Bahaya Mengonsumsi Telur Ayam



Beberapa waktu lalu saya sudah pernah mengulas pembahasan seputar beberapa manfaat mengonsumsi telur ayam. Memang, telur ayam memiliki manfaat tersendiri tetapi ternyata mengonsumsi telur ayam juga dapat memberikan efek samping pada tubuh kita. Apa sajakah efek samping tersebut?

1. Menyebabkan Jerawat

Ada yang berkata bahwa mengonsumsi telur ayam berlebih dapat menyebabkan timbulnya jerawat di wajah. Hal ini ada benarnya.

Pada pasalnya, bagian kuning telur pada telur ayam mengandung kadar lemak yang tinggi yaitu 200 mg. Kadar lemak yang tinggi menyebabkan kulit wajah Anda semakin produktif menghasilkan minyak wajah. Minyak wajah ini apabila terkontaminasi dengan udara kotor, maka akan menimbulkan infeksi berupa jerawat.

Solusi: Bawalah lap tissue khusus wajah kemanapun Anda pergi, terutama ketika Anda pergi ke tempat terbuka. Apabila Anda merasakan wajah Anda berminyak dan penuh keringat, segera bersihkan menggunakan tissue yang sudah Anda sediakan.

2. Meningkatkan Risiko Kolesterol

Ya, kadar lemak yang tinggi juga menjadi alasan mengapa mengonsumsi telur ayam dapat meningkatkan risiko penyakit kolesterol. Bukan sekedar meningkatkan risiko bagi orang sehat, mengonsumsi telur dengan kadar yang tak sewajarnya juga akan menyebabkan penyakit kolesterol yang diderita seseorang menjadi semakin parah.

Solusi: Batasi konsumsi telur ayam. Bagi Anda yang sehat, mengonsumsi 6 butir telur per minggu adalah batas maksimal. Jika Anda adalah seorang penderita penyakit kolesterol, 2 atau 3 kali per minggu adalah batas maksimal. Tentunya akan lebih baik jika Anda berkonsultasi terlebih dahulu kepada dokter sebelum membuat batasan sendiri.

3. Meningkatkan Risiko Penyakit Jantung

Kadar lemak yang tinggi tidak hanya menyebabkan penumpukan lemak di bawah jaringan kulit, melainkan juga di bawah lapisan dinding pembuluh darah. Penumpukan lemak di bawah lapisan pembuluh darah dapat menyebabkan semakin sempitnya ruang bagi darah untuk mengalir. Jika hal ini terjadi, secara otomatis jantung akan memompa darah lebih kuat. Jika jantung memompa darah dengan kuat dalam jangka waktu yang lama, maka akan terjadi kerusakan pada katup jantung. Kerusakan ini biasa disebut gangguan jantung.

Solusi: Imbangi makanan Anda dengan sayuran hijau. Sayuran hijau dapat membantu mengurangi kadar lemak yang menumpuk pada pembuluh darah.

4. Menyebabkan Kegemukan

Kadar lemak yang tinggi juga ternyata dapat menjadi penyebab kegemukan. Hal ini mungkin menjadi peringatan bagi Anda yang tengah melakukan diet. Namun, bukan berarti karena diet lalu Anda tidak mengonsumsi telur ayam sama sekali.

Solusi: Jika Anda sedang diet, batasi konsumsi telur ayam. Maksimalnya 2 - 3 kali seminggu.

5. Menyebabkan Hormon Naik Turun

Hal ini biasanya terjadi pada wanita. Kadar protein yang cukup tinggi pada telur ayam menyebabkan tubuh Anda memproduksi hormon dengan maksimal. Bahkan bisa jadi, tubuh Anda memproduksi hormon secara berlebih sehingga menyebabkan Anda menjadi lebih emosional.

Solusi: Imbangi konsumsi telur ayam dengan cara mengonsumsi buah dan sayur. Konsumsi buah dan sayur membuat tubuh Anda mampu mempertahankan kestabilan hormon.

6. Menyebabkan Alergi

Ternyata mengonsumsi telur ayam dapat menyebabkan Anda menjadi alergi terhadap telur ayam. Namun hal ini hanya dapat terjadi apabila Anda mengonsumsi telur ayam yang tidak higienis.

Solusi: Waspadalah saat membeli telur ayam. Pilihlah telur-telur yang segar, berkualitas, dan tidak busuk.


Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai beberapa efek samping dari mengonsumsi telur ayam secara berlebih. Jadi, bijaksanalah dalam memilah-milih makanan yang akan Anda konsumsi. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.