9 Tips Mengatur Uang Untuk Mahasiswa (1)


mengatur uang - sumber gambar: livingwell.co.id


Sumber Inspirasi - Mengatur uang bukan hal yang dapat disepelekan. Kenyataannya banyak ekonom yang mendapatkan masalah dalam mengatur keuangan negara. Dalam ruang lingkup yang lebih kecil, banyak orang yang mendapatkan masalah dalam mengatur keuangan pribadinya sendiri.

Salah satu anggota masyarakat yang sering mendapat masalah yang satu ini adalah mahasiswa. Mengapa? Karena ternyata, banyak sekali mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri, dan tinggal berjauhan dengan orang tua. Akibatnya, uang yang ia dapat dari orang tuanya berbentuk uang bulanan, dan harus ia sendiri yang mengatur agar uang bulanan tersebut cukup untuk menghidupinya selama satu bulan lamanya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengatur uang yang baik bagi mahasiswa. Jadi, mari kita simak poin-poinnya:

1. Pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis / organisasi

Anda seorang bendahara organisasi? Anda memiliki bisnis sampingan sebagai pengajar? Simpan uang hasil keringat Anda sendiri dalam suatu rekening yang berbeda. Apa tujuannya? Ternyata hal ini bertujuan agar Anda dapat memilah-milah, mana uang yang harus dijaga (tidak boleh Anda gunakan, hanya digunakan untuk kepentingan kampus) dan mana uang yang boleh Anda konsumsi dengan bebas (untuk jalan-jalan, makan makanan enak, dan lain-lain).

2. Buat pencatatan

Belilah sebuah buku kecil. Gunakan buku tersebut untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan Anda. Catat juga berbagai pemasukan yang Anda dapatkan. Lalu bacalah dengan seksama catatan ini ketika Anda sedang memiliki waktu luang. Dengan metode pencatatan seperti ini, Anda akan melihat bahwa sebenarnya Anda mampu melakukan penghematan besar dalam manajemen keuangan Anda. Aturlah dalam buku tersebut!




3. Belajar berinvestasi

Apabila Anda memiliki uang lebih, ada baiknya Anda belajar investasi. Anda bisa belajar tentang deposito, saham, emas batangan, tanah, dan lain-lain. Ada banyak sekali peluang investasi yang dapat Anda coba meskipun Anda masih berstatus sebagai mahasiswa. Tetapi ingat sebuah pepatah dalam investasi, "Big profit, big risk", yang artinya semakin besar keuntungan investasi, semakin besar pula risikonya. Berhati-hatilah, investasi bisa jadi batu lompatan Anda, atau malah menjadi bumerang.

4. Berwirausaha

http://sayogand.blogspot.com/2015/06/9-tips-mengatur-uang-untuk-mahasiswa-2.html

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.