Ayo, bergabunglah dengan Komunitas Sahabat Inspiratif di facebook. Klik di sini.

Efek Samping dari Begadang



Halo sahabat inspiratif! Sudah sangat lama saya tidak posting disini untuk menyapa sahabat sekalian dikarenakan kesibukan saya akhir akhir ini. Yah...harap maklum lah.

Postingan kali ini saya terinspirasi oleh lagu legendaris dari Rhoma Irama. Yup, begadang! Begadang adalah hobi yang sudah biasa dilakukan anak muda. Bisa saja karena pacar atau mungkin karena tugas yang belum terselesaikan. Dan anehnya, sebagian besar dari mereka merasa kalau begadang itu tidak apa – apa kalau ada perlunya. Padahal itu sangat salah.

Yang namanya kesehatan tidak bisa tergantikan oleh apapun. Kita harus belajar untuk menjaga kesehatan kita agar tetap sehat dan semangat menjalani aktivitas. Salah satu kegiatan yang dapat merusak kesehatan kita adalah begadang. 

Seperti apakah efek samping dari begadang? Sewaktu muda tidak akan terasa apa – apa, tetapi setelah tua, barulah akan menyesal. Maka dari itu kali ini saya akan berbagi sedikit ilmu tentang bahaya begadang. Langsung saja kita cek :

1.Mengurangi Konsentrasi


Konsentrasi anda akan terus menerus berkurang secara perlahan. Apakah ini masalah? Tentu saja. Dengan begitu maka produktivitas anda akan berkurang terus. Padahal seharusnya anda sadar kalau anda masih sangat muda dan masih mampu untuk bekerja keras.

2. Mudah Terserang Penyakit


Percayakah anda? Tim medis di seluruh dunia sudah berani membuktikan kalau begadang bisa membunuh sel antibodi. Dengan begitu tubuh anda tidak akan memiliki penangkal virus. Bersamaan dengan itu, maka anda akan sangat mudah terkena penyakit apapun.

3. Cepat Tua


Anda akan terlihat lesu di segala kondisi. Akibatnya anda jadi tidak energik lagi. Dengan begitu akan banyak orang yang menilai anda sudah tua.

4. Mudah Stress


Masih berhubungan dengan nomor 3, anda akan mudah stress. Anda akan sering merasakan beratnya beban hidup ini. Dengan banyak begadang, maka otak anda akan sulit ‘fresh’.

5. Gemuk


Malam hari merupakan waktu dimana sistem pencernaan bisa mencerna ‘lebih’ dibanding siang hari. Anda yang terbiasa begadang, biasanya tidak akan lepas dari makanan ringan. Padahal makanan seringan apapun bisa membuat anda gemuk. Percayalah!


Ok, hanya sekian yang saya tahu tentang kerugian begadang. Semoga bermanfaat ya, salam sahabat inspiratif!

6 komentar:

  1. @Genta Nur Alam : Mi goreng ... hehe :D

    BalasHapus
  2. tapi aq hampir setiap hari begaang gak dah efek nya tuuh.......apa efek nya nungu tua

    BalasHapus
  3. @Anonim : Ya mungkin nanti setelah beberapa tahun baru terasa efeknya :)

    BalasHapus
  4. artikelnya keren. hanya sekedar menambahi, begadang memang banyak efek buruknya seperti menyebabkan beberapa penyakit. tapi jika kita diharuskan begadang karena pekerjaan seperti ngeblog misalnya yang lebih sering dilakukan pada malam hari maka kita bisa menerapkan tips begadang sehat dengan tidak terlalu berlebihan mengonsumsi kopi dan minuman energi

    BalasHapus
  5. @Alami Ilmiah: Yap, terimakasih tambahannya :) Salam kenal :)

    BalasHapus

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...