Gravitasi tuh Apa Sih?


Ilustrasi newton dan gravitasi - sumber gambar: koleksi penulis
Oleh: Arief Rizqianto A

Sumber Inspirasi - Ketika kita sekolah dahulu, kita semua pernah mendengar istilah yang satu ini. Istilah ini muncul pada mata pelajaran fisika. Yap! Gravitasi. Namun, yang menjadi permasalahan adalah apa sebenarnya gravitasi itu? Mari kita ulas bersama.

Gravitasi adalah satu dari empat gaya fundamental di alam semesta ini. Gaya fundamental adalah interaksi antara materi yang tidak dapat lagi kita turunkan menjadi suatu yang lebih mendasar lagi.

Gaya gravitasi muncul dari massa suatu objek dan selalu menarik objek lain yang juga memiliki massa. Besarnya gaya ini berbanding lurus dengan massa kedua objek dan berbanding terbalik dengan kuadrat jarak antara kedua objek tersebut yang secara matematis dapat ditulis



Dengan m1 dan m2 adalah massa kedua objek dan r adalah jarak keduanya. G adalah suatu konstanta yang kita sebut dengan konstanta gravitasi. Nilainya selalu sama dimanapun kita berada yaitu


Apabila melihat persamaan berikut, artinya setiap objek yang bermassa pada prinsipnya memiliki gaya gravitasi. Kita semua memiliki gaya gravitasi. Benda – benda disekitar kita memiliki gravitasi. Lalu, apabila semuanya memiliki gravitasi, mengapa saya tidak dapat menarik suatu objek lainnya?

Jawabannya adalah karena besarnya gaya gravitasi yang timbul dari objek – objek disekitar kita sangat kecil. Tidak percaya? Silakan anda buktikan sendiri dengan memasukkan nilai massa benda yang akan anda cari gaya gravitasinya dan hitung jarak antara kedua bendanya.

Gaya gravitasi yang lemah inilah yang membuat kita tak dapat menarik objek – objek sekitar kita. Namun, hal sebaliknya justru terjadi pada bumi kita. Gaya gravitasi yang bumi hasilkan jauh lebih besar karena massa bumi cukup masif sehingga ia mampu menarik objek – objek lainnya termasuk kita ke pusat bumi. Itulah yang menyebabkan suatu benda jatuh pasti arahnya selalu ke bawah.

Fenomena gravitasi ini dapat dibaca oleh Sir Isaac Newton dengan “cerita apel jatuh”. Kemudian ia rumuskan persamaan gaya gravitasinya seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya dan masih kita gunakan sampai saat ini.

Intinya, tanpa gravitasi kita tak dapat melakukan kegiatan kita sehari – hari serta dapat mengacaukan alam semesta ini. Jadi, bersyukurlah :)

Sumber gambar:
Sumber:

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.