Tips Menghadapi Orang yang Sedang Marah



Memiliki sifat pemarah memang tidak baik. Selain mengganggu orang yang berada di sekitar kita, sifat marah juga biasanya akan mengganggu kesehatan kita sendiri.

Satu fakta menarik lagi, bahwa sebenarnya marah itu menular. Ketika kita berada di dekat orang yang marah, kita bukannya menjadi diam dan menurut, tetapi malah menjadi marah. Jika kita tidak dapat menahan emosi kita, kita akan membalas emosinya. Dan jika ini terjadi, pertengkaran tak dapat terelakkan.

Nah, untuk mencegah hal tersebut terjadi pada kita, maka kita harus tahu bagaimana caranya menghadapi orang yang sedang marah. Bagaimana caranya? Mari kita simak pembahasannya:

1. Tenang

Seperti yang sudah saya singgung, ketika ada seseorang yang marah, maka kita akan ikut terbawa marah. Namun, jika sejak awal Anda sudah berkomitmen untuk menyelesaikan masalah, Anda harus belajar untuk melawan emosi tersebut. Anda harus tetap tenang dalam menghadapi orang yang sedang marah.

2. Senyum

Tips yang kedua adalah senyum. Senyum dapat membantu meredakan amarah seseorang. Oleh karena itu, pasanglah senyum untuk menghadapi orang marah.

3. Tanya

Tips yang ketiga adalah senyum. Tanyakan hal apa yang membuatnya emosi. Jangan lupa, gunakan suara yang lembut untuk menenangkan emosi orang yang sedang marah tersebut.

4. Dengarkan

Usai menanyakan masalah yang tengah dihadapi Si Pemarah, dengarkan cerita darinya. Perhatikan dengan jeli kejadian apa yang membuatnya marah. Ingat, Anda harus memasang senyum agar orang tersebut bersedia bercerita dengan gamblang apa masalah yang dihadapinya.

5. Satukan Pikiran Anda

Hal utama yang harus dilakukan untuk membantu orang yang sedang marah adalah posisikan diri Anda di tempat yang sama dengan Si Pemarah. Misalnya, jika Si Pemarah mengeluh soal hutang yang tak bisa dibayarnya, katakan saja padanya, “Saya juga pernah mengalami hal yang sama. Hutang memang membuat saya menjadi sulit mengendalikan emosi, tetapi saya sadar bahwa marah tidak akan melunasi hutang-hutang kita.”

6. Bantu

Jika Si Pemarah ini benar-benar mengalami masalah yang berat, Anda bisa membantunya dengan cara memberinya nasihat-nasihat sederhana dengan perlahan-lahan. Namun ingat, jika Anda ingin menasihati orang yang lebih tua dari Anda, jangan lupa untuk mengatakan, “Mohon maaf sebelumnya ....”.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips menghadapi orang yang sedang marah. Intinya, Anda harus tenang dan membantu orang tersebut keluar dari masalahnya sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Tips Berteman dengan Orang Pendiam



Memiliki teman yang pendiam memang membingungkan. Tidak hanya sulit diajak bekerja sama, orang pendiam juga sulit diajak bercanda sehingga ketika kita berada di dekat orang pendiam kita akan merasakan suasana kering dan tidak menarik.

Namun, bukan berarti kita harus menghindari orang pendiam. Orang pendiam juga manusia, ia perlu berkomunikasi meskipun kadarnya sedikit. Lantas sebenarnya bagaimana caranya menjadi teman seorang pendiam?

1. Aktif

Orang pendiam adalah orang yang selalu pasif dalam berkomunikasi dan lebih suka menyendiri. Namun bukan berarti ia tidak mau berteman dengan Anda. Orang pendiam juga akan mengalami gangguan mental apabila terlalu lama sendiri. Jadi, Anda tetap harus mendekatinya. Namun, untuk menghadapi orang pendiam, Anda harus lebih aktif mengajaknya bicara. Lontarkan candaan-candaan Anda. Apabila Si Pendiam itu tidak tertawa, tidak apa-apa. Lama-kelamaan ia akan mulai menerima candaan Anda dan Anda akan menjadi temannya.

2. Cari Informasi

Carilah informasi mengenai Si Pendiam ini. Cari tahu apa hobinya, musik apa yang ia sukai, dan film apa saja yang ia sukai. Lalu, sesuaikan topik pembicaraan Anda dengan apa yang ia sukai tersebut. Jika Si Pendiam ini tiba-tiba menjadi banyak omong, itu artinya Anda sudah berhasil menjadi temannya.

3. Tatap Matanya

Ketika mendengarkan Si Pendiam ini berbicara, tatap matanya dan pasang senyuman. Dengan cara ini maka Si Pendiam akan dipaksa untuk bercerita lebih banyak lagi. Tidak percaya? Cobalah!

4. Pertahankan Hubungan

Jika Anda sudah berhasil menjadi temannya, maka pertahankan. Buktikan padanya bahwa Anda benar-benar ingin menjadi temannya, bukan hanya sekedar ingin mengorek-ngorek cerita darinya.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips berteman dengan orang pendiam. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Warna-Warna Feses Manusia dan Hubungannya dengan Kesehatan



Kesehatan adalah salah satu aspek penting dalam kehidupan yang tidak boleh disepelekan. Tanpa tubuh yang sehat, produktivitas Anda dalam bekerja dan berkehidupan tidak akan maksimal.

Ada banyak cara untuk mendeteksi penyakit, diantaranya melalui medical check up atau dengan menyediakan indicator-indikator kesehatan di rumah seperti alat pengukur tinggi badan, alat pengukur berat badan, termometer, dll.

Terlepas dari hal-hal tersebut, sebenarnya tubuh kita dan feeling kita adalah indikator kesehatan alami yang paling ampuh. Salah satu indikator kesehatan yang dapat kita gunakan adalah indikator warna feses. Ternyata, warna tertentu yang terlihat pada feses dapat mengindikasikan kesehatan kita sendiri. Tidak percaya? Baiklah, berikut beberapa warna feses dan artinya:

1. Warna Hitam

Jika feses Anda berwarna hitam, berarti Anda menderita gangguan pada alat pencernaan bagian atas, seperti kerongkongan, lambung, dan usus halus bagian atas.

2. Warna Merah

Warna merah yang muncul pada feses mengindikasikan bahwa Anda menderita gangguan pada alat pencernaan bagian bawah seperti usus besar dan rektum. Bisa jadi Anda tengah menderita radang usus besar atau Anda tengah menderita wasir.

3. Warna Abu-Abu

Warna abu-abu yang muncul pada feses mengindikasikan bahwa Anda menderita gangguan pada pankreas, liver, dan empedu. Jika feses Anda berwarna abu-abu selama beberapa hari atau beberapa minggu dan Anda merasakan tubuh Anda tidak sesehat biasanya, saya sarankan Anda untuk berkonsultasi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut.

4. Warna Hijau

Warna hijau pada feses biasanya berasal dari makanan dedaunan semacam bayam. Atau bisa juga berasal dari suatu makanan yang menggunakan pewarna makanan berwarna hijau dan ternyata tubuh Anda tidak dapat mencernanya dengan baik sehingga dibuang begitu saja melalui feses.

Jika Anda memiliki bayi yang fesesnya berwarna hijau, tidak perlu khawatir. Hal tersebut wajar saja terjadi pada bayi karena sistem pencernaannya belum begitu sempurna.

5. Kuning

Warna kuning pada feses berasal dari zat besi yang dikeluarkan usus besar. Usus besar terangsang untuk mengeluarkan zat besi karena terjadi terlalu banyak pemecahan haemoglobin (sel darah merah) oleh empedu untuk dijadikan bilirubin. Selain menyebabkan feses berwarna kuning, hal ini juga menyebabkan air seni Anda menjadi berwana lebih kuning juga.


Demikianlah artikel saya mengenai beberapa warna feses dan artinya. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

5 Alasan Mengapa Anda Harus Berlibur



Bagi sebagian orang, berlibur adalah hal yang menyenangkan dan merupakan kewajiban bagi semua pekerja. Namun, tidak sedikit pekerja yang tidak mau berlibur dengan alasan “sedang mengejar target”, “ingin sukses lebih cepat”, dan lain sebagainya. Sayang sekali, padahal berlibur itu penting untuk semua pekerja.

Mengapa penting? Beberapa penelitian mengatakan bahwa berlibur akan memperbaiki kondisi psikologis seseorang. Lantas perbaikan kondisi apa saja yang akan kita peroleh apabila kita rutin berlibur? Mari kita simak pembahasannya:

1. Ada Waktu untuk Keluarga dan Sahabat

Rasanya tidak mungkin apabila Anda berlibur ke sebuah tempat yang indah tanpa ditemani siapapun. Pastinya Anda akan mengajak keluarga Anda atau sahabat Anda agar liburan terasa lebih menyenangkan. Canda tawa yang Anda lakukan di tempat liburan bersama dengan orang yang dekat dengan Anda akan memperbaiki kondisi psikologis Anda. Segala tekanan dan perasaan stres akan hilang dari tubuh Anda dan Anda akan kembali menjadi orang yang bersemangat.

2. Sehat

Tentu saja, jika Anda terlalu lama duduk di depan komputer tanpa ada aktivitas fisik, Anda pasti akan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Belum lagi udara kota yang penuh dengan polusi membuat Anda semakin tidak sehat. Nah, salah satu solusinya adalah berlibur ke tempat yang indah secara rutin. Selain untuk menggerakkan tubuh Anda, berlibur ke tempat yang indah juga akan memberi kesempatan pada paru-paru Anda untuk merasakan udara yang bersih dan sehat.

3. Bekerja Lebih Cepat

Menurut penelitian psikologi, manusia hanya dapat bekerja dengan optimal dalam 35 hingga 50 jam. Lebih dari itu, kinerja seseorang akan terus melambat. Oleh karena itu, agar Anda bisa bekerja dengan lebih cepat, usahakan untuk rutin berlibur ke suatu tempat agar produktivitas Anda meningkat.

4. Semangat

Hal ini sudah pasti. Anda akan menjadi pekerja yang lebih bersemangat usai berlibur karena ketika berlibur otak Anda akan melepas segala kepenatan yang menghambat semangat kerja.

5. Mencegah Gangguan Psikologis

Pernah mendengar kisah seorang pengusaha yang bunuh diri? Pernah mendengar kisah artis yang bunuh diri? Mengapa mereka bunuh diri? Ya, karena mereka kurang tertawa dan kurang berlibur. Mereka terlalu menenggelamkan diri dalam pekerjaannya dengan harapan karirnya akan meningkat. Sehingga ketika mereka melihat kenyataan bahwa karir mereka tidak bergerak sama sekali, mereka putus asa dan mencoba bunuh diri. Jadi, liburan itu penting untuk mencegah agar kita tidak terlalu serius dan menenggelamkan diri dalam pekerjaan terlalu lama.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa alasan mengapa Anda harus berlibur. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Bahaya Menggunakan Cat Rambut



Memiliki penampilan yang menarik adalah impian semua orang. Berbagai cara pun dilakukan. Salah satunya dengan cara mengubah warna rambut.

Banyak orang beranggapan bahwa mengecat rambut adalah sebuah keharusan bagi orang-orang dewasa yang tidak ingin terlihat tua. Namun sayangnya, mengecat rambut memiliki dampak negatif terhadap kesehatan Anda sendiri. Dampak negatif apa sajakah itu?

1. Ruam pada Kulit Kepala

Salah satu penyakit yang akan muncul di daerah kepala Anda adalah ruam alias kulit kemerahan yang terjadi pada kulit kepala dan sekitarnya. Hal ini bisa saja disebabkan karena Anda alergi pada suatu zat yang kebetulan terkandung pada merk cat rambut yang Anda gunakan.

2. Kulit Kepala Gatal

Sama seperti poin nomor 1, kulit kepala yang mengalami alergi dapat menyebabkan rasa gatal yang tak henti-hentinya. Akibatnya, Anda akan cenderung untuk terus menggaruk dan merusak sel-sel kulit kepala.

3. Rambut Rusak

Proses pengecatan rambut yang dilakukan secara berulang-ulang dan tanpa pantauan dokter juga berisiko menimbulkan kerusakan pada rambut. Beberapa kerusakan tersebut antara lain: rambut bercabang, rontok, rapuh, kasar, dan kusam.

4. Mengganggu Pembentukan Sel Darah

Ini adalah dampak terparah dari semua dampak negatif yang ditimbulkan oleh cat rambut. Cat rambut ternyata dapat mengganggu pembentukan sel darah sehingga dapat menimbulkan penyakit leukimia, multiply myeloma, kanker getah bening, dll.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa dampak negatif dari penggunaan cat rambut. Yang terpenting, bijaksanalah dalam merias penampilan. Dan jika terpaksa harus mengecat rambut secara berkala, konsultasikan hal tersebut kepada dokter agar risiko dapat diminimalkan.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

7 Penyebab Munculnya Ketombe




Ketombe adalah salah satu masalah kesehatan yang menghantui banyak orang. Memang, ketombe bukanlah sebuah penyakit serius yang dapat menyebabkan kematian. Namun ketombe yang menyerang kulit kepala dapat mengurangi kepercayaan diri penderitanya.

Pertanyaannya adalah darimana datangnya ketombe? Mengapa kadarnya berbeda-beda pada tiap orang?

Oleh karena itu, kali ini saya akan berbagi tentang beberapa penyebab munculnya ketombe. Oke, langsung saja, ini dia beberapa penyebabnya:

1. Alergi pada Suatu Bahan Perawatan Rambut

Mungkin saja Anda mengalami alergi pada suatu zat yang kebetulan terkandung pada shampoo Anda. Atau mungkin Anda memiliki alergi pada suatu produk perawatan rambut lain seperti cat rambut, dan lain-lain.

2. Kulit Kepala Kering

Kulit kepala yang kering dapat memicu terjadinya iritasi pada kulit kepala. Iritasi yang terjadi pada kulit kepala dapat menyebabkan meningkatnya jumlah sel-sel kulit kepala yang mati. Dengan begitu, jumlah ketombe pun akan bertambah.

3. Kulit Kepala Berminyak

Kulit kepala yang memproduksi minyak berlebih juga ternyata dapat memicu terjadinya  iritasi pada kulit kepala. Hal tersebut dapat menyebabkan bertambahnya jumlah ketombe di kepala Anda.

4. Jarang Keramas

Keramas dapat membantu Anda membersihkan rambut Anda dari berbagai debu dan kotoran. Selain itu, keramas juga dapat melembabkan kulit kepala dan mengurangi minyak berlebih sehingga rambut menjadi sehat dan terbebas dari ketombe. Jika Anda jarang keramas, maka ketombe di kepala Anda akan bertambah.

5. Keringat Berlebih

Keringat yang mengucur lewat kulit kepala akan menyebabkan kulit kepala berada dalam kondisi basah. Kulit kepala yang berada dalam kondisi basah akan lebih mudah terserang jamur-jamur penyebab ketombe.

6. Serangan Jamur Malassezia

Jamur malassezia ini adalah sejenis jamur yang akan memakan minyak-minyak yang dihasilkan folikel-folikel rambut. Semakin berkurang jumlah minyak di kepala Anda, maka semakin besar potensi terjadinya iritasi pada kulit kepala. Iritasi kulit kepala dapat menyebabkan kepala Anda penuh dengan ketombe.

7. Penyakit Psoriasis dan Eksim

Penyakit psoriasis dan penyakit eksim adalah penyakit yang menyebabkan penumpukan sel-sel kulit kepala yang sudah mati. Hal ini tentu akan menambah jumlah ketombe yang bersarang di kepala Anda.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab munculnya ketombe. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

6 Tips Mencatok Rambut


Beberapa waktu lalu, saya pernah menulis sebuah artikel berjudul 'Bahaya Mencatok Rambut'. Sebuah pertanyaan baru pun muncul,

"Lantas bagaimana dengan orang yang bekerja sebagai model atau pekerja seni? Para pekerja seni harus senantiasa menjaga penampilan rambutnya agar terlihat menarik. Bagaimana tips-tips agar mencatok rambut tidak menjadi aktivitas perusak kesehatan rambut?"

Baiklah, berikut beberapa tips mencatok rambut agar rambut Anda tidak cepat rusak:

1. Gunakan Alat Catok yang Menggunakan Lapisan Keramik

Mengapa keramik? Karena panas yang dihantarkan menggunakan perantara keramik tidak akan merusak rambut Anda. Oleh karena itu, selain memperhitungkan harga, perhitungkan juga lapisan yang melapisi alat catok ketika hendak membelinya.

2. Bersihkan Rambut

Sebelum mencatok, pastikan rambut Anda dalam keadaan bersih. Mengapa? Karena hasil yang diperoleh akan lebih maksimal dan lebih cepat jika batang rambut Anda terbebas dari debu-debu dan kotoran lainnya.

3. Gunakan Serum Rambut

Penggunaan serum rambut juga ternyata dapat menjaga kesehatan rambut Anda. Gunakan serum rambut agar rambut Anda tidak mudah rapuh akibat catok.

4. Pastikan Rambut dalam Keadaan Kering

Sebelum mencatok rambut, alangkah baiknya jika Anda pastikan rambut Anda berada dalam kondisi kering. Mengapa? Karena jika dalam keadaan basah, maka itu artinya rambut Anda tengah berada pada suhu rendah. Ketika tersentuh alat catok yang panas itu, rambut akan mengalami perubahan suhu yang signifikan. Perubahan inilah yang akan mempercepat kerusakan rambut Anda.

5. Hindari Penggunaan Alat Pengering Rambut

Memang, rambut harus dalam keadaan kering sebelum dicatok. Namun, hindari penggunaan alat pengering rambut alias hair dryer. Mengapa? Karena alat pengering rambut akan memberikan udara panas yang juga akan menyebabkan rambut mengalami perubahan suhu yang signifikan. Jika Anda ingin rambut Anda sehat, keringkan saja dengan cara manual seperti menggunakan handuk atau didiamkan selama beberapa jam.

6. Hindari Penggunaan Catok Setiap Hari

Meskipun sudah melakukan kelima cara di atas, namun tetap saja itu tidak akan menjamin rambut Anda akan sehat. Toh jenis rambut setiap orang berbeda-beda. Nah, maka dari itu, saya sarankan Anda untuk membatasi penggunaan catok. Hindari penggunaan catok setiap hari karena hal tersebut akan mempercepat kerusakan rambut Anda.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips mencatok rambut. Intinya, bijaksanalah dalam menggunakan alat pencatok rambut. Mau bagaimanapun juga, sesuatu yang instan biasanya memiliki efek samping. Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

Bahaya Menggunakan Catok



Catok dikenal sebagai metode ampuh untuk meluruskan rambut dan membuat rambut menjadi lebih menarik. Biaya yang tidak begitu mahal pun menjadi salah satu alasan mengapa banyak orang memilih mencatok rambutnya untuk mendapatkan penampilan yang lebih baik.

Namun, mulai saat ini saya sarankan bijaksanalah dalam menggunakan catok. Pada beberapa kasus, catok dapat menyebabkan rambut menjadi rusak. Apa penyebabnya?

1. Panas Berlebih (>175 C)

Ya, ini adalah penyebab yang paling mengganggu kesehatan rambut Anda. Apa sajakah dampak dari panas berlebih yang diberikan kepada rambut?

  • Rambut kering
  • Rambut patah
  • Rambut kusam
  • Rambut pirang

2. Ion Positif

Ternyata, catok memberikan ion positif kepada rambut. Rambut yang mengandung terlalu banyak ion positif akan mengalami kerusakan, seperti:

  • Rambut rontok
  • Rambut rapuh
  • Rambut pecah
  • Rambut bercabang

Dari kedua poin di atas, dapat disimpulkan bahwa penggunaan catok yang berlebihan dapat menyebabkan rambut Anda rusak dan mudah rapuh. Apabila hal ini terjadi selama bertahun-tahun, maka sudah dapat dipastikan, Anda akan mengalami kebotakan.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa dampak yang akan kita terima apabila terlalu sering mencatok rambut. Intinya, bijaksanalah dalam merawat rambut. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Cara Mengetahui Apa yang Sedang Tren di Google



Banyak orang ingin mengetahui apa yang sedang tren saat ini. Selain dapat memberikan wawasan baru, mengikuti perkembangan zaman juga merupakan suatu kewajiban bagi orang yang tidak mau diam di tempat.

Namun masalahnya, menonton televisi atau membaca artikel-artikel di internet adalah aktivitas yang menguras waktu. Apakah ada cara yang lebih efisien dari itu? Tentu.

Namanya adalah Google Trends, sebuah produk dari Google yang memberi kemudahan pada kita untuk mengetahui apa yang sedang tren saat ini. Dulu, aplikasi ini lebih dikenal dengan nama Google Insight, namun Google mengubahnya menjadi Google Trends dengan tampilan yang baru dan lebih menarik. Data yang disajikan pun ditampilkan secara statistikal, sehingga lebih mudah dan lebih cepat dipahami.

Langsung saja, jika Anda penasaran, ini dia tautan websitenya.

Semoga bermanfaat!
baca selengkapnya...

de`Radeons - High School Stories



Bicara seputar sekolah, banyak orang berkata bahwa cerita paling berkesan adalah cerita-cerita saat masa SMA. Mulai dari kenakalan yang dilakukan hingga kisah cinta antarsiswa yang tak terlupa. Akhirnya, saya terinspirasi untuk menulis sebuah lagu tentang suka duka menjadi seorang siswa Sekolah Menengah Atas, dengan judul "High School Stories".

Lagu ini pun menjadi lagu ke-9 dari album de`Radeons band. Di lagu kali ini, saya mencoba untuk menggabungkan musik jazz yang agak nge"funk" dengan musik asli Indonesia, gamelan.

Baiklah tanpa banyak bicara, bagi yang penasaran, langsung saja ini dia lagunya. Silakan dengarkan, download, dan share :)


baca selengkapnya...

Think Again - Ospek



Saya adalah tipe orang yang tidak menyukai latihan kedisiplinan semacam ospek. Bagi saya, ospek tidak membangun karakter bangsa yang disiplin, melainkan hanya membangun mental siswa agar takut pada orang yang jabatannya lebih tinggi darinya. Tidak hanya itu, kewajiban untuk membawa barang yang aneh-aneh plus aturan yang tidak masuk akal merupakan metode pendidikan yang jauh dari kata efisien.

Saya jadi ingat pengalaman saya mengikuti ospek sewaktu SMA. Waktu itu ada salah satu kegiatan ospek yang sangat aneh: para siswa baru diperintah untuk mencari ketua OSIS.

Terdengar sepele? Ya. Tetapi masalahnya, sejak hari pertama MOS, kami tidak pernah diperkenalkan ketua OSIS itu siapa. Bagaimana ini?

Kurang lebih selama satu jam para peserta didik baru berkeliaran mencari info tentang ketua OSIS. Tetapi tidak ada. Tidak ada orang yang mau memberi tahu siapa ketua OSIS di sekolah kami. Saya pun berupaya untuk bertanya pada anggota OSIS yang sekiranya mau berbaik hati memberitahu.

Saya: (agak berbisik) "Kak, ketua OSIS itu siapa sih? Ini waktu kami tinggal 5 menit lagi nih … kalau gak ada satupun siswa yang nemuin ketua OSIS, bisa-bisa kami semua dihukum lagi."

Senior Saya: (ikut berbisik) "Cari aja yang rambutnya tipis."

Saya: "Anggota OSIS yang rambutnya tipis kan banyak, Kak -_-"

Senior Saya: "Kalau kakak kasih tau lebih gamblang lagi, nanti jadi gak asik dong."

Sial. Saya langsung duduk tepat di sebelah senior saya itu. Lantas menghela napas sembari memperhatikan peserta ospek lain yang mondar-mandir kesana kemari.

Saya: "Kak, sebenernya kegiatan nyari-nyari ketua OSIS gini tuh tujuannya apa sih?"

Senior saya itu diam tak menjawab. Tak lama kemudian, barulah ia membuka mulutnya.

Senior Saya: "Gak tau. Kami mah ngikutin yang tahun kemarin aja. Karena tahun kemarin ospeknya ada kegiatan beginian ya tahun ini kegiatan itu diulang lagi. Kami juga gak tahu apa maksudnya."

Saya menepuk dahi.

Tiba-tiba senior yang lainnya (yang kurang lebih satu jam yang lalu menyuruh kami untuk mencari ketua OSIS) muncul ke tengah lapangan dan membawa pengeras suara.

Senior: "YA, SEMUANYA! PERHATIAN! WAKTU KALIAN SUDAH HABIS! KALIAN SEMUA DINYATAKAN GAGAL!"

Terdengar desah kecewa dari seluruh peserta ospek. Tak lama, kami semua langsung berkumpul ke tengah lapang, mendekati senior yang barusan berbicara menggunakan pengeras suara.

Senior: "Jadi, tidak ada satu pun yang berhasil menemukan ketua OSIS di sekolah ini?"

Seluruh peserta: "Tidak."

Senior: "Oke kalau begitu, sebenarnya Ketua OSIS itu adalah … saya."

***

Kalau kita pikir-pikir lagi, sebenarnya semua makhluk yang hidup di muka bumi ini hanya melakukan satu aktivitas, yaitu: mencari.

Apa iya? Mari kita lihat contohnya.

Orang-orang yang hidupnya tengah dilanda masalah akan berupaya untuk mencari solusi. Orang-orang yang perutnya lapar akan berupaya untuk mencari makanan. Orang-orang yang bernyawa akan berupaya untuk mencari ridha Sang Pencipta.

Lihat, yang aktivitas yang kita lakukan hanyalah satu, yaitu mencari.

Para pelajar berupaya mencari ilmu. Para pekerja berupaya mencari uang. Para lajang akan berupaya mencari jodoh.

Lagi-lagi, aktivitas yang kita lakukan hanyalah satu, yaitu mencari. Apapun profesinya, apapun nasibnya.

Lantas orang-orang  sukses, apakah mereka adalah seorang pencari? Ya. Mereka adalah para pencari keberhasilan. Hanya saja, perbedaannya, mereka mencari lebih giat dari orang biasa. Ya, semakin giat seseorang mencari sesuatu, semakin besar potensi ditemukannya hal yang ia cari tersebut.

Coba kita lirik kembali cerita singkat saya mengenai ospek yang menyebalkan itu. Apa yang menjadi pokok permasalahannya? Ya, saya tidak berhasil menemukan Ketua OSIS saat diberi kesempatan untuk mencari.

Pertanyaannya: Mengapa saya tidak berhasil menemukan Ketua OSIS?

Jawabannya sederhana saja: Saya tidak membayangkan bagaimana rupa Si Ketua OSIS tersebut. Kalau saja saya tahu dan membayangkan wajahnya, pasti saya bisa menemukannya dengan mudah.

Lantas apa hubungannya dengan kesuksesan?

Banyak orang mengeluarkan banyak keringat untuk mencari kesuksesan. Tapi sayangnya, mereka tidak kunjung menemukan kesuksesan. Apa alasannya? Ya, mereka tidak membayangkan bagaimana rupa kesuksesan.


"Agar bisa mencari, kita membutuhkan energi. Agar bisa menemukan, kita membutuhkan imajinasi tentang sesuatu yang ingin kita temukan."


Untuk dapat meraih kesuksesan, selain membutuhkan kerja keras dan ketekunan, kita juga perlu membayangkan kesuksesan tersebut. Bayangkan, dan buatlah peta agar kita dapat merealisasikan imajinasi tersebut.

Itulah dia yang dinamakan rencana.

Jangan sepelekan rencana. Orang yang setiap langkahnya terencana, akan lebih mudah menggapai apa yang ia inginkan. Buatlah rencana tentang apa yang akan Anda lakukan dan apa yang akan Anda raih tahun depan, bulan depan, bahkan esok hari.

Mulailah membayangkan apa yang ingin Anda capai, lalu buatlah rencana untuk menggapainya. Karena kesuksesan hanya menghampiri orang yang keras dalam mencari, dan cerdas dalam menemukan.


Jadi, apakah Anda masih menyepelekan rencana masa depan? Think Again.
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.