10 Tips Sehat Membaca Buku



Membaca buku adalah aktivitas yang memiliki banyak manfaat. Diantaranya adalah untuk meningkatkan kemampuan kognitif seseorang. Tanpa ada buku, sepertinya umat manusia akan sulit berkembang.

Meski begitu, membaca buku juga ternyata memiliki dampak negatif juga terutama untuk kesehatan fisik dan psikologis. Apabila terus dipertahankan, cara membaca buku yang salah dapat memperburuk kesehatan Anda di masa depan.

Lantas bagaimanakah cara membaca buku yang baik tanpa harus mengorbankan kesehatan kita? Berikut beberapa tips sehat membaca buku a la sayogand.

1. Duduk Dengan Posisi Sempurna

Mengapa saya sebut 'posisi sempurna', bukannya 'posisi tegak'? Karena duduk dengan posisi terlalu tegak dapat menyebabkan keram dan kaku pada leher dan persendian. Tetaplah rileks, namun jangan terlalu membungkuk. Ingat, membungkuk dalam waktu yang lama dapat menyebabkan berubahnya postur tulang belakang.

2. Jangan Bergonta-ganti Buku dalam Satu Waktu

Usahakan untuk membaca satu buku hingga selesai. Sebelum menyelesaikan suatu buku, jangan membaca buku lain apalagi yang temanya bertentangan dengan buku yang tengah Anda baca. Membaca banyak jenis buku dalam satu waktu dapat menyebabkan 'tumpang-tindih'nya informasi di otak Anda. Hal tersebut akan mempercepat penurunan kemampuan mengingat Anda.

Tips mencegah 'tumpang-tindih' informasi di otak: usahakan fokus membaca satu buku. Setelah selesai, jangan langsung membaca buku baru. Beri waktu kepada otak Anda selama beberapa hari untuk memproses informasi yang baru saja Anda dapat.

3. Jangan Membaca Buku di Kendaraan

Ketika membaca buku di kendaraan, pandangan Anda terfokus pada sesuatu yang statis sehingga tubuh Anda merespon bahwa Anda sedang dalam keadaan diam. Padahal, Anda sedang bergerak. Keadaan seperti ini akan menimbulkan rasa tidak nyaman terutama pada usus dan lambung. Kemudian usus dan lambung mengirimkan sinyal tidak nyaman kepada otak yang menyebabkan kepala Anda pusing.

4. Kedipkan Mata Secara Teratur

Terkadang membaca buku membuat Anda lupa berkedip. Berkediplah lebih sering ketika membaca buku agar mata Anda tidak mengalami iritasi.

5. Baca Secara Bertahap

Biasakan membaca buku secara bertahap. Misalnya, sisihkan waktu sebanyak satu jam setiap harinya untuk membaca satu bab. Setelah membaca, lakukan perenggangan seperti jalan-jalan atau bersosialisasi. Jangan pernah membaca suatu buku secara nonstop. Selain tidak baik untuk kesehatan, membaca buku secara nonstop juga dapat menyebabkan turunnya minat Anda dalam membaca.

6. Imbangi dengan Mengonsumsi Vitamin A secara Rutin

Perhatikan makanan Anda. Setidaknya dalam satu minggu Anda satu kali memakan sayur-sayuran hijau dan wortel yang kaya akan vitamin A. Hal ini ditujukan untuk menjaga kesehatan mata Anda.

7. Ketika Mata Terasa Lelah, Berhenti Membaca!

Jika mata Anda lelah, itu artinya mata Anda belum terbiasa membaca buku. Istirahatkanlah! Jangan paksa mata Anda untuk terus membaca karena dapat mengganggu penglihatan Anda di masa depan.

8. Posisikan Buku Dengan Benar

Membaca buku boleh di meja atau di simpan di tangan. Jarak terdekat buku adalah 30 cm, jarak terjauhnya tak terbatas. Jangan membaca sembari tiduran, duduklah. Buku harus berada di bawah mata dengan sudut kemiringan antara 40 - 70 derajat.

9. Pastikan Pencahayaan Cukup Terang

Jangan membaca di ruangan yang terlalu gelap karena dapat merusak mata. Tetapi jangan membaca di ruangan yang terlalu terang juga karena dapat menyebabkan mata lebih cepat lelah. Sebaiknya, lakukan aktivitas membaca di ruangan dengan pencahayaan cukup.

10. Palingkan Pandangan Setiap 20 Menit

Batas fokus Anda pada buku adalah 20 menit. Setiap 20 menit, palingkan pandangan Anda ke objek-objek yang letaknya lebih dari 6 meter dari mata Anda. Palingkan pandangan Anda minimal selama 20 detik. Setelah, itu, Anda boleh kembali membaca.

 

Bagaimanapun ceritanya, membaca buku adalah hal yang menyenangkan dan baik untuk kecerdasan Anda. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.