Ayo, bergabunglah dengan Komunitas Sahabat Inspiratif di facebook. Klik di sini.

Efek Samping Tidur Siang



Artikel kali ini sungguh berbanding terbalik dengan artikel sebelumnya tentang manfaat dari tidur siang. Pada artikel sebelumnya saya terlalu terburu – buru browsing sehingga artikel tulisan saya menjadi tidak jelas. Nah, pada postingan kali ini saya mencoba sedikit santai.

Apakah yang akan saya jelaskan sekarang? Ya, sesuai dengan judulnya. Pada artikel kali ini saya akan menjelaskan apa saja efek samping dari tidur siang? Dan apa penyebabnya? Nah, mari kita bongkar faktanya :

1.Tidur Siang Membuat Kepala Pusing


Saya yakin, anda pasti pernah merasakan setelah bangun tidur siang lalu kepala anda terasa ngilu dan sakit sekali. Kenapa bisa begitu? Jelas saja, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih terkena cahaya matahari kan? Ya...meskipun sedikit, ternyata cahaya matahari ini sungguh berpengaruh pada kesehatan anda. Masih belum mengerti? Baik akan saya jelaskan lebih spesifik lagi.

Pakar kesehatan di seluruh dunia telah mengatakan bahwa pada saat tidur, seluruh indra kita tidak boleh menerima rangsangan. Apabila salah satu dari indera kita menerima rangsangan, maka otak kita tidak akan bisa rileks. Dalam arti saat bangun nanti otak anda tidak bisa fresh karena yang tidur hanyalah tubuh anda, otak anda masih bekerja sebagaimana mestinya. Sejauh ini mengerti?

Nah, pada saat tidur siang biasanya mata kita masih menerima rangsangan berupa cahaya kecil yang sedikit menembus kelopak mata. Dengan begitu, otak anda tidak bisa rileks. Nah, lantas apa hubungannya dengan kepala pusing?

Bayangkan saja tubuh anda dalam keadaan rileks sedangkan otak masih panas seperti sedang menghitung soal matematika. Tidak seimbang bukan? Nah, ketidakseimbangan ini membuat otak anda menerima respon yang berbeda dari segala arah. Otak akan bingung harus memberi respon rileks atau fokus. Oleh sebab itu secara otomatis kepala kita akan terasa sakit.

Tipsnya : tidur siang cukup 20 menit. Gunakan alarm dan segeralah bangun. Lalu sebisa mungkin tutup jendela kamar agar ruangan tidak terlalu terang. Setelah itu jangan sampai udara di ruangan anda terlalu panas atau terlalu dingin. Oh ya, jangan biarkan juga ruangan anda terlalu bising.

2. Tidur siang menyebabkan insomnia


Anda tahu insomnia kan? Ya, ketika anda tidur lalu terbangun pada tengah malam, dan ternyata anda tidak bisa tidur sampai pagi. Itu adalah penyakit yang cukup berbahaya. Kenapa? Ya itu berarti pola tidur anda tidak baik dan akan menimbulkan masalah kesehatan di kemudian hari. Salah satu penyebab dari penyakit ini adalah karena tidur siang. Jadi untuk beberapa orang tidur siang itu justru malah memperburuk kesehatan.

3. Tidur siang memperkecil volume otak


Kalau poin ini saya tidak bisa menjelaskan. Saya juga masih ragu – ragu apakah fakta ini benar adanya atau tidak.


Ok, setelah dipertimbangkan, apakah anda mau tidur siang? Semuanya terserah anda. Terimakasih, semoga bermanfaat  :)

15 komentar:

  1. Bisakah anda perinci, klo tidur siang itu memperkecil volume otak?
    Kok saya gk pernah denger ya?

    BalasHapus
  2. Seperti yang sudah saya katakan, saya masih 50:50 soal fakta tersebut. Ada yang mengatakan itu hanya mitos belaka, ada juga yang mengatakan memang benar volume otak dan daya ingat bisa menyusut. Mungkin saja itu karena otak jarang dipakai ( terlalu banyak tidur ). Sama seperti otot, ketika otot jarang dipakai ( banyak duduk, banyak santai ) maka volume otot akan menyusut kan?

    BalasHapus
  3. tapi banyak postifnya mnurut saya ?
    kunjungi balik http://silabusrppberkarakter.wordpress.com/?ref=spelling
    thankies :))

    BalasHapus
  4. @Pusat bahan ajar : ya memang, saya pernah menuliskan artikel tentang manfaat dari tidur siang http://sayogand.blogspot.com/2012/05/manfaat-tidur-siang.html , thanks :)

    BalasHapus
  5. oke terima kasih artikelnya bang

    BalasHapus
  6. stelah di fikir2, emang betul, saya setuju, selain itu, menurut saya tidur siang terlalu lama juga membuat waktu kita banyak terbuang...

    BalasHapus
  7. Tapi sob kalau hari" puasa aku sering tidur pagi dengan keadaan jendela buka ada cahaya matahari yang masuk malah gg pusing..
    Tapi justru kalo tidur gelap" kok malah pusing?? (dengan waktu yang sama)
    Mohon penjelasannya lebih detail sob..

    BalasHapus
  8. @Wedha Edo : Wah, justru harusnya tidur di ruangan gelap itu bikin tidur kita makin enak sob.. Konsultasi ke dokter aja deh biar ketauan langsung penyebabnya :)

    BalasHapus
  9. yeyeye alhamdulliah sob akhirnya kebiasaan buruk qw sudah mulai hilang..
    Tapi kalo malem jarang" sob soalnya adanya serangan nyamuk mendadak.. :D

    BalasHapus
  10. @wedha edo: Baguslah, nyamuk ternyata bermanfaat juga ya :D

    BalasHapus
  11. tapi yg sy alami hari ini pusing bagian kepala belakang stlh bangun siang, tapi kondisi saat itu sama skali tdk ada matahari dan diluar berkabut serta dingin tapi dikamar sy jg ga terlalu dingin dan ga terlalu panas. jadi penyebabnya apa ya?

    BalasHapus
  12. hm tambahan sy tadi tidur siang cuman 30 menit

    BalasHapus
  13. @Anonim: Coba perhatikan bantalan kepala yang Anda gunakan, barangkali terlalu keras untuk kepala belakang Anda. Atau mungkin itu adalah sakit kepala biasa. Saya sarankan konsultasikan ke dokter jika keadaan seperti itu mulai mengganggu aktivitas Anda :) Semoga membantu :)

    BalasHapus

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...