5 Manfaat Mendengarkan Musik





Saya yakin pasti banyak sekali Sahabat Inspiratif yang doyan mendengarkan musik. Entah itu ketika di perjalanan, di tempat umum, atau mungkin ketika sedang membaca artikel di blog Sumber Inspirasi :D

Mendengarkan musik memang sangat menyenangkan. Tidak sedikit orang yang rela mengeluarkan uang berjuta-juta hanya untuk membeli gadget musik yang output audionya berkualitas tinggi.

Lantas apakah mendengarkan musik itu ada manfaatnya? Tentu, ada beberapa manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita mendengarkan musik, diantaranya:

1. Mengusir Sepi

Tentu saja, mendengarkan musik akan mengubah suasana hati Anda menjadi ramai dengan nada-nada sehingga Anda tidak akan merasa kesepian. Keadaan ini dapat membuat Anda lebih percaya diri dalam melakukan berbagai hal.

2. Memperbaiki Suasana Hati

Mendengarkan musik juga membuat Anda sulit untuk melamun. Anda akan sulit untuk merenungi masa lalu, justru Anda akan fokus pada keadaan saat ini. Itu artinya, dengan mendengarkan lagu, maka Anda akan lebih sulit merasa 'galau'.

3. Meningkatkan Kecerdasan Mental

Kecerdasan mental atau emotional quote adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan. Seseorang yang memiliki emotional quote yang baik memiliki kemampuan pengelolaan emosi yang baik. Akibatnya, orang tersebut akan menghadapi hidup ini dengan penuh warna dan kebahagiaan. Lantas apa yang dapat meningkatkan kecerdasan mental? Tentunya ada banyak faktor. Dan ternyata salah satunya adalah mendengarkan musik.

4. Meningkatkan Fokus

Seperti yang saya singgung pada poin nomor 2, mendengarkan alunan musik dapat membuat Anda sulit melamun. Akibatnya, Anda akan fokus pada keadaan saat ini. Jika mendengarkan musik sudah menjadi kebiasaan, maka otak kita pun akan terbiasa untuk fokus pada keadaan saat ini.

5. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Fakta yang satu ini saya dapatkan dari salah satu buku kesehatan. Jujur, saya agak bingung dengan alasannya. Tetapi yang jelas memang sudah ada penelitian tentang hubungan antara musik dengan kesehatan. Ternyata mendengarkan musik dapat mengoptimalkan gerak tubuh pada saat berolahraga dan dapat membuat daya tahan tubuh manusia menjadi lebih baik.

 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai 5 manfaat musik terhadap kehidupan kita. Semoga bermanfaat!

Komentar