8 Manfaat Membaca Buku Nonfiksi




Selain membaca buku fiksi, saya juga doyan membaca buku nonfiksi. Mungkin kebanyakan remaja lebih menyukai buku fiksi ketimbang nonfiksi. Alasannya sederhana: remaja tidak begitu menyukai sesuatu yang terlalu serius.

Memang, kalau saya perhatikan, saat sedang di toko buku, saya seringkali menjadi satu-satunya remaja yang nongkrong di rak buku nonfiksi. Rata-rata remaja seusia saya hobinya nongkrong di rak fiksi, atau di stand buku komik. Alasannya masih sama: remaja tidak begitu menyukai sesuatu yang terlalu serius.

Sebenarnya, buku nonfiksi tidak semuanya serius. Ada juga buku yang membahas tentang berbagai fakta dan teori serius tetapi dikemas dengan gaya bahasa yang menarik sehingga dapat dibaca oleh remaja. Di samping itu, membaca buku nonfiksi memiliki banyak manfaat. Apa sajakah manfaat-manfaat itu?

1. Mengisi Waktu Luang

Membaca buku nonfiksi dapat menjadi aktivitas pengisi waktu luang yang baik. Buku nonfiksi berisi banyak ilmu pengetahuan yang dapat membuka wawasan kita.

2. Sarana Pengembangan Diri

Dengan membaca buku nonfiksi, secara tidak sadar, cara berpikir Anda akan berubah menjadi lebih baik. Anda akan memulai gaya hidup sehat dan cerdas. Anda tidak akan doyan lagi melamun atau menyesali masa lalu. Anda akan menjadi pribadi baru yang lebih cerdas dalam menghadapi berbagai aspek kehidupan.

3. Mencegah Kepikunan

Membaca buku nonfiksi yang kaya akan ilmu pengetahuan juga akan membantu Anda mencegah kepikunan. Bagaimana penjelasannya secara medis dan psikologis?

Kalau ada waktu, akan saya buatkan artikelnya :D

4. Mencegah Alzheimer

Tidak berbeda jauh dengan kepikunan, alzheimer juga merupakan penyakit lupa. Namun, alzheimer biasanya disebabkan karena faktor penyakit, bukan faktor usia. Membaca buku nonfiksi ternyata dapat mencegah seseorang menderita alzheimer.

5. Menambah Konsentrasi

Tentu saja, buku nonfiksi biasanya mengajak kita untuk berpikir realistis. Hal ini juga dapat menjadi sarana melatih fokus dan konsentrasi.

6. Menambah Wawasan

Saya rasa poin ini tidak perlu dibahas terlalu panjang. Toh, sudah jelas bahwa buku nonfiksi berisi banyak ilmu pengetahuan yang membuat otak kita penuh dengan informasi. Semakin banyak buku nonfiksi yang Anda baca, maka semakin luas wawasan Anda.

7. Menambah Pemahaman Terhadap Sesuatu

Terkadang Anda masih kurang puas dengan ilmu yang Anda dapat di kampus atau saat mengikuti seminar. Tidak usah khawatir, Anda tinggal mencari buku nonfiksi yang membahas tentang hal yang sama, beres. Saya jamin, pemahaman Anda akan meningkat.

8. Melatih Kemampuan Berpikir

Buku nonfiksi berisi fakta-fakta dan teori-teori yang membuat pembacanya berpikir. Apabila dijadikan kebiasaan, membaca buku nonfiksi dapat membuat Anda lebih cerdas.


Itulah dia 8 poin tentang manfaat membaca buku nonfiksi. Jadi, rasanya membaca buku itu hukumnya wajib bagi orang yang ingin maju. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.