Cara Membuat Hyperlink di PowerPoint



Mungkin masih ada yang belum tahu apa itu hyperlink. Hiperlink adalah acuan untuk menghubungkan file yang satu dengan yang lainnya. Pada Microsoft Office PowerPoint, fitur ini berguna untuk memudahkan kita menghubungkan sebuah slide ke file presentasi lain. Masih belum jelas? Baik, alangkah baiknya kita langsung praktekkan agar Anda paham apa itu hyperlink:

 1. Hal utama yang harus kita siapkan adalah tombol hyperlink. Tidak hanya teks saja, tombol hyperlink dapat berupa "shape" ataupun foto. Semua terserah Anda, hanya saja pada artikel kali ini saya menggunakan teks saja.


2. Sebagai contoh, saya ingin mengubah teks "Selanjutnya>>" menjadi tombol yang menghubungkan saya ke slide berikutnya.


3. Mudah saja. Sorot teks "Selanjutnya>>" tersebut, lalu klik kanan dan pilih hyperlink.



4. Akan keluar jendela baru bernama "Hyperlink". Cari direktori yang dituju dan pilih file yang ingin Anda hubungkan dengan slide di file presentasi pertama Anda.

 

5. Jika sudah, klik OK.

 

6. Selesai. Anda bisa coba slide show presentasi pertama Anda. Perhatikan, teks "Selanjutnya>>" telah berubah menjadi berwarna biru dan bergaris bawah.


7. Klik teks tersebut. Anda akan berpindah ke file presentasi berikutnya.

 

Akan tetapi, masalah baru akan muncul. Bagaimana jika kita ingin menghubungan sebuah slide di presentasi pertama ke slide ke-3 di file presentasi kedua? Mudah saja ...

 

1. Kembali, saya ambil contoh teks "Selanjutnya>>".

 

2. Sorot teks tersebut. Lalu pilih tab "Insert", kemudian klik "Action".


3. Akan muncul jendela baru dengan nama "Action Setting". Pilih "Hyperlink to", lalu pada combo boxnya pilih "Other PowerPoint Presentation"


4. Akan muncul jendela baru bernama "Hyperlink to Other PowerPoint Presentation". Pilih File presentasi yang Anda tuju, lalu klik OK.

5. Akan muncul jendela baru lagi bernama "Hyperlink to slide". Pilih slide yang ingin Anda hubungkan dengan file presentasi pertama tersebut. Sebagai contoh saya menghubungkannya dengan slide ke-3. Klik OK.

6. Klik OK lagi.

7. Selesai. Kini Anda telah berhasil membuat sebuah tombol yang menghubungkan sebuah slide di file presentasi pertama dengan slide ke-3 dari file presentasi kedua.


 

Demikian artikel saya kali ini. Mohon maaf jika screenshotnya kurang banyak dikarenakan file gambar di server saya sudah cukup penuh :)

O ya, jika ada pertanyaan atau kritikan Anda dapat mengutarakannya di kolom komentar. Semoga bermanfaat!

2 komentar:

  1. Gan, bisa kasih tau cara buat power point yang isinya lagu + lirik nya ga gan?
    maksudnya jadi kaya yang buat karaokean itu gan.
    Reply please. ._.

    ReplyDelete
  2. @Anonim: Kalau mau bikin video buat karaokean gitu sih jangan pake power point, pake video editor aja :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.