10 Tips Alami Mencegah Kebotakan


Beberapa waktu yang lalu saya sudah pernah menulis artikel tentang beberapa penyebab terjadinya kebotakan. Apabila kita telaah kembali,  kebotakan adalah masalah kesehatan yang sederhana dan tidak berdampak serius pada tubuh kita. Namun kebotakan tidak boleh kita sepelekan karena rambut yang tipis atau botak dapat mengganggu penampilan seseorang.

Bagi Anda yang sudah terlanjur mengalami kebotakan, alangkah baiknya jika Anda berkonsultasi dengan dokter mengenai langkah terbaik yang dapat Anda lakukan agar kebotakan Anda tidak semakin parah. Bagi Anda yang belum mengalami kebotakan, alangkah baiknya jika Anda belajar bagaimana cara mencegah terjadinya kebotakan.

Lantas bagaimanakah cara mencegah terjadinya kebotakan?

1. Olahraga Teratur

Ya, olahraga. Tidak perlu melakukan olahraga yang berat dan memakan waktu lama. Anda hanya perlu melakukan gerakan sederhana seperti jalan kaki atau senam aerobik, yang penting olahraga tersebut dilakukan secara rutin dan teratur. Olahraga teratur dapat mencegah terjadinya penyempitan pembuluh darah. Jika pembuluh darah Anda sehat, aliran darah Anda akan lancar sehingga asupan oksigen ke setiap sel-sel tubuh akan menjadi lebih maksimal. Sehingga kegagalan regenerasi sel (terutama sel kulit kepala) dapat diminimalisir.

2. Konsultasi

Apapun penyakitnya, berkonsultasi adalah jalan terbaik. Namun memang berkonsultasi ke membutuhkan biaya tambahan. Jika Anda ingin cara instan dan tepat dalam mencegah kebotakan, silakan berkonsultasi ke dokter.

3. Gunakan Sisir dengan Lembut

Kita cenderung tidak peduli dengan penggunaan sisir sehari-hari. Padahal, penggunaan sisir yang tidak tepat dapat merusak kulit kepala. Gunakan sisir dengan lembut dan jangan lakukan terlalu cepat. Niscaya kerusakan rambut dapat terminimalisir.

4. Rileks

Rilekslah. Hilangkan segala hal yang menimbulkan stres. Hadapi masalah dengan sudut pandang pengamat, bukan sudut pandang korban. Dengan begitu, stres akan berkurang. Jika stres berkurang, tubuh Anda akan melakukan memproduksi hormon dengan baik. Jika produksi hormon Anda berlangsung dengan baik, proses regenerasi sel (terutama sel-sel kulit kepala) akan berjalan dengan baik pula.

5. Kurangi Makanan Berlemak

Konsumsi makanan berlemak dapat menyebabkan munculnya plak-plak lemak di dinding pembuluh darah. Plak-plak tersebut akan menyebabkan menyempitnya pembuluh darah. Jika pembuluh darah menyempit, maka oksigen tidak dapat diedarkan dengan baik ke setiap sel - sel pada tubuh. Akibatnya, banyak sel-sel yang mati dan tubuh akan kesulitan meregenerasi sel-sel yang mati tersebut.

6. Konsumsi Sayur-sayuran

Jangan lupakan sayur-sayuran. Sayur-sayuran banyak mengandung zinc, zat besi, protein, mineral, dan kalsium yang dibutuhkan oleh sel-sel tubuh. Perbanyak konsumsi sayur-sayuran, agar sel-sel kulit kepala Anda menjadi lebih sehat dan rambut Anda tidak mudah rontok.

7. Kurangi Asupan Garam

Sama seperti makanan berlemak, mengonsumsi garam dapat menyebabkan menyempitnya pembuluh darah Anda.

8. Kurangi Penggunaan Pemanas Rambut

Sebisa mungkin kurangi penggunaan pemanas rambut agar kesehatan dan keaslian rambut Anda tetap terjaga.

9. Berhenti Merokok

Merokok juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah dan penggumpalan darah. Jika Anda berhenti merokok, Anda akan mendapatkan pembuluh darah dan darah yang lebih sehat. Dengan begitu, kebotakan pun dapat diminimalisir.

10. Jaga Pola Makan

Mulailah untuk mengatur jadwal makan Anda sendiri. Pola makan yang baik adalah kunci dari kesehatan tubuh dan produksi hormon yang maksimal. Dengan begitu maka kerusakan rambut dan kebotakan dapat diminimalisir.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips mencegah kebotakan. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.