Mengenal Jenis-Jenis Teleskop (4): Teleskop Katadioptrik

 Penulis: Arief Rizqianto A
3. Teleskop Katadioptrik

Teleskop katadioptrik – Credit: celestron.com

Sumber Inspirasi - Nah, apabila anda sudah membaca dua tipe sebelumnya, maka tipe yang satu ini adalah tipe gabungan dari kedua tipe sebelumnya.

Teleskop ini menggunakan kombinasi lensa dan cermin. Teleskop ini diciptakan guna menutupi kekurangan – kekurangan yang dimiliki teleskop – teleskop sebelumnya.

Namun jangan harap teleskop ini tidak memiliki kekurangan, teleskop ini masih memiliki kekurangan yaitu harga yang cenderung mahal karena menggunakan gabungan lensa dan cermin.


Nah, itu adalah jenis – jenis teleskop yang ada saat ini. Tiap teleskop memiliki kekurangan dan kelebihannya masing – masing. Namun kekurangan yang dimiliki bukan harga mutlak untuk kita agar tidak menggunakannya.

Teleskop refraktor masih bisa kita gunakan untuk mengamati galaksi dan nebula walau citra yang dihasilkan kurang sempurna begitu pula dengan mengamati planet – planet menggunakan teleskop reflektor. Sama pula halnya dengan mengamati objek langit yang lebih baik citranya apabila menggunakan teleskop katadioptrik meski harus mengeluarkan uang yang tak sedikit untuk membelinya. Semua kembali ke pilihan masing – masing. Jadi, teleskop mana yang akan anda pilih?


Sumber:



0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.