5 Alasan Mengapa Anda Harus Berlibur



Bagi sebagian orang, berlibur adalah hal yang menyenangkan dan merupakan kewajiban bagi semua pekerja. Namun, tidak sedikit pekerja yang tidak mau berlibur dengan alasan “sedang mengejar target”, “ingin sukses lebih cepat”, dan lain sebagainya. Sayang sekali, padahal berlibur itu penting untuk semua pekerja.

Mengapa penting? Beberapa penelitian mengatakan bahwa berlibur akan memperbaiki kondisi psikologis seseorang. Lantas perbaikan kondisi apa saja yang akan kita peroleh apabila kita rutin berlibur? Mari kita simak pembahasannya:

1. Ada Waktu untuk Keluarga dan Sahabat

Rasanya tidak mungkin apabila Anda berlibur ke sebuah tempat yang indah tanpa ditemani siapapun. Pastinya Anda akan mengajak keluarga Anda atau sahabat Anda agar liburan terasa lebih menyenangkan. Canda tawa yang Anda lakukan di tempat liburan bersama dengan orang yang dekat dengan Anda akan memperbaiki kondisi psikologis Anda. Segala tekanan dan perasaan stres akan hilang dari tubuh Anda dan Anda akan kembali menjadi orang yang bersemangat.

2. Sehat

Tentu saja, jika Anda terlalu lama duduk di depan komputer tanpa ada aktivitas fisik, Anda pasti akan mengalami berbagai gangguan kesehatan. Belum lagi udara kota yang penuh dengan polusi membuat Anda semakin tidak sehat. Nah, salah satu solusinya adalah berlibur ke tempat yang indah secara rutin. Selain untuk menggerakkan tubuh Anda, berlibur ke tempat yang indah juga akan memberi kesempatan pada paru-paru Anda untuk merasakan udara yang bersih dan sehat.

3. Bekerja Lebih Cepat

Menurut penelitian psikologi, manusia hanya dapat bekerja dengan optimal dalam 35 hingga 50 jam. Lebih dari itu, kinerja seseorang akan terus melambat. Oleh karena itu, agar Anda bisa bekerja dengan lebih cepat, usahakan untuk rutin berlibur ke suatu tempat agar produktivitas Anda meningkat.

4. Semangat

Hal ini sudah pasti. Anda akan menjadi pekerja yang lebih bersemangat usai berlibur karena ketika berlibur otak Anda akan melepas segala kepenatan yang menghambat semangat kerja.

5. Mencegah Gangguan Psikologis

Pernah mendengar kisah seorang pengusaha yang bunuh diri? Pernah mendengar kisah artis yang bunuh diri? Mengapa mereka bunuh diri? Ya, karena mereka kurang tertawa dan kurang berlibur. Mereka terlalu menenggelamkan diri dalam pekerjaannya dengan harapan karirnya akan meningkat. Sehingga ketika mereka melihat kenyataan bahwa karir mereka tidak bergerak sama sekali, mereka putus asa dan mencoba bunuh diri. Jadi, liburan itu penting untuk mencegah agar kita tidak terlalu serius dan menenggelamkan diri dalam pekerjaan terlalu lama.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa alasan mengapa Anda harus berlibur. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

Komentar