Pertolongan Pertama pada Rahang Bergeser


Suatu hari Anda mendapatkan musibah, sepeda motor yang tengah Anda kendarai menabrak sepeda motor lain yang sedang melaju kencang. Akibatnya Anda terpental dan jatuh membentur aspal. Anda kira, selama tidak ada luka, berarti tidak terjadi apa-apa. Tetapi begitu pulang ke rumah, Anda mulai mendengar suara aneh ketika mengunyah makanan ....



Sumber Inspirasi - Seperti yang sudah saya jabarkan pada artikel 6 Penyebab Rahang Bergeser, bergesernya rahang bukanlah masalah sepele. Karena selain menimbulkan suara mengganggu, bergesernya rahang juga mengganggu proses mengunyah saat makan.

 Lantas apa yang harus kita lakukan apabila rahang kita sudah terlanjur bergeser? Simak ulasan saya berikut ini:

1. Kompres dengan air hangat / dingin selama 10 menit;

2. Lakukan peregangan rahang;

3. Kompres lagi rahang Anda selama 5 menit. Kali ini menggunakan air hangat;

4. Usai melakukan upaya tersebut, hindari aktivitas-aktivitas berikut ini untuk mempercepat proses penyembuhan:

  • Berbicara terlalu banyak
  • Makan makanan yang keras
  • Bertopang dagu
  • Menempelkan gigi bagian atas ke gigi bagian bawah dalam jangka waktu lama


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai teknik pertolongan pertama pada rahang yang bergeser. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

6 Penyebab Rahang Bergeser



Sumber Inspirasi - Pernahkah Anda merasakan ada yang mengganjal pada rahang Anda ketika Anda sedang mengunyah? Pernahkah Anda mendengar suara letukan saat Anda membuka mulut? Apabila ya, itulah dia yang disebut dengan gangguan kesehatan "rahang bergeser".

Benar, rahang kita bisa bergeser. Terdengar aneh tetapi memang logis. Pada rahang hanya terdapat otot dan sendi. Sehingga pada bagian tersebut tidak terdapat pelindung apabila terjadi serangan dari luar.

Lantas sebenarnya hal apa saja yang dapat menyebabkan rahang kita bergeser? Mari kita simak pembahasannya:

1. Menguap terlalu lebar

Menguap terlalu lebar ternyata dapat menyebabkan rahang kita bergeser. Ya, sendi yang dipaksa bergerak di luar kapasitasnya akan menyebabkan kerusakan pada sendi tersebut.

2. Tertawa terlalu lebar


Tertawa lepas memang boleh, tetapi tentu apabila mulut terbuka terlalu lebar, maka dapat membahayakan rahang kita. Sehingga, berhati-hatilah ketika tertawa, jangan sampai mulut kita terbuka terlalu lebar sehingga rahang kita terganggu.




3. Jatuh

Jatuh dari ketinggian tertentu dapat menyebabkan rahang bergeser. Meskipun bukan bagian rahang yang terbentur, tetapi getaran yang terjadi ketika tubuh membentur tanah dapat mengganggu rahang.

4. Kecelakaan saat olahraga


Pada olahraga-olahraga tertentu, kecelakaan sering terjadi. Orang-orang yang doyan bermain permainan ratbi atau sepakbola tentu memiliki risiko rahang bergeser ketika terjadi kecelakaan dalam permainan (benturan, jatuh, dll). Sehingga tentu ada baiknya apabila kita berolahraga secara hati-hati, apapun olahraganya.





5. Kecelakaan motor

Kecelakaan sepeda motor dianggap kecelakaan paling sering terjadi di kalangan masyarakat. Selain karena faktor jumlah pengguna sepeda motor yang terus meningkat setiap tahun, juga karena faktor pengguna sepeda motor yang sering ugal-ugalan. Kecelakaan motor biasanya berakibat tidak hanya jatuh, tetapi tubuh kita juga menerima benturan keras ketika tabrakan terjadi. Sehingga langkah baiknya apabila kita menggunakan pengaman berupa helm, yang sudah memiliki pelindung rahang.

6. Pukulan

Tentu saja. Pukulan pada rahang dapat menyebabkan rahang kita bergeser karena rahang tidak memiliki pelindung benturan.










Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa penyebab rahang bergeser. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Apa sih Manfaat Ekor pada Hewan? (2)


Baca artikel sebelumnya, klik di sini

5. Cendrawasih, merak, dan ayam hutan

Bagi unggas-unggas seperti cendrawasih, merak, dan ayam hutan, ekor mereka bermanfaat untuk menarik lawan jenis. Lihat saja ekor merak yang sangat indah itu.






6. Burung

Untuk burung, ekor bermanfaat untuk pengendali arah ketika sedang terbang. Tanpa ekor, seekor burung tidak bisa berbelok, hanya bisa terbang lurus.









7. Ikan

Pada ikan, ekor berguna sebagai pendorong saat berenang. Tanpa ekor, ikan tidak bisa bergerak maju, hanya bisa berputar-putar di tempat.







8. Kalajengking

Pada kalajengking, ekor digunakan sebagai senjata karena mengandung bisa yang mematikan.









9. Anjing, kucing, macan, singa, dan sejenisnya

Bagi hewan-hewan mamalia semacam anjing, kucing, singa, dan sejenisnya, ekor berguna untuk menyatakan emosi. Emosi bahagia dan sedih dapat terlihat dari perbedaan arah ekor mereka.








10. Tupai

Pada tupai, ekor digunakan sebagai alat penyeimbang tubuh ketika sedang berjalan di dahan dan ranting pohon agar tidak terjatuh.


Sebenarnya masih banyak lagi manfaat dari ekor. Tetapi tentu tidak bisa saya sajikan semuanya di sini karena nanti jadinya akan terlalu panjang ...

Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Apa sih Manfaat Ekor Pada Hewan? (1)






Sumber Inspirasi - Ekor, kedengarannya topik sederhana. Tetapi ternyata tidak semua orang tahu apa gunanya ekor. Awalnya saya juga tidak tahu, tetapi setelah mencari info lebih lanjut, ternyata ekor memiliki manfaat bagi setiap hewan.


Apa sajakah manfaat-manfaat tersebut?

1. Rusa

Ekor rusa, terlihat kecil dan tidak ada gunanya. Tetapi ternyata ekor tersebut bermanfaat untuk memberikan sinyal bahaya kepada komunitas rusa yang ada disekitarnya.







2. Sapi & kuda

Bagi sapi dan kuda, ekor ternyata bermanfaat untuk menepuk lalat, nyamuk, atau serangga apapun yang hinggap di tubuhnya dan mengganggu kenyamanannya.






3. Rubah

Untuk rubah, ekornya yang penuh bulu dan tebal itu ternyata berguna sebagai selimut penghangat ketika tidur. Penghangat ini tentu akan sangat bermanfaat ketika musim dingin datang.












4. Cicak & kadal

Untuk cicak dan kadal, ekor berguna untuk mengelabui musuh. Mereka mampu melepaskan ekornya untuk mengalihkan perhatian musuh lalu lari sekencang-kencangnya.










5. Cendrawasih, merak, dan ayam hutan



baca selengkapnya...

Dampak Negatif Kuku Kotor







Sumber Inspirasi - Seperti yang sudah saya bahas di artikel sebelumnya, "5 Penyebab Kuku Kotor", kuku kotor tidak baik bagi kesehatan karena dapat berdampak pada kesehatan tubuh secara menyeluruh.


Pertanyaan berikutnya, "Apa sajakah penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kuku kotor?"

Baik, pada kesempatan kali ini akan saya jabarkan beberapa penyakit yang dapat ditimbulkan akibat kuku kotor.

1. Diare

Kuku berhubungan dengan jari. Jari berhubungan dengan tangan. Tangan berhubungan dengan berbagai macam hal, termasuk makan. Apabila Anda memelihara kuku kotor, maka tidak menutup kemungkinan kotoran pada kuku tersebut berpindah tempat ke makanan yang Anda makan, lalu kemudian masuk ke tubuh Anda. Makanan kotor yang masuk tersebut nantinya akan berkembang dalam usus menjadi cacing-cacing yang mengganggu proses pembusukan makanan sehingga Anda akan menderita diare.

2. Peradangan bibir

Bakteri yang terdapat pada kuku ternyata juga dapat berdampak buruk apabila kuku Anda bersentuhan dengan bibir. Hal ini akan menyebabkan bakteri-bakteri tersebut berpindah, lalu menyerang bibir Anda. Bahayanya lagi, apabila terdapat luka, maka luka tersebut akan menjadi pintu masuk bagi bakteri dan akhirnya akan terjadi peradangan (infeksi) pada bibir Anda.




3. Alergi

Menarik, ternyata kuku kotor dapat menjadi alergen (zat yang menimbulkan tumbuhnya sifat alergi pada seseorang). Sehingga tidak menutup kemungkinan orang-orang yang kukunya kotor, lebih sering menderita alergi ketimbang orang-orang yang serba higienis.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa dampak negatif memelihara kuku kotor. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Alami Atasi Sakit / Pegal Pinggang (2)


Baca artikel sebelumnya, klik di sini 

4. Duduk dengan benar!

Ketika sedang sakit pinggang dan ternyata masih banyak pekerjaan yang harus Anda selesaikan di depan komputer, Anda tidak perlu panik. Rasa sakit dan pegal juga dapat diobati meski hanya duduk saja, yaitu dengan cara memastikan Anda duduk dengan postur yang baik. Cara paling sederhana untuk duduk dengan baik adalah memastikan kedua kaki Anda menempel pada lantai.





5. Letakkan bantal pada bagian pinggang.

Cara berikutnya untuk membantu mengurangi gejala sakit pinggang adalah dengan cara menaruh bantal di bawah pinggang ketika tidur. Lakukan hal ini secara berkala namun hentikan ketika rasa pegal / sakit sudah mulai hilang.

6. Jangan bungkuk

Beban yang dipikul pinggangg Anda ternyata akan diperparah apabila postur Anda tidak tegak. Apabila tubuh Anda bungkuk, beban tubuh yang dipikul tulang punggung dan pinggang Anda ternyata semakin berat. Hal ini dapat memperparah rasa pegal / sakit pada punggung Anda.








7. Tidur cukup

Ketika tidur, proses pemulihan penyakit akan berlangsung lebih cepat. Hal ini juga berlaku pada sakit / pegal pinggang. Apabila Anda ingin mempercepat proses penyembuhan pegal, jangan sampai waktu tidur Anda berkurang karena perasaan pegal. Pastikan jam tidur yang Anda butuhkan cukup.


Itulah beberapa poin dalam mengatasi pegal atau sakit pinggang. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Tips Alami Atasi Sakit / Pegal Pinggang (1)



Sumber Inspirasi - Sakit pinggang adalah hal yang lumrah dialami oleh kalangan lansia. Tetapi sebenarnya tidak hanya lansia, orang dewasa yang gaya hidupnya tidak sehat juga dapat terserang penyakit ini.

Sebenarnya pegal atau sakit pinggang bukan merupakan penyakit serius. Ini hanya tentang gaya hidup yang kurang sehat saja. Toh apabila Anda menjalani gaya hidup sehat dengan benar, pinggang Anda akan jarang sekali mengalami pegal atau sakit.

Lantas bagaimana bagi yang sudah terlanjur terjadi? Apakah bisa diobati tanpa harus ke dokter? Tentu saja.

Ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan ketika pegal pinggang melanda. Berikut poin-poinnya:

1. Gunakan air es

Tempelkan air es pada bagian yang pegal pada pinggang. Biarkan es itu menempel selama 20 menit. Hal ini dilakukan untuk mengurangi jumlah darah berlebih yang melewati pinggang.

2. Jangan berbaring

Hindari berbaring telentang. Jika Anda terpaksa harus berbarik akibat perintah dokter atau yang lainnya, maka berbaringlah secara miring. Hal itu dapat membantu untuk mengurangi beban tulang belakang dan tulang ekor dalam menahan beban tubuh secara keseluruhan.





3. Lakukan olahraga

Berolahragalah! Berolahraga mampu mempercepat proses penyembuhan rasa sakit di pinggang Anda. Beberapa olahraga yang disarankan diantaranya adalah berenang dan jalan kaki.

4. Duduk dengan benar!


baca selengkapnya...

5 Tips Sehat Menggunakan Earphone



Sumber Inspirasi - Dewasa ini penggunaan earphone meningkat. Selain akibat menurunnya harga earphone, faktor lain seperti tren juga memengaruhi peningkatan jumlah pengguna earphone.

Namun siapa sangka, meski trendy, ternyata earphone memiliki dampak negatif terutama untuk kesehatan telinga. Apa sajakah dampak negatif tersebut?

1. Jangan sampai ketiduran

Salah satu penyakit yang biasa menjangkit anak-anak muda jaman sekarang adalah mendengarkan lagu hingga ketiduran. Hal ini tentu berbahaya, karena Anda tidak terhibur, tetapi telinga Anda terus tersiksa akibat getaran suara yang tidak berhenti.

2. Hindari menggunakan earphone yang mampu meredam suara dari luar

Anda pasti sudah tahu bahwa ada beberapa produsen earphone yang menawarkan earphone yang mampu meredam suara dari luar telinga. Hindari penggunaan earphone jenis ini. Karena earphone jenis ini dapat menyumbat sirkulasi udara dalam telinga dan berakibat pada menumpuknya kotoran dalam telinga.










3. Jangan saling tukar-menukar earphone

Earphone Anda hanya boleh digunakan oleh Anda. Begitupun earphone orang lain. Earphone adalah barang pribadi yang tidak boleh ditukar-tukar karena bakteri dalam telinga bisa menempel pada earphone, lalu berkembang biak dengan cepat. Berhati-hatilah.

4. Istirahatkan telinga secara berkala

Setiap 15 menit, lepas earphone Anda. Izinkan telinga Anda menerima udara segar dari luar sejenak untuk mencegah terjadinya penumpukan kotoran dalam telinga. Lakukan istirahat tersebut minimal 15 menit sekali agar telinga Anda tetap sehat.







5. Batasi volume

Hati-hati dalam menggunakan volume. Jangan terlalu keras. Studi di Amerika mengatakan bahwa volume maksimum yang boleh didengar seseorang yang menggunakan earphone adalah 90 db. Lebih dari itu, penggunaan earphone dapat menyebabkan kehilangan pendengaran.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips sehat menggunakan earphone. Semoga dapat menambah wawasan Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

5 Tips Mengatasi Sakit Telinga Saat di Pesawat







Sumber Inspirasi - Berjalan-jalan menggunakan  pesawat memang menyenangkan. Selain indahnya pemandangan yang disuguhkan, kenyamanan dalam pesawat juga menambah kesenangan kita saat berpergian.


Namun hal itu tidak berlaku bagi semua orang. Ada pula orang yang tidak bisa menikmati perjalanan pesawat karena adanya gangguan, seperti sakit telinga.

Mengapa sering terjadi kasus sakit telinga ketika sedang naik pesawat? Karena ternyata, udara memiliki tekanan yang berbeda-beda di setiap ketinggian. Perbedaan tekanan itulah yang membuat telinga seseorang bisa mendadak sakit ketika sedang melakukan penerbangan.

Lantas bagaimana cara mengatasinya apabila sudah terlanjur terjadi? Berikut saya berikan tips-tipsnya:

1. Makan permen

Makanlah permen. Kegiatan menelan ludah secara berkala dapat membantu mengurangi tekanan yang menyiksa telinga Anda.

2. Gunakan earplug

Anda tahu ear plug? Ear plug adalah penutup telinga yang dibuat khusus untuk mencegah rasa sakit telinga ketika sedang melakukan penerbangan. Biasanya ear plug ini dijual secara khusus di bandara.











3. Menguap

Menguaplah! Ternyata menguap sesering mungkin ketika sedang melakukan penerbangan dapat membantu mengurangi tekanan udara yang mengganggu indra pendengaran.

4. Kunyah permen karet

Kegiatan menggerakkan rahang ternyata juga dapat membantu mengurangi tekanan udara yang mengganggu telinga Anda. Cobalah!










5. Hubungi dokter bila sakit berlanjut

Apabila Anda merasakan telinga Anda masih sakit meskipun sudah turun dari pesawat, alangkah baiknya Anda segera hubungi dokter THT untuk menghindari rasa sakit yang semakin parah.


Demikianlah pembahasan saya kali ini mengenai beberapa tips mengatasi sakit telinga di pesawat. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

10 Tips Sehat Hujan-Hujanan a la Sayogand (3)


Baca artikel sebelumnya, klik di sini 



8. Gunakan sepatu bot

Tidak ada salahnya mengajak anak Anda menggunakan sepatu bot sebelum keluar rumah untuk hujan-hujanan. Sepatu bot dapat membantu untuk mengurangi risiko menempelnya cacing-cacing berbahaya yang terdapat di tanah. Selain itu, penggunaan sepatu bot juga dapat menjadi alat bantu agar kaki Sang Anak tidak terlalu basah dan kotor.

9. Gunakan jas hujan

Bagi anak-anak yang belum terbiasa bermain di bawah air hujan, alangkah baiknya orang tua mengajak anaknya tersebut untuk menggunakan jas hujan terlebih dahulu agar tubuh sang anak tidak terlalu terkejut dengan tetesan air yang suhunya rendah.

10. Periksa kondisi fisik Sang Anak

Sebelum hujan-hujanan, pastikan fisik Sang Anak dapat dikatakan baik alias tidak sedang sakit. Tubuh yang sehat lebih pantas bermain hujan-hujanan ketimbang tubuh yang sedang lemah.


Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa tips sehat hujan-hujanan a la Sumber Inspirasi. Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

10 Tips Sehat Hujan-Hujanan a la Sayogand (2)


 Baca artikel sebelumnya, klik di sini

4. Kurus? Sebaiknya jangan dulu deh ....

Anak Anda kurus? Sebaiknya hindari hujan-hujanan. Mengapa? Karena anak yang berbadan kurus memiliki cadangan lemak yang rendah sehingga mudah sekali kedinginan dalam waktu singkat. Apabila Sang Anak tetap ngotot ingin hujan-hujanan, berikan pengertian bahwa anak-anak yang boleh hujan-hujanan hanyalah anak-anak yang memiliki berat tubuh ideal atau lebih, bukan yang kurus.






5. Mulai batasi hujan-hujanan jika sudah berumur 10 tahun

Jika anak Anda sudah berusia di atas 10 tahun, batasi frekuensi hujan-hujanannya. Karena anak usia 10 tahun biasanya sudah tidak suka lagi bermain-main di bawah air hujan. Kalau anak Anda memaksa, berikan saja peraturan berupa batasan waktu atau malah batasan untuk tidak hujan-hujanan sama sekali.


6. Usai hujan-hujanan, istirahatlah

Jangan terlalu memforsir tubuh Sang Anak. Usai hujan-hujanan, mandi, dan minum-minuman hangat, izinkan anak Anda untuk beristirahat karena tubuhnya baru saja berperang melawan suhu rendah. Apabila anak Anda tidak mau, temani saja untuk merebahkan diri di kasur. Tidak lama, anak Anda pasti sudah terlelap.




7. Perut harus terisi dulu

Sebelum hujan-hujanan, pastikan perut Sang Anak tidak kosong. Mengapa? Karena ternyata hujan-hujanan dapat menguras energi. Dan apabila ada seorang anak yang hujan-hujanan dengan perut kosong, biasanya mereka akan mengalami kembung karena lambungnya mengembang.

8. Gunakan sepatu bot

http://sayogand.blogspot.com/2015/06/10-tips-sehat-hujan-hujanan-la-sayogand_85.html

baca selengkapnya...

10 Tips Sehat Hujan-Hujanan a la Sayogand (1)




Sumber Inspirasi - Hujan-hujanan adalah aktivitas yang disukai anak-anak. Selain karena menyegarkan, hujan-hujanan juga dapat membuat anak tidak takut terhadap hujan.

Namun, masih banyak orang tua yang tidak mengizinkan anaknya bermain di bawah air hujan karena banyaknya mitos yang mengatakan bahwa hujan-hujanan akan membuat seorang anak mudah terserang penyakit. Ada benarnya, tetapi tidak selamanya begitu. Apabila Anda tahu cara merawat anak yang doyan hujan-hujanan, bermain hujan tidak akan membuat anak Anda mudah sakit.

Pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi mengenai beberapa tips agar anak tidak mudah sakit meski sering hujan-hujanan. Yuk disimak!

1. Jangan bermain saat banjir

Bermain air hujan tidak masalah karena air hujan biasanya bersih. Tetapi jika sedang banjir, jangan bermain hujan-hujanan karena air sudah tercampur dengan berbagai kotoran, lumpur, sampah, dan berbagai hal kotor lainnya. Jika Anda melihat anak Anda hujan-hujanan sambil bermain di parit atau kubangan, segera tegur dan beritahu bahwa bermain di tempat seperti itu tidak sehat karena airnya kotor.




2. Usai hujan-hujanan, beri minuman hangat

Ingat, minuman hangat, bukan minuman panas. Minuman hangat dapat membantu tubuh Sang Anak untuk kembali lagi ke suhu tubuh normal. Meski begitu, jangan berikan minuman panas. Karena minuman panas akan membuat tubuhnya terkejut dengan perubahan suhu yang ekstrem, dan justru akan menyebabkan menurunnya daya tahan tubuh Sang Anak.

3. Usai hujan-hujanan, segera mandi

Meskipun air hujan terlihat bersih, tetapi sebenarnya anak Anda juga terkontak oleh air kotor entah itu dari lumpur atau benda-benda kotor di sekitarnya. Sehingga seusai hujan-hujanan, segera ajak anak Anda untuk mandi dan membersihkan diri.

4. Kurus? Sebaiknya jangan dulu deh ....


http://sayogand.blogspot.com/2015/06/10-tips-sehat-hujan-hujanan-la-sayogand_15.html

baca selengkapnya...

9 Tips Mengatur Uang untuk Mahasiswa (3)


 Baca artikel sebelumnya, Klik di sini



7. Bawa makanan dari rumah

Terdengar aneh? Tidak juga. Saya sendiri melakukan hal ini setiap hari. Saya membawa makanan dari rumah, lalu memakannya di kampus seusai ibadah shalat dhuhur. Alhasil, selain lebih hemat, ternyata membawa makanan dari rumah juga akan lebih terjamin mutu dan gizinya. Saya rasa tidak perlu malu, karena ini adalah trik penghematan yang cerdas. Cobalah!





8. Hindari hutang

Sebisa mungkin, jagalah kemampuan Anda menabung. Pastikan tabungan Anda tidak pernah krisis. Dengan begitu Anda tidak perlu berhutang. Mengapa berhutang itu tidak baik?  Karena berhutang justru membuat uang bulanan Anda habis di awal. (Kebiasaan  buruk mahasiswa, begitu mendapat uang di awal bulan, langsung digunakan untuk membayar hutang di sana sini). Hal itu akan membuat manajemen keuangan Anda berantakan dan membuat stres diri Anda sendiri.

9. Kelompokkan uang


Begitu mendapatkan uang, langsung kelompokkan uang tersebut. Tentukan uang yang akan digunakan untuk keperluan kuliah, mana yang akan ditabung, mana yang akan dipakai untuk jalan-jalan, dan sebagainya. Hal ini akan membantu Anda meminimalisir porsi bersenang-senang yang akan memboroskan keuangan Anda sendiri.






Demikianlah artikel saya mengenai beberapa tips mengatur uang a la Sumber Inspirasi. Semoga bermanfaat bagi Anda, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

9 Tips Mengatur Uang untuk Mahasiswa (2)

Baca artikel sebelumnya, klik di sini




4. Berwirausaha

Mulailah aktif mencari info tentang wirausaha. Ada cukup banyak peluang wirausaha yang menjanjikan bagi mahasiswa. Diantaranya seperti bisnis makanan ringan, bisnis kaos, bisnis jual-beli pulsa, dan masih banyak lagi. Wirausaha dapat membantu Anda mengurangi beban pengeluaran Anda semasa kuliah.







5. Kejar beasiswa!

Ya, beasiswa. Di kampus-kampus ternama, biasanya terdapat banyak sekali tawaran beasiswa baik dari pemerintah maupun dari pihak swasta. Kejarlah! Apabila beruntung, Anda tidak hanya dapat kuliah gratis, tetapi juga mendapatkan uang saku yang cukup untuk menambah uang makan harian Anda.

6. Batasi pengeluaran

Batasi pengeluaran Anda per harinya, per minggunya, dan bahkan per bulannya. Anda harus perhitungkan besarnya uang yang ingin Anda tabung, kemungkinan biaya dadakan (kecelakaan tak terduga, alat elektronik rusak, dan lain-lain). Pembatasan pengeluaran akan sangat membantu Anda dalam menjaga agar keuangan tetap stabil. Plus, Anda akan mendapatkan rasa aman karena tabungan Anda tidak pernah krisis.



7. Bawa makanan dari rumah

http://sayogand.blogspot.com/2015/06/9-tips-mengatur-uang-untuk-mahasiswa-3.html

baca selengkapnya...

9 Tips Mengatur Uang Untuk Mahasiswa (1)


mengatur uang - sumber gambar: livingwell.co.id


Sumber Inspirasi - Mengatur uang bukan hal yang dapat disepelekan. Kenyataannya banyak ekonom yang mendapatkan masalah dalam mengatur keuangan negara. Dalam ruang lingkup yang lebih kecil, banyak orang yang mendapatkan masalah dalam mengatur keuangan pribadinya sendiri.

Salah satu anggota masyarakat yang sering mendapat masalah yang satu ini adalah mahasiswa. Mengapa? Karena ternyata, banyak sekali mahasiswa yang belum memiliki penghasilan sendiri, dan tinggal berjauhan dengan orang tua. Akibatnya, uang yang ia dapat dari orang tuanya berbentuk uang bulanan, dan harus ia sendiri yang mengatur agar uang bulanan tersebut cukup untuk menghidupinya selama satu bulan lamanya.

Nah, pada kesempatan kali ini, saya akan berbagi tips tentang bagaimana cara mengatur uang yang baik bagi mahasiswa. Jadi, mari kita simak poin-poinnya:

1. Pisahkan rekening pribadi dengan rekening bisnis / organisasi

Anda seorang bendahara organisasi? Anda memiliki bisnis sampingan sebagai pengajar? Simpan uang hasil keringat Anda sendiri dalam suatu rekening yang berbeda. Apa tujuannya? Ternyata hal ini bertujuan agar Anda dapat memilah-milah, mana uang yang harus dijaga (tidak boleh Anda gunakan, hanya digunakan untuk kepentingan kampus) dan mana uang yang boleh Anda konsumsi dengan bebas (untuk jalan-jalan, makan makanan enak, dan lain-lain).

2. Buat pencatatan

Belilah sebuah buku kecil. Gunakan buku tersebut untuk mencatat pengeluaran harian, mingguan, dan bulanan Anda. Catat juga berbagai pemasukan yang Anda dapatkan. Lalu bacalah dengan seksama catatan ini ketika Anda sedang memiliki waktu luang. Dengan metode pencatatan seperti ini, Anda akan melihat bahwa sebenarnya Anda mampu melakukan penghematan besar dalam manajemen keuangan Anda. Aturlah dalam buku tersebut!




3. Belajar berinvestasi

Apabila Anda memiliki uang lebih, ada baiknya Anda belajar investasi. Anda bisa belajar tentang deposito, saham, emas batangan, tanah, dan lain-lain. Ada banyak sekali peluang investasi yang dapat Anda coba meskipun Anda masih berstatus sebagai mahasiswa. Tetapi ingat sebuah pepatah dalam investasi, "Big profit, big risk", yang artinya semakin besar keuntungan investasi, semakin besar pula risikonya. Berhati-hatilah, investasi bisa jadi batu lompatan Anda, atau malah menjadi bumerang.

4. Berwirausaha

http://sayogand.blogspot.com/2015/06/9-tips-mengatur-uang-untuk-mahasiswa-2.html

baca selengkapnya...

Bahaya Penggunaan Dasi yang Terlalu Lama



dasi - sumber gambar: ymulya.wordpress.com
Sumber Inspirasi - Dulu, dasi hanya digunakan oleh orang luar negeri sebagai penghangat pada bagian leher ketika musim dingin tiba. Namun ternyata, dewasa ini, dasi banyak digunakan oleh banyak orang di seluruh penjuru dunia. Ya, kini dasi berubah menjadi indikator derajat seseorang dalam bermasyarakat. Orang yang berdasi, dianggap terhormat.

Namun sayangnya, ternyata tidak selamanya dasi itu dapat berdampak baik. Ada sebuah fakta kesehatan yang menjelaskan bahwa ternyata menggunakan dasi dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh kita. Lho?

Ternyata, ketika menggunakan dasi, aliran darah menuju kepala menjadi agak terhambat. Sehingga, dasi harus dilonggarkan dalam jangka waktu tertentu agar darah yang dibutuhkan otak dapat tercukupi.

Tidak hanya itu, kurangnya darah juga dapat menyebabkan fokus seseorang meningkat dalam waktu tertentu, lalu dalam jangka waktu tertentu akan menurun secara drastis dan orang tersebut akan mengantuk. Hal ini tentu berbahaya karena mengantuk dapat menurunkan produktivitas seseorang.

Selain dapat membahayakan bagi otak dan dapat menyebabkan kantuk secara tiba-tiba, penggunaan dasi yang terlalu lama juga ternyata dapat membahayakan mata.

Ya, kurangnya pasokan darah ke kepala menyebabkan kemampuan penglihatan mata menurun lebih cepat. Bahkan, pada tahap yang paling parah, penggunaan dasi yang terlalu lama dapat meningkatkan risiko terserang penyakit glukoma (kehilangan penglihatan secara mendadak).


Hmm ... Ternyata cukup  banyak dan mengerikan ya dampak negatif apabila terlalu sering menggunakan dasi. Sehingga, apabila pertemuan yang Anda hadiri tidak terlalu penting, lebih baik hindari penggunaan dasi demi mendapatkan tubuh yang lebih sehat. 

Semoga bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...

Dampak Negatif Penggunaan Gesper Setiap Hari


Gesper - sumber gambar: republika.co.id

Sumber Inspirasi - Gesper, atau biasa juga disebut ikat pinggang adalah salah satu komponen pakaian yang tidak bisa lepas dari kalangan pekerja maupun pebisnis. Gesper sangat bermanfaat untuk mengencangkan lingkar pinggang celana yang longgar, sekaligus dapat menambah kesan wibawa pada seseorang.

Namun tahukah Anda bahwa menggunakan gesper dalam waktu yang terlalu lama dan digunakan setiap hari dapat menimbulkan bahaya tersendiri? Apa sajakah bahaya tersebut?

1. Mengurangi jumlah sperma

Bagi Anda, laki-laki yang sering menggunakan gesper dalam jangka waktu lama, mulai saat ini kurangilah frekuensi pemakaiannya. Mengapa? Karena ternyata, penggunaan gesper dapat menyebabkan meningkatnya suhu pada bagian paha dan sekitarnya. Hal ini akan berakibat pada berkurangnya jumlah sperma karena sperma tidak bisa bertahan lama pada kondisi lingkungan yang panas.

2. Mempercepat perkembangbiakan jamur

Apabila terdapat jamur di bagian paha Anda atau sekitarnya, maka kurangilah frekuensi penggunaan gesper. Penggunaan gesper dapat meningkatkan suhu bagian paha dan sekitarnya sehingga menyebabkan kulit paha menjadi lembab. Kulit yang lembab dalam jangka waktu lama dapat menjadi tempat berkembang biak yang baik bagi jamur dan virus-virus lainnya.







3. Sering bersendawa

Mungkin Anda sering merasakan ini. Ketika sedang menggunakan gesper dalam jangka waktu yang cukup lama, Anda mulai menyadari bahwa Anda lebih sering sendawa ketimbang ketika tidak menggunakan gesper. Mengapa bisa begitu? Ternyata menggunakan gesper dapat menekan organ-organ dalam tubuh Anda sehingga organ-organ Anda berdesakan. Organ-organ yang berdesakan ini menyebabkan angin yang terdapat dalam lambung terdorong untuk keluar sesering mungkin melalui mulut.

4. Menyebabkan ketidaknyamanan di perut

Longgarkan gesper apabila dianggap sudah terlalu lama dan mengganggu. Penggunaan gesper dapat menyebabkan munculnya perasaan tidak enak pada perut Anda. Maka dari itu, izinkan perut Anda beristirahat sejenak dari ikatan gesper yang menyiksanya.






Demikianlah artikel saya kali ini mengenai beberapa dampak negatif penggunaan gesper yang terlalu lama. Semoga dapat bermanfaat, salam Sahabat Inspiratif!
baca selengkapnya...
Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...
Sumber Inspirasi. Theme images by AndrzejStajer. Powered by Blogger.