10 Efek Samping dari Kurang Tidur




Beberapa waktu lalu saya pernah menulis artikel tentang dampak negatif begadang. Ya, pada post kali ini topiknya tidak begitu jauh dari artikel tersebut, hanya saja pembahasannya lebih mendalam.

Ahli kesehatan berkata bahwa manusia butuh istirahat selama 8 jam. Kurang dari itu, maka seseorang dapat dikatakan kurang tidur.

Seolah terdengar biasa saja, padahal kurang tidur ini dapat berakibat fatal pada kesehatan Anda. Berbagai penyakit akan mengintai Anda jika Anda kurang istirahat, diantaranya:

1. Depresi

Orang yang kurang tidur maka konsentrasinya akan menurun. Hal ini menyebabkan otak seseorang menjadi lebih mudah penat dan kesulitan menyelesaikan masalah. Berhati-hatilah..

2. Diabetes

Saya juga baru tahu, ternyata ketika kita tertidur terjadi penurunan kadar gula dalam darah. Maka ketika kita kurang tidur kadar gula dalam darah kita akan meningkat. Kadar gula dalam darah yang tinggi akan memicu timbulnya penyakit diabetes melitus.

3. Pelupa

Tidak hanya menyerang konsentrasi Anda, ternyata kurang tidur juga menyerang kemampuan daya ingat Anda. Para ahli tidur mengatakan kurang tidur dapat menurunkan daya ingat seseorang hingga kurang lebih 15 %

4. Kanker Payudara

Tentunya poin yang satu ini berlaku pada wanita. Wanita yang tidur kurang dari 6 jam akan meningkatkan risiko terserang kanker payudara.

5. Mengurangi Fungsi Pembuluh Darah

Terdengar sepele? Baik, akan saya jelaskan.

Pembuluh darah memiliki fungsi untuk mengangkut oksigen ke organ-organ tubuh dan mengangkut karbondioksida (berupa HCO3) ke paru-paru.

Ketika kita kurang tidur, maka detak jantung akan cenderung lambat, ini artinya pengangkutan oksigen dan karbondioksida ini juga akan menjadi lebih lambat. Padahal, tubuh sangat membutuhkan oksigen untuk dapat bekerja dengan optimal.

Tidak hanya organ tubuh saja, otak pun membutuhkan asupan oksigen agar bisa konsentrasi. Jika pengangkutan oksigen dari paru-paru ke otak berlangsung lambat, maka otak akan kekurangan oksigen.

Kekurangan oksigen pada otak menyebabkan Anda menguap, tujuannya untuk mengambil oksigen dari udara sebanyak mungkin. Tapi jika otak masih saja kekurangan oksigen, maka otak akan memerintahkan seluruh organ tubuh untuk mengurangi kinerjanya. Jika hal ini terjadi, maka Anda akan mudah lelah dan mengantuk. Ujung-ujungnya Anda akan banyak tidur dan tidak fokus bekerja.

6. Stroke

Tidur malam kurang dari 6 jam dapat menaikkan tekanan darah Anda. Itu artinya, semakin sering Anda begadang dan kurang tidur, maka semakin besar pula kemungkinan Anda terkena stroke.

7.Kulit Kusam

Tadinya saya kurang percaya poin yang satu ini. Tetapi setelah mendengar kepastian dari ahli kesehatan, kini saya percaya. Kurang tidur juga ternyata dapat menyebabkan kulit Anda menjadi lebih kusam.

8. Menurunkan Kekebalan Tubuh

Pada saat tidur, tubuh membentuk antibodi (kekebalan tubuh) sekaligus memperbaiki sel-sel yang rusak. Jika Anda kurang tidur, maka otomatis kadar antibodi dalam tubuh Anda pun sedikit. Hal ini menyebabkan Anda mudah terserang berbagai penyakit.

9. Obesitas

Seperti yang sudah saya jelaskan di poin nomor 5, ketika seseorang kurang tidur, maka metabolisme orang tersebut pun akan menurun. Akibatnya, orang tersebut akan cepat gemuk.

10. Sakit Jantung

Ternyata selain berpengaruh pada tekanan darah, kurang tidur juga berpengaruh terhadap kesehatan jantung Anda. Penyakit jantung semakin terpicu apabila Anda tidur kurang dari 7 jam dalam sehari.

 

Demikianlah artikel saya kali ini, agak panjang tapi ya mudah-mudahan penjelasan saya kali ini tidak sia-sia ... hehe semoga tulisan ini bermanfaat bagi Anda ... Salam Sahabat Inspiratif!

1 komentar:

  1. jgn sampe kurang tidur, mesti seimbang antara kerja & istirahat

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.