Tips Agar Anak Senang Membaca Buku




Membaca buku sangat bermanfaat untuk pengembangan diri dan pengembangan kecerdasan anak. Oleh karena itu, kebiasaan membaca buku harus dipupuk sedini mungkin. Terkadang ada orang tua yang menganggap bahwa jika anaknya tidak suka membaca, berarti ... ya sudah, jangan dipaksa. Padahal, tidak seperti itu.
 
Meskipun anak tidak suka membaca buku, namun kita masih bisa untuk mengarahkannya agar anak senang membaca buku. Banyak orang bilang bahwa hal tersebut bukanlah perkara mudah, tetapi sekali lagi ... menurut saya, tidak sesulit yang dibayangkan.

Menularkan kebiasaan senang membaca pada anak-anak usia di bawah 10 tahun sebenarnya merupakan hal yang mudah jika Anda tahu trik-triknya. Lantas apa sajakah trik-trik agar anak senang membaca buku?
 
1. Berikan Buku yang Banyak Gambarnya
 
Anak-anak menyukai gambar dan warna. Oleh karena itu, berikan buku cerita yang ceritanya sederhana dan banyak gambarnya. Niscaya, anak akan menganggap bahwa membaca buku adalah hiburan.

2. Berikan Buku yang Sederhana

Jangan berikan buku yang ceritanya kesana kemari alias membingungkan. Carilah buku khusus anak-anak yang bukunya tipis dan ceritanya sangat sederhana. Hal tersebut berguna agar anak tahu bahwa setiap buku memiliki cerita dan makna yang menarik.
 
3. Beri Pujian

Setiap kali Anda melihat anak Anda membaca buku, pujilah. Tujuannya, agar anak tahu bahwa membaca buku adalah perilaku baik.
 
4. Tanya Pendapatnya Usai Membaca Satu Buku

Setiap menyelesaikan satu buah buku, tanyakan komentarnya seputar buku tersebut, lalu dengarkan ceritanya. Meskipun ceritanya tidak selaras dengan isi buku, pujilah. Tujuannya agar anak tetap termotivasi untuk membaca. Tetapi semakin dewasa, Anda harus bisa menyadarkan anak bahwa membaca buku harus diiringi dengan pemahaman isi buku.

5. Bacakan Buku Untuknya

Sisihkan waktu sekitar 10 -15 menit sebelum anak Anda tidur untuk membacakan buku untuknya. Dengan begitu, anak akan memiliki rasa penasaran yang tinggi tentang betapa menariknya isi dari sebuah buku. Tak lama, anak Anda pasti menyukai buku.

6. Jangan Dipaksa

Ingat, Anda tidak boleh memaksakan anak untuk membaca buku. Justru sebaliknya, Anda harus bisa membuat anak beranggapan bahwa membaca buku itu menyenangkan dan bisa menjadi hiburan.
 

Demikianlah artikel saya kali ini mengenai tips agar anak senang membaca buku. Semoga berhasil!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.