Tips Agar Tetap Bugar di Bulan Puasa



Bulan Ramadhan adalah bulan yang ditunggu – tunggu umat muslim. Karena di bulan inilah umat muslim bisa merasakan berkah yang luar biasa besarnya. Pahala jadi serba dilipatgandakan. Semua syetan dibelenggu.

Namun dibalik kebahagiaan itu, ada satu kekurangan yang membuat bulan ramadhan ini memperburuk kehidupan kita. Ya, bagi beberapa orang, rasa lapar dan haus bisa membuat mood bekerja menjadi turun bahkan sulit untuk konsentrasi.

Hal ini wajar saja. Saya juga begitu. Produktivitas saya terkadang menurun saat haus dan lapar. Namun untuk menyiasatinya saya mencoba beberapa hal berikut ini :

1. Makanan Bergizi

Makanlah makanan yang bergizi sehingga tubuh anda tidak cepat lelah saat berpuasa. Makanan yang bergizi bukan berarti mewah ya . . . maksudnya makanannya mengandung karbohidrat, protein, dan vitamin yang cukup agar tubuh senantiasa bugar.

2. Kurangi Olahraga

Ini adalah berita buruk bagi anda yang suka berolah raga di siang hari. Menurut saya berolahraga di bulan ramadhan harus dikurangi karena tidak baik untuk kesehatan anda ( Terkecuali olahraga catur ). Apalagi berolahraga di siang hari sehingga membuat anda mudah dehidrasi. Saya sarankan kurangilah frekuensi berolahraga dan perbanyaklah beribadah. Apabila anda tetap ingin berolahraga saya sarankan lakukan saja di sore hari menjelang berbuka. Jadi anda tidak akan mengalami dehidrasi berlebihan.

3. Perbanyak Minum Air Putih di Malam Hari

Banyak minum air putih di malam hari membuat anda lebih fit di keesokan harinya karena kandungan ion di tubuh anda mencukupi untuk mencegah dehidrasi.

4. Tidur Siang

Kalau sempat ya saya sarankan tidur siang saja. Kenapa? Karena dengan tidur siang anda bisa meningkatkan konsentrasi. Biasanya tidur siang ini dilakukan jika anda memang merasa sangat lelah saat berpuasa.


Saya rasa cukup 4 poin saja pembahasan kita kali ini mengenai tips agar anda tetap bugar dan tetap produktif di bulan ramadhan. Semoga bermanfaat dan selamat berpuasa J

Komentar