6 Penyebab Rahang Bergeser



Sumber Inspirasi - Pernahkah Anda merasakan ada yang mengganjal pada rahang Anda ketika Anda sedang mengunyah? Pernahkah Anda mendengar suara letukan saat Anda membuka mulut? Apabila ya, itulah dia yang disebut dengan gangguan kesehatan "rahang bergeser".

Benar, rahang kita bisa bergeser. Terdengar aneh tetapi memang logis. Pada rahang hanya terdapat otot dan sendi. Sehingga pada bagian tersebut tidak terdapat pelindung apabila terjadi serangan dari luar.

Lantas sebenarnya hal apa saja yang dapat menyebabkan rahang kita bergeser? Mari kita simak pembahasannya:

1. Menguap terlalu lebar

Menguap terlalu lebar ternyata dapat menyebabkan rahang kita bergeser. Ya, sendi yang dipaksa bergerak di luar kapasitasnya akan menyebabkan kerusakan pada sendi tersebut.

2. Tertawa terlalu lebar


Tertawa lepas memang boleh, tetapi tentu apabila mulut terbuka terlalu lebar, maka dapat membahayakan rahang kita. Sehingga, berhati-hatilah ketika tertawa, jangan sampai mulut kita terbuka terlalu lebar sehingga rahang kita terganggu.




3. Jatuh

Jatuh dari ketinggian tertentu dapat menyebabkan rahang bergeser. Meskipun bukan bagian rahang yang terbentur, tetapi getaran yang terjadi ketika tubuh membentur tanah dapat mengganggu rahang.

4. Kecelakaan saat olahraga


Pada olahraga-olahraga tertentu, kecelakaan sering terjadi. Orang-orang yang doyan bermain permainan ratbi atau sepakbola tentu memiliki risiko rahang bergeser ketika terjadi kecelakaan dalam permainan (benturan, jatuh, dll). Sehingga tentu ada baiknya apabila kita berolahraga secara hati-hati, apapun olahraganya.





5. Kecelakaan motor

Kecelakaan sepeda motor dianggap kecelakaan paling sering terjadi di kalangan masyarakat. Selain karena faktor jumlah pengguna sepeda motor yang terus meningkat setiap tahun, juga karena faktor pengguna sepeda motor yang sering ugal-ugalan. Kecelakaan motor biasanya berakibat tidak hanya jatuh, tetapi tubuh kita juga menerima benturan keras ketika tabrakan terjadi. Sehingga langkah baiknya apabila kita menggunakan pengaman berupa helm, yang sudah memiliki pelindung rahang.

6. Pukulan

Tentu saja. Pukulan pada rahang dapat menyebabkan rahang kita bergeser karena rahang tidak memiliki pelindung benturan.










Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab rahang bergeser. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!

0 komentar:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.