7 Penyebab Munculnya Sifat Pelupa



Sifat 'lupa' nampaknya sudah mulai menular dari orang dewasa menuju para remaja. Ya, dulu orang – orang yang pelupa adalah orang – orang yang sudah berumur lanjut usia. Tetapi sekarang, orang dewasa bahkan para remaja sudah mulai banyak yang menderita penyakit pelupa ini.

Beberapa orang mengaku frustasi harus menjalani hidup yang 'serba lupa' hingga harus melakukan banyak kesalahan. Apalagi para karyawan dan staff suatu perusahaan yang sudah memiliki kepercayaan dari atasannya. Nampaknya 'lupa' akan satu hal saja bisa menghilangkan kepercayaan.

Terbayang, begitu mindernya orang – orang yang pelupa ini jika harus dituntut dan dipaksa untuk tidak lupa. Padahal sifat lupa ini adalah penyakit otak. Jika seseorang yang memiliki sifat lupa selalu dipaksa untuk tidak lupa, maka biasanya orang itu akan mengalami depresi. Tentu saja hal itu berbahaya bagi kesehatan.

Nah, sebenarnya apakah yang menyebabkan seseorang jadi mudah lupa?

1. Konsumsi Ganja

Jelas saja, ganja bisa mengurangi daya ingat seseorang. Semakin sering seseorang mengkonsumsi ganja, semakin turun daya ingatnya. 

2. Usia

Saya rasa ini sudah pasti. Seiring bertambahnya usia, memori otak pun akan semakin turun. Biasanya penurunan memori otak tersebut dimulai dari usia 40 tahun.

3. Kurang Protein

Kinerja otak dapat dipengaruhi oleh jumlah protein yang dikonsumsi. Semakin sering anda mengkonsumsi sayuran, daging, dan buah – buahan yang kaya akan protein dan vitamin maka semakin baik juga kemampuan daya ingat anda.

4. Jenis Kelamin

Ternyata sifat pelupa ini pantasnya dialami laki – laki karena laki – laki memiliki otak yang jauh lebih tenang dibanding otak wanita. Jika anda seorang wanita namun anda memiliki sifat pelupa, jangan ragu untuk konsultasi ke dokter. Siapa tahu anda memang kurang mengkonsumsi makanan yang bergizi tinggi.

5. Kurang Olahraga

Salah satu penyebab orang menjadi pelupa adalah karena otaknya terlalu sering dalam keadaan tenang. Nah, penyebab dari otak yang selalu tenang adalah karena otak kekurangan oksigen. Maka dari itu, pastikan anda selalu minum 8 gelas air putih yang kaya akan oksigen setiap harinya. Dan jangan lupa untuk selalu berolahraga ditempat – tempat berudara segar untuk memastikan kadar oksigen pada otak anda cukup tinggi.

6. Malas Mencatat

Jika anda sadar bahwa anda termasuk orang yang mudah lupa, maka jangan malas untuk mencatat berbagai hal penting yang harus anda ingat. Saya sarankan anda membawa buku note kecil yang senantiasa anda bawa kemana – mana. Jika ada sesuatu yang penting, catatlah! Percayalah bahwa terkadang dengan menulis otak kita akan jauh lebih mudah mengingat sesuatu.

7. Tidak Fokus

Kemungkinan yang terakhir adalah anda jarang fokus. Mungkin saja anda mengerjakan suatu hal sembari mengerjakan pekerjaan yang lain sehingga anda tidak fokus pada satu pekerjaanpun. Biasakan untuk mengerjakan suatu hal secara terfokus tanpa harus memikirkan hal yang lain – lain. Niscaya dengan begitu kemampuan daya ingat otak anda akan meningkat.

 

Ya, itulah dia 7 penyebab munculnya sifat pelupa. Pada artikel berikutnya saya akan berbagi tentang bagaimana caranya mengurangi sifat pelupa. Semoga bermanfaat, Salam Sahabat Inspiratif!

4 comments:

  1. stress bisa salah satu penyebabnya,,,saya arasakan itu..:'(

    ReplyDelete
  2. @Obat Herbal Untuk Penyakit Hipertiroid: ya, saya juga merasakannya :) Salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. gak bisa ingat nama seseorang , susah mengingat itu juga pengaruhnya ?

    ReplyDelete
  4. @Desi Sualis: Gak bisa atau sulit? Kalau ga bisa sama sekali, berarti ada gangguan psikologis yang harus segera ditangani. Kalau susah mengingat, berarti memang pengaruhnya adalah 7 poin di atas. Silakan hubungi psikiater supaya mendapatkan penjelasan yang lebih rinci mengenai keluhan Anda :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.