darah melambat. Lambatnya peredaran darah dapat menyebabkan otak kita kekurangan oksigen. Jika otak kita kekurangan oksigen maka fokus kita akan menurun dan kita akan merasakan kantuk.

8. Meditasi

Meditasi adalah melakukan relaksasi dengan cara mengatur pernapasan. Melakukan meditasi dapat membantu pikiran menjadi rileks dan dapat membantu otak mengembalikan kemampuan fokusnya.

9. Olahraga

Berolahragalah selama 30 menit perhari. Olahraga dapat membantu memperlancar aliran darah sehingga dapat dipastikan asupan oksigen ke otak menjadi lebih maksimal. Apabila otak kaya akan oksigen, maka  kemampuan fokus pun akan meningkat.

10. Sarapan

Banyak orang menyepelekan sarapan, padahal sarapan sangat memengaruhi kemampuan fokus seseorang selama satu hari penuh. Sarapan makanan bergizi akan membantu meningkatkan kewaspadaan seseorang dalam melakukan hal apapun.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips untuk meningkatkan kemampuan fokus. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.