Tips Menghadapi Orang yang Suka Menghina



Orang-orang yang berada di sekitar kita memiliki tempramen yang berbeda-beda. Ada yang mudah tertawa, ada yang cengeng, ada yang pemarah, dan masih banyak lagi. Jika Anda ingin menjadi sosok yang bijaksana, maka Anda harus memiliki kemampuan untuk menghadapi orang-orang dengan tempramen yang berbeda tersebut.

Memang, Anda sendiri pun sebenarnya punya tempramen yang harus Anda kendalikan. Tetapi pada artikel kali ini saya tidak ingin terfokus pada hal itu. Untuk kali ini saya akan membahas bagaimana caranya menghadapi sifat orang yang suka memancing kemarahan orang lain dengan cara menghina.

Hinaan memang acapkali menjadi "sumbu" kemarahan pada diri Anda. Apalagi kalau hinaannya sudah melebihi batas wajar. Mungkin saja Anda akan memainkan kekerasan pada orang yang menghina Anda tersebut.

Tetapi sebenarnya ada beberapa cara menghadapi orang-orang yang suka menghina tanpa harus melakukan kekerasan. Berikut beberapa tips menghadapi orang yang suka menghina.

1. Tersenyum

Jika Anda dihina tersenyumlah. Tapi ingat, bukan senyuman berlebih yang membuat orang lain jijik. Tetapi senyuman sederhana yang menggambarkan ketulusan hati Anda menerima hinaan tersebut.

2. Diam

Cara yang kedua yaitu dengan diam. Ya, saya rasa ini adalah cara paling sederhana untuk menghadapi orang-orang yang suka menghina Anda. Diamlah, lalu pergi menjauhi si penghina. Dan ingat, Anda harus memasang wajah tenang seolah tidak terjadi apa-apa. Dengan cara seperti ini orang yang menghina Anda akan merasa bersalah secara perlahan.

3. Introspeksi Diri

Hinaan bisa jadi sebuah kritikan kasar yang membangun. Silakan introspeksi diri Anda sendiri. Jika ada orang yang menghina Anda egois, berarti orang tersebut sebenarnya mengkritik Anda agar tidak egois. Maka kedepannya Anda harus jadi orang yang tidak egois lagi. Jangan selalu menyalahkan orang lain, terkadang Anda harus memeriksa diri sendiri dulu, siapa tahu ternyata Anda lah yang salah.

4. Nasihati

Jika Anda sudah melempar senyum, diam, dan introspeksi diri tetapi ternyata orang tersebut masih menghina Anda, maka ajak orang itu bicara. Katakan saja bahwa Anda tidak nyaman jika dihina terus-terusan. Siapa tahu orang tersebut akan sadar bahwa ia telah melakukan sebuah kesalahan.

5. Berdoa

Sesudah melaksanakan keempat poin diatas, alangkah baiknya Anda berdoa agar orang tersebut diampuni dosanya dan mau berhenti menghina orang lain lagi.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips menghadapi orang yang suka menghina. Mudah-mudahan bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

4 comments:

  1. thank u gan, sangat bijaksana ! saya juga pnya blog gan, kunjungi ya di n14ncyber.wordpress.com, sekalian tuker link heheh :D

    ReplyDelete
  2. @n14ncyber: Thanks :) Oke, salam kenal :)

    ReplyDelete
  3. @m.syukron makmun: Sama-sama, salam kenal :)

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.