Tips Bersepeda



Beberapa waktu yang lalu, saya sudah pernah menulis artikel tentang beberapa manfaat bersepeda secara fisik maupun psikologis. Begitu banyak manfaatnya, bukan?

Tetapi ternyata, pada beberapa kasus, bersepeda dapat menjadi bencana. Ada yang dehidrasi di tengah perjalanan, ada yang kakinya keram di tengah perjalanan, dll. Apa yang menyebabkan hal itu terjadi? Ya,  persiapan yang kurang matang dan cara bersepeda yang salah. Lantas persiapan apa saja yang harus disiapkan dan bagaimana cara bersepeda yang baik? Di bawah ini saya rangkum beberapa tips bersepeda sehat a la Sayogand:

Persiapan

Hal utama yang harus dilakukan tentu adalah peregangan. Lakukan sedikit peregangan sebelum bersepeda terutama peregangan untuk bagian kaki karena bagian itulah yang paling banyak bergerak ketika bersepeda nanti.

Jangan lupa, selalu sedia air minum untuk mencegah dehidrasi. Jika Anda lupa membawa air minum dan di tengah perjalanan Anda mengeluarkan banyak keringat, jangan sungkan untuk berhenti sejenak dan membeli air minum terlebih dahulu. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Selain itu, kadar elektrolit yang tidak seimbang pada tubuh juga dapat mempercepat terjadinya keram otot.

Pakaian

Jangan sampai Anda salah menggunakan pakaian saat bersepeda. Berikut beberapa tips memilih pakaian agar tidak mengurangi kenyamanan bersepeda Anda:

  • Gunakan pakaian yang mampu menyerap banyak keringat.
  • Usahakan memakai baju berwarna putih agar Anda tidak mudah kepanasan.
  • Hindari penggunaan baju yang berat dan tidak fleksibel. Gunakan pakaian yang tidak membatasi ruang gerak Anda sehingga Anda akan merasa lebih nyaman ketika bersepeda.
  • Usahakan menggunakan pakaian longgar dan memiliki sirkulasi udara yang bagus.
  • Jika cuaca dingin, tentu Anda boleh menggunakan pakaian tebal untuk mencegah kedinginan dan masuk angin.

Perlengkapan

Selain pakaian, ada juga beberapa perlengkapan yang dapat membuat perjalanan bersepeda Anda menjadi lebih menyenangkan. Perlengkapan apa sajakah itu?

  • Kacamata hitam (untuk mencegah paparan sinar matahari langsung pada mata)
  • Sarung tangan (untuk memantapkan pegangan telapak tangan Anda pada sepeda)
  • Sepatu olahraga (untuk menambah kenyamanan ketika mengayuh sepeda)


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips bersepeda sehat a la Sayogand. Jangan lupa, bersepeda terlalu lama juga dapat menyebabkan keram pada betis Anda. Sehingga, jika jarak yang akan ditempuh cukup jauh, rencanakan untuk berhenti di beberapa tempat untuk mengistirahatkan kaki sejenak.

Semoga bermanfaat, ayo bersepeda!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.