9 Tips Mengatur Uang untuk Mahasiswa (3)


 Baca artikel sebelumnya, Klik di sini



7. Bawa makanan dari rumah

Terdengar aneh? Tidak juga. Saya sendiri melakukan hal ini setiap hari. Saya membawa makanan dari rumah, lalu memakannya di kampus seusai ibadah shalat dhuhur. Alhasil, selain lebih hemat, ternyata membawa makanan dari rumah juga akan lebih terjamin mutu dan gizinya. Saya rasa tidak perlu malu, karena ini adalah trik penghematan yang cerdas. Cobalah!





8. Hindari hutang

Sebisa mungkin, jagalah kemampuan Anda menabung. Pastikan tabungan Anda tidak pernah krisis. Dengan begitu Anda tidak perlu berhutang. Mengapa berhutang itu tidak baik?  Karena berhutang justru membuat uang bulanan Anda habis di awal. (Kebiasaan  buruk mahasiswa, begitu mendapat uang di awal bulan, langsung digunakan untuk membayar hutang di sana sini). Hal itu akan membuat manajemen keuangan Anda berantakan dan membuat stres diri Anda sendiri.

9. Kelompokkan uang


Begitu mendapatkan uang, langsung kelompokkan uang tersebut. Tentukan uang yang akan digunakan untuk keperluan kuliah, mana yang akan ditabung, mana yang akan dipakai untuk jalan-jalan, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda meminimalisir porsi bersenang-senang yang akan memboroskan keuangan Anda sendiri.






Demikianlah artikel saya mengenai beberapa tips mengatur uang a la Sumber Inspirasi. Semoga bermanfaat bagi Anda, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.