6 Tips Mencatok Rambut


Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis sebuah artikel berjudul 'Bahaya Mencatok Rambut'. Sebuah pertanyaan baru pun muncul,

"Lantas bagaimana dengan orang yang bekerja sebagai model atau pekerja seni? Para pekerja seni harus senantiasa menjaga penampilan rambutnya agar terlihat menarik. Bagaimana tips-tips agar mencatok rambut tidak menjadi aktivitas perusak kesehatan rambut?"

Baiklah, berikut beberapa tips mencatok rambut agar rambut Anda tidak cepat rusak:

1. Gunakan Alat Catok yang Menggunakan Lapisan Keramik

Mengapa keramik? Karena panas yang dihantarkan menggunakan perantara keramik tidak akan merusak rambut Anda. Oleh karena itu, selain memperhitungkan harga, perhitungkan juga lapisan yang melapisi alat catok ketika hendak membelinya.

2. Bersihkan Rambut

Sebelum mencatok, pastikan rambut Anda dalam keadaan bersih. Mengapa? Karena hasil yang diperoleh akan lebih maksimal dan lebih cepat jika batang rambut Anda terbebas dari debu-debu dan kotoran lainnya.

3. Gunakan Serum Rambut

Penggunaan serum rambut juga ternyata dapat menjaga kesehatan rambut Anda. Gunakan serum rambut agar rambut Anda tidak mudah rapuh akibat catok.

4. Pastikan Rambut dalam Keadaan Kering

Sebelum mencatok rambut, alangkah baiknya jika Anda pastikan rambut Anda berada dalam kondisi kering. Mengapa? Karena jika dalam keadaan basah, maka itu artinya rambut Anda tengah berada pada suhu rendah. Ketika tersentuh alat catok yang panas itu, rambut akan mengalami perubahan suhu yang signifikan. Perubahan inilah yang akan mempercepat kerusakan rambut Anda.

5. Hindari Penggunaan Alat Pengering Rambut

Memang, rambut harus dalam keadaan kering sebelum dicatok. Namun, hindari penggunaan alat pengering rambut alias hair dryer. Mengapa? Karena alat pengering rambut akan memberikan udara panas yang juga akan menyebabkan rambut mengalami perubahan suhu yang signifikan. Jika Anda ingin rambut Anda sehat, keringkan saja dengan cara manual seperti menggunakan handuk atau didiamkan selama beberapa jam.

6. Hindari Penggunaan Catok Setiap Hari

Meskipun sudah melakukan kelima cara di atas, namun tetap saja itu tidak akan menjamin rambut Anda akan sehat. Toh jenis rambut setiap orang berbeda-beda. Nah, maka dari itu, saya sarankan Anda untuk membatasi penggunaan catok. Hindari penggunaan catok setiap hari karena hal tersebut akan mempercepat kerusakan rambut Anda.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips mencatok rambut. Intinya, bijaksanalah dalam menggunakan alat pencatok rambut. Mau bagaimanapun juga, sesuatu yang instan biasanya memiliki efek samping. Semoga bermanfaat!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.