Kandungan Putih Telur yang Bermanfaat Bagi Kesehatan



Telur adalah salah satu makanan yang penuh manfaat. Harganya yang terjangkau dan mudah didapat,menjadi salah satu alasan mengapa telur begitu familiar di telinga masyarakat.

Salah satu bagian telur yang disebut-sebut sebagai sumber protein adalah putih telur. Rasa putih telur yang tawar bukan berarti miskin gizi, justru pada bagian inilah terdapat banyak zat yang dibutuhkan oleh tubuh. Zat apa sajakah itu?

1. Kalium

Putih telur mengandung senyawa bernama kalium. Senyawa ini bermanfaat untuk memadatkan dan menguatkan tulang.

2. Protein

Zat ini sangat populer di masyarakat luas. Ya, putih telur mengandung senyawa protein yang memiliki berbagai manfaat bagi tubuh kita. Mulai dari menjaga sel saraf hingga memberi energi tambahan pada tubuh.

3. Asam Amino

Putih telur juga mengandung senyawa pembentuk protein, asam amino. Senyawa asam amino ini memang tidak memberikan dampak apapun pada tubuh. Hanya saja apabila senyawa asam amino ini bercampur dengan protein yang terkandung pada putih telur, maka campuran tersebut akan berperan sebagai pembentuk otot. Itulah alasannya mengapa para binaragawan rajin mengonsumsi putih telur.

4. Lutein

Putih telur juga mengandung senyawa bernama lutein. Senyawa ini bermanfaat untuk memperbaiki sel-sel saraf yang rusak sehingga dapat membantu meningkatkan kemampuan koordinasi dan membantu menurunkan kadar stres pada seseorang.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa kandungan putih telur yang bermanfaat bagi kesehatan kita. Semoga dapat menghilangkan keraguan Anda untuk mengonsumsi telur, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.