Tips Membeli Telur Ayam


Telur ayam adalah salah satu makanan wajib bagi keluarga sehat. Ya, telur mengandung protein-protein tertentu yang tidak terkandung pada makanan jenis lain. Oleh karena itu, memasukkan telur ayam ke dalam daftar belaja bulanan Anda menjadi suatu hal yang wajib.
Namun, ketika berbelanja muncul sebuah pertanyaan baru,

“Bagaimana caranya memilih telur yang segar dan aman untuk dikonsumsi?

Mungkin sebagian dari kita cenderung menilai kesegaran telur dari kebersihan cangkangnya. Padahal, tidak selalu seperti itu. Kebersihan cangkang bisa jadi muncul akibat kelalaian petugas toko saat membersihkan telur.
Lantas, bagaimana cara memilih telur ayam yang benar? Berikut saya rangkum beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih telur ayam:

1. Cangkang

Perhatikan cangkang telur. Telur yang sehat memiliki ciri-ciri sebagai berikut:
  • Bersih;
  • Tidak Retak;
  • Berwarna Cerah;
  • Permukaannya Mulus.
Sedangkan telur yang tidak sehat cenderung berwarna gelap dan di permukaannya terdapat kotoran yang melekat dengan erat seperti noda pada tegel.

2. Uji Coba

Masih kurang yakin dengan kesegaran telur? Mari kita lakukan pengecekan. Ada beberapa cara untuk mengecek kesegaran telur, diantaranya:

  • Masukkan ke dalam Air

Telur yang segar, apabila dimasukkan ke dalam air maka telur tersebut akan tenggelam, sedangkan telur yang sudah tidak segar biasanya akan mengapung atau melayang.

  • Guncang

Guncangkan telur. Telur yang segar biasanya tidak akan mengeluarkan suara sedikitpun, sedangkan telur yang sudah tidak segar biasanya akan mengeluarkan suara seperti guncangan air.

  • Sorot dengan Lampu

Cobalah untuk menyorot telur ayam tersebut dengan lampu. Apabila ternyata telur tersebut terlihat cerah dan jernih, maka sudah dapat dipastikan bahwa telur tersebut masih segar dan aman untuk dikonsumsi. Sedangkan apabila telur terlihat gelap, berarti telur tersebut sudah tidak layak untuk dikonsumsi.

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips memilih telur ayam. Berhati-hatilah dalam membeli makanan yang akan Anda konsumsi, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.