Tips Membeli Sepeda


Sumber gambar: www.bejagat.blogspot.com

Sumber Inspirasi - Banyak orang yang ingin memulai bersepeda, tetapi tidak punya sepeda. Kendalanya, orang yang tidak pernah bersepeda tidak paham sepeda seperti apa yang harus ia beli.

Belum lagi masalah budget yang harus disiapkan. Berapa? Beli dimana? Kapan? Dan sejuta pertanyaan lainnya.

Maka dari itu, kali ini saya akan berbagi beberapa tips untuk membeli sepeda. Berikut beberapa tips membeli sepeda a la sayogand:

1. Cari Info

Ini adalah langkah awal yang harus Anda lakukan. Carilah info mengenai berbagai jenis sepeda, harga-harga sepeda, dan info-info yang lainnya. Ada beberapa cara untuk mencari info, diantaranya:
  • Datang langsung ke toko sepeda, silakan Anda bertanya sepuasnya di sana.
  • Dekati orang-orang yang doyan bersepeda. Mereka biasanya memiliki info lengkap seputar sepeda murah dan lokasi penjualnya.
  • Cari tahu lewat internet.

2. Tentukan tujuan Anda

Tentukan tujuan Anda. Mengapa Anda ingin bersepeda? Apakah Anda ingin mencoba mendaki gunung? Apakah Anda ingin menghemat ongkos ke kantor? Atau untuk tujuan rekreasi? Silakan tentukan. Dengan menentukan tujuan, maka Anda akan lebih mudah menentukan jenis sepeda apa yang ingin Anda beli.

3. Tentukan budget

Tentukan budget alias biaya yang Anda siapkan. 500 ribu? Tidak masalah. 1 juta? Tidak masalah. Mau 10 juta pun juga tak masalah. Hanya saja, jangan memboros-boroskan uang Anda dengan cara membeli sepeda yang memiliki fitur-fitur yang tidak Anda butuhkan. Carilah sepeda yang mampu memenuhi kebutuhan Anda.

4. Rakitan, atau non-rakitan?

Berikutnya, silakan Anda tentukan, Anda ingin sepeda rakitan atau non-rakitan. Apa bedanya?

Sepeda rakitan adalah sepeda yang komponennya kita pilih sendiri di toko. Kelebihannya, akan ada kepuasan tersendiri ketika menggunakannya karena sepeda tersebut sesuai dengan selera Anda. Namun kelemahannya, biasanya harga sepeda rakitan lebih mahal karena bukan barang massal, selain itu Anda juga harus membayar biaya tambahan untuk Si Perakit Sepeda di toko.

Sedangkan sepeda non-rakitan adalah sepeda yang diproduksi secara massal. Sepeda jenis ini biasanya desainnya, komponennya, bahkan warnanya pun standard. Kelebihannya, sepeda jenis ini harganya lebih murah karena produsennya memproduksi sepeda secara massal. Kelemahannya, sepeda non-rakitan ini benar-benar standard, sehingga tidak ada nilai kepuasan tersendiri bagi pemiliknya.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips membeli sepeda. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.