7 Penyebab Munculnya Ketombe




Ketombe adalah salah satu masalah kesehatan yang menghantui banyak orang. Memang, ketombe bukanlah sebuah penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian. Namun ketombe yang menyerang kulit kepala dapat mengurangi kepercayaan diri penderitanya.

Pertanyaannya adalah darimana datangnya ketombe? Mengapa kadarnya berbeda-beda pada tiap orang?

Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tentang beberapa penyebab munculnya ketombe. Oke, langsung saja, ini dia beberapa penyebabnya:

1. Alergi pada Suatu Bahan Perawatan Rambut

Mungkin saja Anda mengalami alergi pada suatu zat yang kebetulan terkandung pada shampoo Anda. Atau mungkin Anda memiliki alergi pada suatu produk perawatan rambut lain seperti cat rambut, dan lain-lain.

2. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang kering dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit kepala. Iritasi yang terjadi pada kulit kepala dapat menyebabkan meningkatnya jumlah sel-sel kulit kepala yang mati. Dengan begitu, jumlah ketombe pun akan bertambah.

3. Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih juga ternyata dapat memicu terjadinya  iritasi pada kulit kepala. Hal tersebut dapat menyebabkan bertambahnya jumlah ketombe di kepala Anda.

4. Jarang Keramas

Keramas dapat membantu Anda membersihkan rambut Anda dari berbagai debu dan kotoran. Selain itu, keramas juga dapat melembabkan kulit kepala dan mengurangi minyak berlebih sehingga rambut menjadi sehat dan terbebas dari ketombe. Jika Anda jarang keramas, maka ketombe di kepala Anda akan bertambah.

5. Keringat Berlebih

Keringat yang mengucur lewat kulit kepala akan menyebabkan kulit kepala berada dalam kondisi basah. Kulit kepala yang berada dalam kondisi basah akan lebih mudah terserang jamur-jamur penyebab ketombe.

6. Serangan Jamur Malassezia

Jamur malassezia ini adalah sejenis jamur yang akan memakan minyak-minyak yang dihasilkan folikel-folikel rambut. Semakin berkurang jumlah minyak di kepala Anda, maka semakin besar potensi terjadinya iritasi pada kulit kepala. Iritasi kulit kepala dapat menyebabkan kepala Anda penuh dengan ketombe.

7. Penyakit Psoriasis dan Eksim

Penyakit psoriasis dan penyakit eksim adalah penyakit yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit kepala yang sudah mati. Hal ini tentu akan menambah jumlah ketombe yang bersarang di kepala Anda.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab munculnya ketombe. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.