Hal yang Tidak Boleh Dilakukan Orang Sakit



Pertama kalinya saya memposting artikel di sayogand sambil terbatuk – batuk. Ya, saya sedang sakit. Demam bercampur batuk flu. Ini benar – benar mengganggu sekali.

Lantas, apa yang akan saya posting saat kesehatan saya sedang runtuh seperti ini? Yah ... pastinya berhubungan dengan kesehatan.

Pada postingan kali ini saya akan share apa saja yang seharusnya tidak dilakukan oleh orang yang sedang sakit agar bisa sembuh dengan lebih cepat. Penasaran? Mari kita bahas hal – hal yang tidak boleh dilakukan saat sedang jatuh sakit :

1.Olahraga


Orang bilang dengan olah raga maka tubuh akan segar bugar dan sehat jasmani. Namun, bagi orang yang sedang sakit? Saya sarankan tidak usah. Menghirup udara pagi memang baik untuk kesehatan, namun anda tidak perlu lari pagi. Beristirahat saja di rumah.

2. Mendengarkan musik


Mengapa orang sakit tidak boleh mendengarkan musik? Sebenarnya kalau untuk penyakit ringan sih tidak masalah. Namun apabila anda sedang terkena penyakit jantung, stroke, liver, atau penyakit – penyakit berat lainnya saya sarankan jangan mendengarkan musik apalagi musik dengan beat yang super cepat. Itu bisa mengganggu karena orang yang sakit keras biasanya membutuhkan ketenangan dan suasana rileks agar bisa terus beristirahat.

3. Bekerja


Ini juga salah satu kesalahan yang agak – agak fatal. Kalau anda hanya terserang flu atau batuk saja sih, anda pasti masih bisa bekerja. Namun kalau sudah terkena penyakit berat? Apa anda akan memaksakan diri menyalakan laptop lalu mengetik – ngetikkan data administrasi keuangan perusahaan? Saya yakin, itu memperlambat proses kesembuhan anda dan saya yakin, pekerjaan anda tidak akan maksimal.

4. Bermain game


Ini sungguh konyol. Teman saya terkena penyakit demam berdarah. Ia menjalani opname dan sudah 3 hari terakhir ini ia pulang. Dokter bilang ia harus istirahat penuh selama 4 hari. Namun ternyata sudah 1 minggu ia tidak pernah masuk sekolah lagi. Orang tuanya bilang teman saya itu masih lemas. Kenapa bisa begitu? Ya, karena ia bermain game peperangan yang super thriller di playstationnya. Tidak ada teori yang bisa menjelaskan. Pada poin ini saya hanya bicara fakta.

5. Marah – marah


Tentu saja. Biasanya ini terjadi pada orang yang sudah setengah sembuh. Mereka sudah mulai sembuh namun ingin terus dilayani seperti orang yang sakit. Ini jelas tidak baik bagi kesehatan dan bisa membuat orang – orang disekitar menjadi kesal.


Hanya 5 poin yang bisa saya jelaskan pada postingan kali ini. Mohon maaf kalau kurang rinci dan kurang lengkap karena kesehatan saya pun sekarang kurang baik. Semoga bermanfaat sahabat inspiratif!

Komentar