Tips Merawat Buku


Setelah beberapa waktu lalu menulis artikel tentang tips membeli buku, kembali datang pertanyaan baru,

"Mas Sayoga, saya suka membaca dan mengoleksi buku. Tapi buku-buku saya kertasnya cepat rusak. Apakah hal ini disebabkan oleh buruknya kualitas kertas atau memang karena perawatannya yang kurang baik? Apabila memang perawatannya kurang baik, bagaimana cara merawat buku yang benar agar kejadian seperti ini tidak terulang kembali? Terimakasih ...."

Memang, kualitas kertas bisa jadi salah satu faktor penyebab rusaknya suatu buku. Tetapi sebenarnya apabila kita merawat koleksi buku kita dengan baik, maka kerusakan buku dapat diminimalisir.

Nah, untuk menjawab pertanyaan tersebut, pada artikel kali ini saya akan membahas tentang tips-tips merawat buku yang baik agar koleksi buku Anda tidak mudah rusak. Lantas bagaimanakah cara merawat buku yang baik?

1. Jauhi dari Api

Simpan buku Anda di tempat yang jauh dari api. Buku yang tersusun atas lembaran-lembaran kertas itu memiliki sifat mudah terbakar. Untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan, maka jauhilah buku dari api.

2. Simpan di Tempat yang Jauh dari Jangkauan Anak-Anak

Anak-anak juga bisa jadi salah satu faktor penyebab rusaknya buku Anda. Anak-anak yang memiliki insting jahil bisa saja melihat-lihat koleksi Anda sembari merobek atau mencorat-coret buku tersebut. Oleh karena itu, simpan buku di tempat yang cukup tinggi sehingga anak-anak (terutama balita) tidak dapat menjangkau buku-buku Anda.

3. Jangan Simpan di Tempat yang Terpapar Sinar Matahari Langsung

Buku yang terpapar sinar matahari langsung dapat menyebabkan kertas menjadi kecoklatan dan tidak sedap dipandang mata. Oleh karena itu, hindari menyimpan buku di tempat yang terpapar sinar matahari langsung.

4. Jangan Simpan di Tempat yang Lembab

Selain di tempat yang terpapar sinar matahari langsung, buku yang disimpan di tempat yang terlalu lembab juga dapat menyebabkan kertas menjadi lunak dan tintanya luntur.

5. Jangan Simpan di Ruangan Tertutup

Buku juga membutuhkan aliran udara segar agar kertasnya tidak cepat menguning. Buku harus disimpan di tempat yang sirkulasi udaranya baik. Jadi, hindari menyimpan buku di tempat-tempat yang kedap udara seperti lemari, kardus yang tertutup, dan tempat kedap udara lainnya.

6. Jangan Dicorat-coret

Jangan mencorat-coret buku karena tinta pulpen akan luntur dalam waktu beberapa tahun. Apabila terpaksa harus mencorat-coret (memberi identitas kepemilikan misalnya), silakan gunakan kertas yang paling depan karena biasanya halaman buku paling depan bukanlah bagian yang terlalu penting.

7. Jangan Dilipat

Saya sering melihat ada orang yang menandai bagian buku yang belum dibaca dengan cara melipat halaman buku. Saya rasa ini bukanlah kebiasaan yang baik karena melipat halaman buku dapat mempercepat kerusakan kertas. Saya sarankan gunakan pembatas buku. Tidak punya pembatas buku? Jangan khawatir, Anda dapat menggunakan daun, karton yang digunting, atau benda-benda tipis lainnya.

8. Bersihkan Secara Berkala

Setiap ada waktu luang, bersihkan koleksi buku Anda menggunakan kemoceng atau permbersih debu lainnya. Hal ini juga membantu agar koleksi buku Anda tetap terlihat bersih tak berdebu dan nyaman dipandang mata.

9. Simpan Buku Secara Tegak

Simpan buku secara berderet ke samping dan posisikan setiap buku secara vertikal. Saya sarankan urutkan buku berdasarkan jenisnya agar mudah dicari suatu saat. Jangan sekali-kali menyimpan buku dengan cara ditumpuk karena hal tersebut dapat menyebabkan kertas menjadi lebih cepat lembab.

10. Beri Sampul

Jangan lupa, beri sampul plastik transparan agar buku Anda terlindung dari gesekan-gesekan yang merusak cover buku.

 

Demikianlah artikel saya mengenai tips merawat buku. Semoga bermanfaat!

1 komentar:

  1. makasih tipsnya bermanfaat sekali, yang paling susah tidak melipat buku u,u sering banget ngelipat padahal juga udah ada bookmark nya huhuhu

    ReplyDelete

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.