Hambatan-Hambatan dalam Membaca Buku dan Solusinya





Banyak teman-teman saya yang ingin rajin membaca buku. Tetapi ketika membacanya, baru sepuluh halaman saja sudah menyerah karena berbagai hal. Menurut saya hal ini pernah dirasakan semua orang, termasuk saya sendiri.

Memang, ketika melihat buku di rak toko buku atau di perpustakaan, kita acapkali tertarik untuk membacanya. Tetapi baru beberapa belas halaman saja, entah mengapa kita langsung bosan. Ilmunya belum sampai, ceritanya belum berkonflik, kita sudah tinggalkan bukunya. Padahal, seburuk apapun buku, pasti ada manfaatnya jika kita baca dan pahami hingga halaman akhir.

Lantas sebenarnya apa sajakah hambatan-hambatan yang kita terima ketika membaca buku? Dan bagaimana solusinya?

1. Malas

Malas adalah sifat manusiawi. Tetapi malas untuk melakukan hal yang bermanfaat adalah perilaku buruk. Apa penyebab munculnya rasa malas ketika membaca buku?

Penyebab 1: Anda belum terbiasa membaca buku. Anda belum tahu betapa menyenangkannya membaca buku dari halaman pertama hingga halaman akhir.

Solusi 1: Perjelas motivasi Anda. Misalnya, Anda membaca buku tentang manajemen bisnis dengan tujuan agar Anda bisa menjadi pengusaha kaya raya. Bayangkan dengan sangat jelas di benak Anda, betapa nikmatnya kehidupan Anda jika Anda sudah selesai membaca buku tersebut dan berhasil menjalani hidup sebagai pengusaha kaya raya.

Penyebab 2: Anda membaca buku dengan tema yang tidak Anda sukai.

Solusi 2: Jika tidak ada paksaan untuk membaca buku tersebut, tinggalkan buku itu! Carilah buku yang Anda sukai agar Anda dapat menikmati isinya.

2. Kurang Fokus

Anda baru saja selesai membaca buku, tetapi Anda belum mengerti dengan topik yang dibahas di dalamnya. Ada apa ini?

Penyebab 1: Anda membaca di lingkungan yang kurang kondusif. Misalnya, ruangan terlalu panas, ruangan terlalu berisik, kursi tidak nyaman, atau masalah-masalah lainnya.

Solusi 1: Pindah tempat. Cari tempat lain yang lebih kondusif agar Anda dapat membaca dengan tenang.

Penyebab 2: Anda terus memikirkan sesuatu yang menurut Anda lebih penting dari membaca buku. Misalnya: tugas kantor, dan lain-lain.

Solusi 2: Jika memang ada hal yang lebih penting, tinggalkan dulu buku yang tengah Anda baca. Lalu tuntaskan hal-hal yang harus Anda kerjakan. Sehingga ketika membaca buku nanti, pikiran Anda sudah tidak bercabang lagi.

3. Mengantuk

“Ketika saya mengerjakan aktivitas apapun, saya tidak mengantuk. Tetapi ketika membaca buku, saya pasti mengantuk. Kenapa ya?”

Begitulah sekiranya curhatan dari salah satu rekan saya. Sebenarnya, apa penyebab dan solusi munculnya rasa kantuk saat membaca?

Penyebab 1: Anda belum terbiasa membaca buku sehingga mata Anda mudah lelah.

Solusi 1: Sediakan air minum di dekat Anda. Teguklah air setiap beberapa menit sehingga fokus Anda tetap tinggi.

Penyebab 2: Anda membaca di ruangan yang terlalu terang. Atau mungkin Anda membaca terlalu dekat dengan lampu baca.

Solusi 2: Kurangi cahaya ruangan. Misalnya: jika sudah ada lampu ruangan, tidak perlu menggunakan lampu baca. Atau: jaga jarak antara buku dengan lampu baca.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai berbagai hambatan yang biasa kita temukan ketika membaca buku. Semoga bermanfaat!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.