Tips Menghadapi Orang yang Membenci Anda



Jika ada orang yang menyukai Anda, pasti akan ada orang yang membenci Anda. Meskipun sedikit. Nah, yang jadi masalah adalah bagaimana caranya berhadapan dengan orang yang kita tahu bahwa orang tersebut membenci kita? Apakah kita harus memaksanya untuk berhenti membenci kita? Tidak bisa..

Baik, jika Anda tidak tahu, saya akan berikan langkah-langkah jitu menghadapi orang yang membenci Anda.

Langkah pertama:

Jauhi orang tersebut. Ada orang yang berkata bahwa salah satu cara menghadapi orang yang membenci kita adalah dengan cara mendekati orang tersebut secara terus menerus. Sesungguhnya itu SALAH.

Anggap saja Anda membenci si A. Kebencian tersebut ternyata tertanam di otak Anda sehingga ketika si A mendekati Anda, otak Anda akan menolaknya. Efeknya, Anda akan merasakan sesuatu yang tidak nyaman. Jika si A semakin mendekati Anda, maka semakin besar pula rasa tidak nyaman yang muncul pada Anda. Nah, hal tersebut akan terjadi pula pada orang yang membenci Anda. Mereka justru akan semakin membenci Anda jika Anda terus berusaha mendekatinya. Maka langkah pertama yang saya sarankan pada Anda adalah jauhi dulu orang tersebut.

Langkah kedua:


Pada tahap ini usahakan agar Anda tidak menjumpai orang yang membenci Anda itu. Mengapa? Begini penjelasannya..

Masih sama dengan langkah pertama. Anggap Anda membenci si A. Ketika Anda tidak berjumpa / melihat si A, maka secara otomatis otak Anda akan menganggap memori kebencian itu sudah tidak dipakai lagi dan mulai dihapus. Semakin lama Anda tidak berjumpa dengan si A, maka otak Anda akan menganggap bahwa memori kebencian tersebut sudah tidak dibutuhkan sama sekali sehingga otak akan menghapusnya secara total. Nah, hal ini juga berlaku pada orang yang membenci Anda itu.

Langkah ketiga:

Introspeksi diri Anda. Cari tahu apa penyebab orang tersebut membenci Anda. Apakah ada yang salah dengan penampilan Anda? Apa karena kepribadian Anda dinilai buruk olehnya? Jika memang ada yang salah dengan Anda maka cobalah untuk perbaiki.

Langkah keempat:

Inilah tahap dimana Anda mulai mendekati orang itu lagi. Masalah waktu yang tepat ... Anda bisa kira-kira sendiri. Terlalu cepat salah, terlalu lama juga salah. Dekatilah orang tersebut dengan pribadi Anda yang baru, pribadi Anda yang menyenangkan dan sesuai dengan kriteria yang orang itu inginkan.

 

Hanya sekian tips yang bisa saya berikan untuk menghadapi orang yang membenci diri kita. Semoga bermanfaat!

14 komentar:

  1. gue punya masalah sama tmn sekampus dan itu sebangku pula , grgr gw salah keceplosan ngmg ke dy sampai skrg dy membenci gw , tp dy tdk sadar kalau banyak kata2 yg menyinggung gw tapi gw tdk pernah memperpanjang .. gw dah bingung banget cara nyikapin orang seperti itu , dan dia jg seolah2 mengajak yg lain membenci gw lwt sosial media..

    tlg share nasehat dan petuah nya yaa , 089688503811

    ReplyDelete
  2. @anyun aku: Kalau berani, ajak bicara dan langsung minta maaf. Orang itu belum tentu mau memaafkan Anda, tapi setidaknya Anda sudah berupaya. Kalau orang itu masih saja memusuhi Anda, bersabarlah. Do'akan yang baik-baik, Tuhan pasti akan memberikan jalan untuk hubungan kalian yang penting Anda sudah berusaha.

    Mohon maaf saya tidak bisa memberi nasihat via SMS, kebetulan ga ada pulsa :D

    Kalau masih ada yang ingin ditanyakan, boleh hubungi saya via twitter (@sayogand) atau via email (sayogand[at]gmail.co.id) :)

    ReplyDelete
  3. Saya juga punya masalah. wktu d fb ada seorg guru yg mengatakan klo uas kali ini unggulan apa bedanya dengan reguler pada nyontek semua. nah, ada seorang cwe yg koment d status itu bgini : alhamdullilah, sya mah jujur buu !. Trus saya koment ke dia : JUJUR, apanya tuh , km aja masih nyontek ! . Trus dia pke nyindir sgala lagi lewat fb d status yg gk berguna itu. Dia ngrasa pas dia d sekolah dia d jauhin sma tmn tmn nya krn dia org nya berbulu domba. dia ngadu ke guru , tntang masalah d fb gara gara gue. trus y udah gue lanjut aja, cuma maafan ini kok. Trus dia benci ama guee krn disangkanya gue menghasut tmn tmn supaya jauhin gue. Padahal kan gue gk begitu, tmn nya aja yg gk suka sama cewe tersebut. gmna nih solusi nyaa agar nama gue gk tercemar ?

    ReplyDelete
  4. temen aku suka sama adek kelas. Tapi adek kelasnya tuh malah sering ngeliatin aku.Dan dia malah cuek sama temen sekelas aku tuh. Aku gak tau kenapa adek kelas itu ngeliatin aku,padahal aku gak kenal. Dan beberapa hari kemudian temen sekelas aku tuh marah sama aku.Padahal aku gak tau apa salahku.Aku udah coba minta maaf,tapi dianya cuma diem aja... Menurut anda ,aku harus bagaimana ?? Apa yang harus aku lalukan pada adek kelas & temen sekelas ku ini ?? Apakakah adek kelas tuh malah suka sama aku ??? jika anda bisa memberikan solusi ,hubungi saya via twitter( @AnggrainiGraini ) atau via email ( graini_anggraini@yahoo.co.id ) ...Makasih...

    ReplyDelete
  5. @Hafidh Hibatullah: Kalau kita gak bersalah, kita gak perlu takut nama kita bakal tercemar. Well ... terlalu panjang kalo harus ngobrol di sini. Ada alamat email yang bisa saya hubungi? :)

    ReplyDelete
  6. cuma gara-gara study tour gak pakai jilbab , terus aku dekat sama salah satu guru di sekolahku tiba-tiba semua guru di sekolah ku benci sama aku , dengan alasan kalau aku di sekolah pakai jilbab di tambah lagi statusku di sekolah sebagai ketua osis .. #kalau mau ngasih solusi hubungi saya aja di nomor ini 087833244714

    ReplyDelete
  7. @Anggraini Novelist: Saya saranin abaikan aja. Anggep gak ada masalah apapun antara kalian. Lama kelamaan, dia juga bakal cape sendiri. Dan akhirnya ... masalah terlupakan oleh semua pihak :)

    @siti afifah: Kenapa dibenci? Pakai jilbab kan bagus..

    ReplyDelete
  8. ada yang benci sama gw krna menurut dia gw salah ngomong, padahal setelah gw coba liatin bbm gw k'tmen" yang lain, katanya biasa aja... cuma ada satu tmen yg bilang krna gw nulis nma dy d'bbm... kebetulan nma yg gw sebutin lagi problem sma dia.. pdhl gw kan niatnya ngasih tau kalo pergi sama si X, kalo dia ikutan trus si X ketemu sama dia, ntar malah makin kacau... malemnya dia ngejelekin gw lwat status bmm lah sma sosmed yg lain, tapi dianya masih manis" dpan gw... iwwww banget kan.. trus ada temen gw yang lain cerita, kalo yg benci sama gw tu bilang kalo gw tu gak nurutin apa yang dia mau.. yaiyalah gw emosi, dia juga gak bilang maunya apa... ckckckckck... dia nganggep gw temen tersayang dan sahabatnya...helloowwww..... apaapaan temen kok gitu yaa... jelekin gwnya nambah min, gw dijelekin kemana"... yaudah gw ngambil kesimpulan sendiri.... dia dulu temenan sama gw karena ada problem sama temennya, dan sekarang dia cauu dari gw karena bermasalah sama gw.... jadi gw biasa aja sekarang, malahan lega... banyak" bersyukur... uda dijauhin dari orang yang selalu ngerasa dirinya bener :)

    ReplyDelete
  9. ada yang benci sama aku, cuma gara2 aku pandai bergaul sama temen2 dan guru2 aku, awalnya kami baik2 aja. tapi tiba2 dia gangguin aku dengan nyoret2 kata2 gak pantas dimeja aku,juga dipapan tulis. sekarang gak tau kenapa temen2 aku banyak yang menjauh. oh iya yang benci sama aku ini cowok. mohon nasehatnya

    ReplyDelete
  10. @VeraBell Noa: Halo Vera,

    Hmm.. menurut kakak, kamu cuma punya 2 pilihan:

    - Tanggepin dengan cara ngomong langsung kalo kamu ngerasa gak nyaman kalo diganggu terus

    - Abaikan

    Yap, kalo diabaikan, orang juga bakal berenti ngeganggu kita :)

    Kalau masih ada yang mau ditanyain, kirim aja email ke sayogand[at]gmail.com

    ReplyDelete
  11. kalo permasalahan saya kak, saya tidak mungkin menjauhi orang tersebut, karena orang itu adalah guru saya sendiri. saya akan ketemu dia pada pelajaran lintas minat dan walaupun jika nilai lintas minat saya itu tidak tuntas pada rapot, saya masih bisa naik kelas. Hanya saja tidak mungkin kan kalo saya tidak pernah masuk pelajaran tersebut dalam waktu 1 semester. yang ada saya dikeluarkan dari sekolah.

    ReplyDelete
  12. @Bezaleel: Halo Bezaleel, solusinya nanti akan saya balas di artikel tersendiri ya :) Kalau butuh kontak saya silakan hubungi sayogand@gmail.com atau @sayogand (twitter) :)

    ReplyDelete
  13. Assalamualaikum ka, saya ingin solusi biar hati saya juga tenang.
    Sudah hampir 1thn saya ga akur sama tmn. Dia itu benci sekali sama saya, saya ga tau apa penyebab dia membenci saua. Nah pada suatu hari saya tanya sama dia dan dia menjawab karna dia iri jika nilai pelajaran saya lebih tinggi dari dia. Padahal cuma bberapa pelajaran aja tapi peringkat kelas ttep dia yang paling besar dari saya. Nah waktu itu saya tidak bisa mengendalikan emosi saya, dan saya sepontan langsung menya itu beteriak sambil menangis di hadapan tmen2. Nah saya dibawa keguru dia ngaku bahwa dia emng iri. Dan dia pin minta maaf tapi stelah itu dia ttep benci sama saya, dia selalu mengajaktmn2 yang lainnya agar ikut mengejek2 saya. Saya hanya diam sambil menahan tangisan. Saat ini saya jadi pendiam dan semua temen2 saya jadi agak menjauh dan ikut2menghina saya. Saya ga kuat atas kondisi ini, saya terus kepikiran . Lantas saya harus bagaimana? Saya ingin mengakhiri semuanya saya sudah terlalu sakit. Tolong sarannya bisa lewat whatsapp 082240882580 atau email saya nisaroslianti23@gmail.com . Terima kasih

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.