Tips Belajar Piano



Banyak sekali orang yang ingin jago bermain piano. Namun harus saya akui, dalam mempelajari piano itu sangat banyak sekali rintangannya. Sudah jelas, piano itu membuat kita mengantuk, membosankan, rumit, pusing, dan lain – lain. Tetapi keindahan nada yang dihasilkan, sebanding dengan kerumitan tersebut.

Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara menyiasati rasa mengantuk, rasa bosan, dan berbagai kerumitan lainnya saat memperlajari piano.

Ya sudah, tanpa banyak bicara lagi, inilah dia berbagai tips bagaimana caranya agar anda bisa menguasai piano dengan lebih cepat :

1. Jangan mengeluh

Belajarlah terus pantang menyerah. Teruslah berpikir bahwa anda bisa menjadi seorang pianis jika anda terus mempelajarinya.

2. Tekun

Selain pantang menyerah, anda juga harus tekun. Teruslah pelajari piano secara bertahap dan jangan berhenti di tengah – tengah perjalanan.

3. Disiplin

Mulailah pintar – pintar memanfaatkan waktu. Tidak perlu waktu berjam – jam untuk belajar piano. Cukup setengah jam saja. Itu sudah cukup untuk melatih jari – jari.

4. Sabar

Anda harus sabar. Anda tidak boleh cepat emosi saat anda tidak bisa memainkan suatu teknik. Tekuni saja terus. Latih terus setiap hari. Maka anda akan berhasil.

5. Pelajari lagu

Seperti yang anda tahu, lagu – lagu dari buku – buku piano sangatlah membosankan. Untuk menghilangkan kebosanan, pelajarilah lagu – lagu yang sedang anda sukai. Misalnya lagu – lagu dari de`Radeons band. Maka dengan begitu anda tidak akan cepat jenuh saat mempelajari piano.

6. Kuasai teknik dengan benar

Saat memperlajari piano, pastikan teknik - teknik yang anda gunakan itu benar sehingga jari - jari anda akan semakin lihai saat memperdalam piano.


Saya yakin sebenarnya masih banyak tips – tips untuk memperlancar anda dalam penguasaan alat musik piano. Namun saya tidak sempat menuliskannya disini. Jadi mohon maaf. Semoga bermanfaat!

Komentar

  1. wew.... bilang laki2 normal gak main piano, in fact, kebanyakan pianis terkenal itu LAKI LAKI,,, so please, wake up your brain.

    BalasHapus
  2. @Anonim: Mohon maaf atas ketidaknyamanannya. Artikel di atas sudah saya edit kembali tata bahasanya, terimakasih kritikannya :) Salam kenal :)

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada tambahan? Atau ada sanggahan? Silakan utarakan :)