Tips Menghindari Kecelakaan Air



Anda tahu kecelakaan air? Kecelakaan air yang saya maksud bukanlah kejadian tabrakan di dalam air, tetapi kecelakaan air disini maksudnya adalah tenggelam. Banyak orang yang sering mengalami kecelakaan air, padahal jika kita perhatikan kecelakaan air seringan apapun tetap saja berisiko hilangnya nyawa. Anda boleh bermain – main dengan kerabat Anda saat berenang, namun tetap saja Anda harus tahu batasan – batasan dalam bermain di dalam air. Siapa tahu akan terjadi kecelakaan air yang merenggut nyawa.

Nah, sebelum kecelakaan air tersebut terjadi alangkah baiknya Anda mengetahui beberapa tips mencegah kecelakaan air :

1. Lakukan Peregangan

Salah satu penyebab terjadinya kecelakaan air adalah karena kaki keram. Mungkin saja seseorang sedang berenang di kolam yang dalam namun tiba – tiba kakinya keram dan tidak bisa digerakkan sama sekali. Mungkin saja kemudian orang tersebut tenggelam lalu meninggal dunia karena kehabisan nafas.

2. Ukur Kemampuan Anda

Ukurlah kemampuan Anda. Jika Anda tidak begitu pandai berenang, maka pilihlah kolam yang dangkal. Namun jika anda mampu berenang dengan baik ya silakan anda pilih kolam yang mana saja.

3. Jangan Lupa Makan

Keram perut juga salah satu penyebab kecelakaan air dimana korban akan merasakan rasa keram campur nyeri di bagian perut hingga tubuhnya tidak mampu digerakkan. Untuk mencegah terjadinya keram perut diantaranya adalah dengan melakukan peregangan pada pinggang sebelum Anda masuk ke dalam air dan jangan lupa ... makanlah makanan apapun sebelum Anda berenang. Yang jelas pencernaan anda tidak boleh dalam keadaan kosong saat berenang untuk mencegah terjadinya keram perut.

4. Belajar Cara Menyelamatkan Orang Lain

Jika anda pandai berenang, apa salahnya jika anda belajar bagaimana caranya menyelamatkan orang lain yang mengalami kecelakaan air? Setidaknya Anda harus mampu menolong orang yang tenggelam. Yah ... lumayanlah orang – orang juga akan berpendapat bahwa Anda adalah seseorang yang berjiwa heroik :)

5. Jangan Sendirian

Jika anda merasa anda belum pandai berenang, maka jangan pernah berenang sendirian. Mintalah rekan anda yang pandai berenang untuk mengawasi anda. Siapa tahu tiba – tiba anda tenggelam, setidaknya nyawa Anda dapat terselamatkan.

 

Demikianlah artikel saya kali ini, mudah – mudahan bermanfaat bagi orang – orang yang sering mengalami kecelakaan air. Salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.