Apa Bedanya Pintar dengan Cerdas?



Kebanyakan dari kita beranggapan bahwa pintar dan cerdas adalah 2 kata yang memiliki arti yang sama. Pintar itu cerdas, cerdas itu pintar. Bukankah begitu?

Namun sebenarnya definisi pintar dan cerdas itu berbeda. Bahkan saya rasa arti kedua kata ini sungguh berjauhan. Pintar ya pintar, cerdas ya cerdas.

Pintar

Pintar adalah sebutan untuk orang yang teratur dan disiplin sehingga ia selalu mampu mengerjakan apa yang diperintahkan. Orang pintar selalu melakukan segala sesuatunya dengan baik dan mampu mencerna apapun dengan sempurna. Pintar itu bisa dicari. Misalkan sekarang Anda tidak pintar, tetapi jika Anda disiplin mengejar cita – cita dan mau bekerja keras saya jamin Anda mampu menjadi orang pintar.

Cerdas

Cerdas adalah sebutan untuk orang yang tidak terlalu teratur dan tidak terlalu disiplin tetapi ia selalu mampu mengerjakan apa yang diperintahkan dengan baik. Orang cerdas mampu mencerna segala sesuatunya dengan sempurna. Cerdas biasanya merupakan faktor turunan dan tidak bisa dicari. Orang cerdas suka bermain dan bermalas - malasan, tetapi anehnya kemampuan mereka di berbagai bidang tidak diragukan lagi. Mereka tahu kapan harus santai dan kapan harus menunjukkan kepintaran mereka. Secara emosionalpun orang cerdas jauh lebih baik ketimbang orang pintar.

 

Nah, begitulah pembahasan singkat kita mengenai pintar dan cerdas. Apakah anda termasuk orang yang pintar? Atau orang cerdas?

10 komentar:

  1. kurang jelas gan.. Bisa di panjangin lagi penjelasannya :)

    BalasHapus
  2. @Muhammad Nafarin: Ya jadi intinya pintar sama cerdas itu sama aja. Cuma bedanya, cerdas muncul dari gen, kalau pintar bukan dari gen :) Kalau masih kurang jelas nanti saya panjangkan lagi artikelnya :D

    BalasHapus
  3. Maksudnya pintar lebih merujuk pada banyaknya ilmu pengetahuan yang diperoleh, taat peraturan, etika sosial. Bisa dibilang orang yang pintar adalah orang yang terpelajar. Juga biasanya orang2 pintar ini nilai2 pelajaran sekolahnya baik baik. Sedangkan orang yang cerdas kadang kadang terlihat lugu, bahkan pengetahuan umumnya kurang karena dia cuek tapi kalau disuruh berpikir abstrak, analogi kata2, pandai menghitung, tahu arah / peta, dll dia unggul. Orang yang cerdas ini bisa diidentifikasi dari tes IQ. Beberapa orang cerdas ini secara akademis hasilnya tak baik / biasa biasa saja. Tak menonjol dibanding teman2nya tapi pas ikut psikotes IQ hasilnya diatas rata rata.

    BalasHapus
  4. @Anonim: Ya, benar sekali :)

    BalasHapus
  5. ane cerdas jd udh langsung tau maksud ente (y) :p

    BalasHapus
  6. @Anonim: Hehe.. sip deh, salam kenal :)

    BalasHapus
  7. pintar berbakat rajin modal untuk sukses mksih infonya gan

    www.maszhiday.blogspot.com

    BalasHapus
  8. wkwkwkwkw berarti udah jelas buat sih muhammad , ia termasuk golongan cerdas ato pintar, wkwkwkwkwk masuk golongan longor

    BalasHapus
  9. @Maskhur Hidayat : masak seh wkwkwkwkw

    BalasHapus
  10. SUper HOT.
    http://ngeklik.com/?id=aires

    BalasHapus

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...