Wahana Penjelajah Antariksa (2)


Oleh: Arief Rizqiyanto Achmad

Baca artikel sebelumnya, klik di sini

Cassini-Huygens
 
Cassini - Credit: wikipedia

Wahana antariksa ini adalah wahana yang bertujuan mempelajari Saturnus dan satelitnya. Wahana ini adalah misi kerjasama antara NASA, ESA, dan ASI. Ia diluncurkan pada Oktober 1997 dan tiba pada tahun 2004. Pada tahun 2005, Wahana Huygens dijatuhkan ke Titan, salah satu satelit Saturnus, sedangkan Wahana Cassini masih aktif mengorbit Saturnus hingga saat ini.



New Horizons
New Horizons - Credit: wikipedia


Wahana ini adalah wahana baru milik NASA yang bertujuan untuk meneliti Pluto, satelit pluto, dan objek – objek sabuk Kuiper disekitarnya. Ia diluncurkan pada 19 Januari 2006 dan diperkirakan tiba di Pluto pada tahun 2015. Wahana ini bergerak dengan kecepatan 58.536 km/jam relatif terhadap bumi. Tidak banyak yang dapat diinformasikan mengenai wahana ini dikarenakan baru tiba di pluto.

Yap! Itu adalah salah satu wahana antariksa yang menjelajah angkasa. Dengan dilengkapi dengan teknologi mutakhir serta dana yang tidak sedikit, membuat wahana tersebut sangatlah berharga sehingga riset yang panjang sangat diperlukan guna menyukseskan misi penjelajahan dan penggalian informasi mengenai rahasia alam semesta ini. 

Akhir kata, mengutip sebuah pepatah, “Semakin banyak yang kita ketahui, semakin banyak pula yang tidak kita ketahui.”

Sumber:

sumber gambar:

0 comments:

Post a Comment

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.