Tips Belajar Gitar a la Sayogand



Sumber gambar: Caragitar.com
Sumber Inspirasi - Handal bermain gitar adalah harapan semua pria. Selain karena terlihat lebih keren, gitar juga dapat menjadi pelepas rasa galau dan penambah semangat. Tidak heran jika banyak pria yang mencari tahu bagaimana caranya agar bisa bermain gitar tanpa harus mengeluarkan uang.

Otodidak, itulah bahasa umumnya. Banyak orang yang belajar gitar dan menempuh jalur otodidak alias belajar sendiri agar murah dan tidak mengganggu rutinitas. Namun sayangnya, otodidak memiliki kelemahan tersendiri: tidak ada jaminan untuk bisa.

Ya, risiko tersebut sebanding dengan kecilnya dana yang Anda keluarkan. Meski begitu, Anda tidak perlu khawatir. Pada kesempatan kali ini saya akan berbagi pada Anda tips-tips agar Anda bisa belajar gitar secara otodidak, dan efisien. Berikut tips-tipsnya:

1. Mulai dengan kunci dasar

Banyak yang bingung bagaimana cara memulai belajar gitar. Ada yang langsung belajar bermain melodi, ada yang langsung belajar banyak kunci, dan lain-lain. Saya tengahkan, untuk memulai Anda harus belajar kunci-kunci dasar terlebih dahulu. Ulangi terus kunci-kunci tersebut hingga Anda lancar memainkannya.

2. Jangan sambil menyanyi

Jika Anda sedang belajar, hindari bermain gitar sembari bernyanyi seperti orang-orang di atas panggung. Mereka bisa bernyanyi sembari bermain gitar karena mereka sudah mahir bermain gitar. Jika Anda masih pemula dan bermain gitar sembari bernyanyi, saya jamin konsentrasi Anda akan pecah dan kemajuan tidak akan terjadi.

3. Cari mentor

Ya, mentor adalah sosok yang menurut Anda dapat membantu Anda mempelajari gitar. Tidak perlu kursus, Anda hanya perlu negosisasi dengan orang-orang yang handal bermain gitar. Biasanya mereka mau mengajari pemula meskipun biasanya mereka hanya mau berbagi tentang dasar-dasarnya saja.

Anda tidak memiliki kenalan yang bisa bermain gitar? Tenang, ada internet. Di internet banyak bertebaran artikel-artikel yang membahas tentang cara-cara bermain gitar secara rinci dan lengkap.

Malas berinternet? Berjalan-jalanlah ke toko buku. Di sana pasti banyak buku-buku yang membahas tentang cara-cara memainkan alat musik.

4. Abaikan komentar orang lain

Ketika sedang belajar gitar, biasanya ada saja orang iseng yang mengomentari Anda. Ada yang buruk, ada yang baik. Saya sarankan jangan terpengaruh dengan komentar-komentar ini. Jangan Anda sedih ketika ada yang mengejek Anda, jangan pula Anda terlalu berbahagia ketika ada yang memuji Anda. Tetaplah fokus pada latihan.

5. Tambah tingkat kesulitan

Jika Anda sudah menguasai satu teknik, pelajari teknik lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi. Jika Anda sudah menguasainya, pelajari teknik lain yang tingkat kesulitannya lebih tinggi lagi. Dengan cara seperti itu, kemahiran Anda akan meningkat dengan sendirinya.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips jitu belajar gitar a la sayogand. Semoga berhasil, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.